Tempat Wisata di Malang yang Cocok Untuk Berlibur
Jatim Park 1, salah satu destinasi wisata di Malang Raya. | Sumber: Shutterstock/ar/Gatra.com

Kalau mendengar Malang apa yang terlintas di benakmu? Malang yang disebut-sebut sebagai salah satu kota yang terkenal dengan udara sejuknya ini, juga dikenal melalui bakso malangnya yang lezat dan jenis buah apelnya yang memiliki citarasa unik.

Hampir setiap kota di Indonesia memiliki daya tariknya masing-masing. Mulai dari budaya, tempat wisata hingga makanan khasnya. Begitu pula daerah Malang Raya yang terdiri dari tidak hanya Kota Malang, tapi juga Kota Batu dan Kabupaten Malang. Berikut merupakan rekomendasi tempat wisata serta makanan khas Malang yang dapat kamu coba.

Berencana liburan ke Malang? Kunjungi destinasi ini

Malang Night Paradise, salah satu destinasi wisata di Malang Raya. | Sumber: kemasan.net/harga.web.id
Malang Night Paradise, salah satu destinasi wisata di Malang Raya. | Sumber: kemasan.net/harga.web.id

Ingin pergi ke tempat wisata yang menyuguhkan hiburan sekaligus edukasi? Mencari tempat wisata yang bergaya outdoor? Mungkin Jatim Park dapat menjadi pilihan kamu.

Wisata satu ini merupakan milik dari Jawa Timur Park Group. Yap, Jatim Park. Kini sudah terdapat Jatim Park 1, Jatim Park 2 dan Jatim Park 3. Jangan salah, setiap wisata ini memiliki perbedaan masing-masing.

Jatim Park 1 memiliki konsep hiburan juga edukasi melalui 50 wahana yang disuguhkan. Di antaranya seperti wahana Spinning Coaster Flying Tornado dan lainnya. Sedangkan wahana edukasinya seperti Museum Tubuh, Science Center, dan masih banyak lagi.

Sedangkan Jatim Park 2 atau yang juga dikenal sebagai Batu Secret Zoo, sesuai namanya wisata yang satu ini menyuguhkan kebun binatang dengan berbagai koleksi satwa dari banyak zona. Tidak hanya kebun binatang, Batu Secret Zoo juga memiliki Museum Satwa di mana di dalamnya terdapat aneka satwa yang diawetkan.

Apabila Jatim Park 2 menawarkan wisata edukasi dan hiburan dengan berbagai macam hewan, maka tema yang diusung oleh Jatim Park 3 adalah dinosaurus. Jatim Park 3 menyediakan Dino Park yang memiliki replika kawanan dinosaurus ala Jurassic Park. 

Wahana ini mempunyai daya tarik sendiri sebab dirancang dengan kereta yang dapat ditumpangi oleh para pengunjung untuk diajak berkeliling melihat kehidupan dinosaurus dari setiap zaman.

Tidak hanya wisata edukasi dan hiburan, Goodmates ingin memiliki pengalaman liburan yang menyenangkan dan unik? Pernah terbayang bagaimana ya bila ada suatu wisata yang penuh dengan lampu cerah warna-warni?

Malang Night Paradise merupakan wisata yang menawarkan keindahan dari sejuta gemerlap lampu LED dan gemerlap taman lampion. Di antara wahananya ada New Magic Journey yang memberi kesempatan pengunjung untuk menyusuri sungai buatan. Selama 30 menit, kamu akan menyusur sungai menggunakan perahu dayung dengan dikelilingi pemandangan gemerlap lampu yang cantik di kanan dan kiri sepanjang perjalanan.

Wahana lainnya tentu saja taman lampion yang ikonik. Pada wahana yang satu ini terdapat banyak sekali spot foto yang instagramable untuk menambah koleksi fotomu.

Ini makanan yang wajib kamu coba saat liburan ke Malang

ilustrasi tempe mendol makanan khas Malang. | Sumber: Orbit Metro
ilustrasi tempe mendol makanan khas Malang. | Sumber: Orbit Metro

Kurang lengkap rasanya bila berlibur ke suatu tempat tapi tidak sekalian mencicipi makanan khasnya. Setelah mengunjungi tempat-tempat wisata sekitar Malang Raya, saatnya mengisi perut dengan berbagai macam makanan khas Malang yang lezat. Makanan ini juga dapat menjadi buah tangan untuk dibawa pulang.

Makanan yang satu ini merupakan salah satu varian olahan tempe. Orem-orem adalah makanan khas yang berbahan dasar tempe. Tapi tidak seperti olahan tempe biasa, orem-orem menyajikan tempe yang diiris kemudian dihidangkan bersama potongan ketupat, tauge dan siraman kuah santan.

Variasi lain dari olahan tempe adalah tempe mendol. Makanan khas yang satu ini mengolah tempe yang telah dikukus kemudian dihancurkan dan dicampur dengan berbagai bumbu.

Kepal hingga membentuk lonjong, lalu goreng hingga teksturnya garing dan renyah di luar tapi lembut di dalam. Mendol dapat dinikmati baik sebagai camilan maupun teman lauk saat makan.

Nah, itu dia berbagai destinasi wisata serta kuliner khas Malang yang dapat kamu coba untuk mengisi libur akhir tahun. Mana wisata yang sangat ingin kamu kunjungi dan mana makanan khas yang paling ingin kamu coba?

Referensi: Traveloka | Merdeka | Kompas | IDN Times