Terapkan 5 Cara Ini Agar Baterai Laptop Tetap Awet
Menggunakan Laptop | Foto: unsplash.com

Bagi sebagian orang, laptop sudah menjadi perangkat utama yang digunakan dalam keseharian. Terlebih di masa pandemi ini, semua kegiatan dilakukan secara daring sehingga membuat laptop perlu perawatan. Salah satunya merawat baterai laptop agar awet.

Laptop dengan daya tahan baterai kuat tentu akan sangat menunjang kegiatan sehari-hari agar lebih efektif dan efisien. Kini, sudah banyak laptop yang dilengkapi baterai berkapasitas besar. Namun, cara kamu merawat laptop bisa memengaruhi performa dan keawetan baterai laptop, lo

Jangan risau, Goodmates! Sebab Goodside akan menghadirkan solusi untuk menjaga baterai laptop tetap awet. Simak terus informasinya, ya. 

Lakukan cara berikut agar baterai laptop tetap awet

Baterai laptop awet | Foto: Pexels

Baterai merupakan komponen paling penting dalam sebuah laptop. Daya tahan baterai yang berkurang dapat membuat performa laptop juga menurun. Kalau sampai bocor atau rusak, biaya yang mesti dikeluarkan jelas tidak sedikit.

Perawatan baterai laptop sejatinya dimulai dari cara penggunaan sehari-hari. Dengan mengetahui kiat menjaga baterai laptop supaya tetap awet, kamu pun tidak perlu merogoh kocek sebab laptop kamu bisa digunakan dengan tahan lama.

Lantas, apa saja yang harus dilakukan? Berikut cara untuk merawat baterai laptop biar awet.

Jangan sampai laptop mati total

Setiap laptop memiliki masa pemakaiannya tersendiri tanpa pengisian daya. Biasanya, sekitar 6 hingga 7 jam tergantung merek dan spesifikasinya. Meskipun begitu, sebagian orang mungkin pernah lupa mengecas laptop sampai akhirnya mati total akibat keasyikan bermain game atau menonton film.

Disadari atau tidak, kebiasaan membiarkan baterai laptop habis hingga 0 persen atau mati total bisa berakibat fatal, lo. Laptop yang mati mendadak dapat memengaruhi kinerja baterai dan berpotensi menyebabkan baterai menjadi cepat rusak. 

Cara terbaik untuk merawat baterai laptop supaya tetap awet adalah dengan memastikan laptop tidak sempat mati total. Jadi, isilah daya laptop sebelum baterai mencapai angka 20 persen.

Cabut charger jika sudah penuh

Laptop perlu dicas sesekali untuk bisa digunakan secara optimal. Namun, perhatikan pula bahwa laptop tidak boleh dicas terlalu lama, apalagi dibiarkan semalaman. Dengan kata lain, charger mesti segera dicabut apabila baterai laptop sudah terisi penuh.

Kebiasaan lupa mencabut charger ketika sudah selesai mengecas laptop adalah penyebab utama baterai laptop menjadi cepat bocor. Komponen-komponen di dalam baterai bisa cepat rusak jika membiarkan baterai terus dialiri listrik. 

Supaya kualitas baterai tetap terjaga, jangan lupa untuk langsung mencabut charger kalau sudah penuh. Hindari juga mengecas laptop saat sedang tidur atau bepergian. 

Tidak menggunakan laptop secara multitasking

Sewaktu melakukan multitasking seperti membuka banyak aplikasi sekaligus, laptop akan dipaksa untuk bekerja lebih keras daripada biasanya. Tentunya hal semacam ini tidak boleh sering kamu lakukan, ya, Goodmates!

Penggunaan secara multitasking menyebabkan baterai laptop lebih cepat berkurang sehingga tidak bagus untuk umurnya. Makanya, kamu sebaiknya hanya membuka aplikasi yang sedang digunakan dan menutup yang tidak diperlukan demi keawetan baterai.

Atur kecerahan layar

Tahukah kamu kalau layar menjadi salah satu komponen yang cukup menguras daya baterai? Semakin tinggi tingkat kecerahan pada layar, semakin cepat pula daya baterai laptop terkuras. 

Aturlah kecerahan yang tidak terlalu terang dan redup untuk penggunaan di dalam ruangan. Selain menjaga baterai tetap awet, tingkat kecerahan yang sesuai juga membuat mata tidak mudah lelah.

Jaga suhu laptop dan ruangan

Suhu merupakan salah satu faktor yang memengaruhi ketahanan baterai laptop. Maka dari itu, hindari menggunakan laptop terlalu lama karena bisa menyebabkan overheating (terlalu panas). Mengingat, laptop tidak dirancang untuk menjalankan tugas berat dan berdurasi lama seperti komputer.

Di samping itu, jaga suhu ruangan agar tetap sejuk, tidak terlalu panas ataupun dingin. Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi kerja laptop yang terlalu diforsir, yang bisa mengurangi ketahanan dari baterainya.

Jadi, daripada membiarkan laptop kesayangan kamu cepat rusak karena baterainya tidak tahan lama. Alangkah baiknya Goodmates menerapkan cara-cara ini demi baterai laptop yang lebih awet. Semoga berhasil!

Referensi: AcerID | Suara.com | Dream.co.id