Temukan Teman Curhat dengan Gabung 3 Komunitas Berikut
Komunitas Mental Health | Unsplash - Priscilla Du Preez

Hidup memang tidak pernah semulus jalan tol.

Rasanya patah kata di atas sudah tidak asing di telinga, apakah Goodmates juga berpikir demikian? Tetapi, bukan hal itu yang akan kita utamakan. Melainkan kandungan dari patah katanya.

Secara jelas pernyataan 'mutiara' di atas mengatakan bahwa perjalanan hidup memang tidak pernah berjalan mulus. Dalam hidup, mungkin kita pernah jatuh dalam liang ketakutan akan banyak hal.

Contoh yang banyak terjadi dalam kehidupan sehari-hari adalah ketakutan akan perbedaan, kegagalan, kehilangan, ekspetasi, dan lain-lain. Lantas, apakah Goodmates pernah berada dalam situasi tersebut? Situasi yang membuat kamu takut untuk melangkah lebih jauh.

Tidak apa-apa, Goodmates. Perasaan takut yang kamu alami adalah valid, tidak perlu merasa bersalah atas rasa takut tersebut sebab hal itu bisa terjadi kapan saja oleh manusia. 

Namun satu yang perlu Goodmates ingat, bahwa kamu tidak boleh merasa sendirian. Kamu boleh menceritakan apa yang ada di dalam hati, mengenai ketakutan dan kekhawatiran yang selama ini membebani. Jika kamu merasa belum memiliki teman yang sesuai, mungkin tiga komunitas berikut dapat membantu.

Into The Light

Into The Light | Facebook
Into The Light | Facebook

'Hapus Stigma, Peduli Sesama, Sayangi Jiwa', dengan slogan yang begitu mulia, Into The Light berhasil menggaet para pemuda bergabung untuk menjunjung tinggi pentingnya kesehatan mental.

Dengan fokus tersebut, Into The Light membentuk berbagai program kerja. Salah satunya konseling sebaya yang merupakan teman yang bisa dijadikan sebagai partner curhatmu.

Jangan khawatir, Goodmates. Setiap permasalahan yang diceritakan pada sesi konseling sebaya akan tersimpan rapi sehingga kamu tidak perlu takut rahasia atau ceritamu bocor. Namun,  kamu perlu ketahui bahwasannya konseling sebaya bukanlah sosok ahli.

Hal tersebut telah ditegaskan oleh tim Into The Light bahwa kamu akan ditemani oleh konselor yang dapat memberikan pandangan luas, tetapi mereka bukanlah tim ahli seperti psikolog atau psikiater. Dengan konseling sebaya, kelak kamu dapat bercerita dengan bebas tanpa dihakimi oleh siapapun.

Yayasan Cintai Diri Indonesia

Yayasan Cintai Diri Indonesia | Indorelawan
Yayasan Cintai Diri Indonesia | Indorelawan

Cintai diri sendiri adalah hal yang utama. Itulah motto yang membentuk Yayasan Cintai Diri Indonesia hingga teguh memberikan banyak edukasi mengenai mental health hingga saat ini. Namun, tidak hanya memberikan edukasi dari para ahli, yayasan ini juga memberikan kesempatan bagi kamu untuk curhat.

Dilansir dari situs resmi Yayasan Cintai Diri Indonesia, kamu dapat mengeluarkan keluh kesahmu dengan menggunakan fasilitas support group yang diharapkan dapat menurunkan beban dan rasa cemas yang membebani dalam diri.

Bahkan dengan support group yang dimiliki yayasan satu ini, kamu dapat berkesempatan untuk kembali membentuk sikap sosial seperti bagaimana berkomunikasi dan menjalin hubungan dengan orang lain.

Army Help Center

Army Help Center | Twitter
Army Help Center | Twitter

Bagi penggemar K-pop maupun non K-pop mungkin sudah tidak asing dengan nama 'Army' ini. Benar, Army Help Center merupakan komunitas yang dibentuk atas dasar inisiatif seorang Army yang merupakan salah satu fandom K-pop grup idol BTS untuk membentuk wadah bercerita.

Ditulis dari situs resmi Army Help Center, Army asal Perancis ini tadinya ingin memberikan dukungan kepada para Army lain yang merasa tertekan dengan adanya acara penghargaan dengan melibatkan BTS. Maka, untuk memenangkan penghargaan tersebut, Army harus melakukan voting sebanyak-banyaknya.

Namun siapa sangka, kehadiran AHC ini diterima dengan sangat positif oleh Army dari seluruh dunia. Bahkan, inisiatif tersebut berkembang menjadi sebuah komunitas yang tersebar tidak hanya di Perancis tetapi juga belahan dunia lainnya, salah satunya di Indonesia. 

Jangan khawatir, Goodmates. Teman curhat yang dapat menemanimu di AHC ini memiliki latar belakang pendidikan psikologi dan juga latar belakang pendidikan mumpuni. Maka, kamu dapat dengan nyaman berbicara mengenai hal yang saat ini membebani kamu. Tentu tanpa adanya penghakiman karena setiap kisahmu adalah hal yang benar. 

Sudah merasa lebih lega dengan kehadiran komunitas hebat ini? Jangan pernah merasa takut saat kamu tengah memiliki masalah, sebab setiap orang pasti memilikinya. Jangan takut untuk membagikan ceritamu, sebab kamu tidak pernah sendirian.

Referensi: Into The Light | Yayasan Cintai Diri Indonesia | BTS Help Center Indonesia