Terapkan 5 Cara Ini Agar Tidur Lebih Berkualitas
5 Cara Agar Tidur Berkualitas | Unsplash - Vladislav Muslakov

Goodmates sering merasa lelah setelah bangun tidur? Bisa jadi disebabkan kualitas tidur yang kurang baik. Memperhatikan kualitas tidur memang harus diutamakan, terlebih lagi untuk kamu yang memiliki segudang aktivitas.

Banyak dampak negatif yang bisa kamu peroleh jika kualitas tidur kurang baik. Beberapa diantaranya adalah badan cepat pegal, cepat mengantuk, lemas, dan bahkan bisa menimbulkan penyakit juga. Lantas bagaimana cara agar tidur lebih berkualitas? 5 tips ini dapat Goodmates simak untuk tidur berkualitas selanjutnya.

Tidur Berkualitas | Unsplash - Claudia Mañas
Tidur Berkualitas | Unsplash - Claudia Mañas

Tidak hanya memberikan dampak positif pada kesehatan, memiliki tidur berkualitas dapat meningkatkan mood untuk beraktivitas. Tetapi sayang, tidak semua orang memiliki tidur yang berkualitas.

Jangan khawatir, Goodmates. Jika kamu adalah salah satu yang kebingungan mencari cara untuk meningkatkan kualitas tidur, cara ini bisa kamu coba.

Matikan lampu

Mematikan lampu merupakan salah satu cara yang bisa Goodmates gunakan sebelum tidur. Sebab ruangan yang gelap dapat memancing saraf agar segera mengistirahatkan anggota tubuh sehingga kamu dapat tidur lelap.

Jika memang kamu tipe orang yang takut tidur di tempat gelap, kamu bisa siasati dengan menggunakan lampu tidur. Usahakan cari lampu tidur berwarna hangat atau tidak mencolok agar suasana kamar juga menjadi lebih hangat dan tidak terlalu cerah.

Gunakan bantal dan guling yang nyaman

Salah satu faktor yang mempengaruhi tidur berkualitas adalah penggunaan bantal dan guling yang kurang nyaman. Bisa jadi bantal guling yang digunakan terlalu keras atau bahkan terlalu lembut.

Usahakan untuk mencari dan menggunakan bantal dan guling yang nyaman. Akan lebih baik peletakan bantal dan guling juga diperhatikan agar kepala atau leher tidak sakit saat terlelap.

Sekarang ini sudah banyak perusahaan yang mengeluarkan bantal dan guling kesehatan yang mungkin bisa dicoba. Goodmates bisa mencarinya di platform kesayanganmu, ya.

Hindari olahraga berat

Olahraga sebelum tidur memang baik bagi kesehatan tubuh. Selain itu, olahraga dapat membuat kita tidur lebih cepat karena energi yang digunakan membuat tubuh cepat lelah.

Tetapi Goodmates juga harus mengetahui bahwasannya tidak semua olahraga bisa dilakukan sebelum tidur. Dikutip dari Alodokter, olahraga yang bisa kamu gunakan adalah olahraga yang cenderung ringan dan menenangkan seperti yoga.

Lakukan kegiatan yang membuat tubuh rileks

Dilansir dari Hello Sehat, aktivitas yang menimbulkan stress dapat membuat tubuh melepas hormon stress atau hormon kortisol sehingga tubuh akan terus berwaspada. Maka dari itu, wajib bagi kamu untuk mencari kegiatan yang dapat membuat tubuh lebih rileks.

Kamu bisa memulainya dengan melakukan kegiatan kesukaan seperti membaca buku, mendengarkan ASMR, mendengarkan lagu dengan ketukan yang pelan, dan lainnya. Hal tersebut dapat membuat tubuh semakin rileks dan dapat mengundang kantuk.

Hindari penggunaan gawai

Tidak banyak orang tahu bahwasannya blue light yang dihasilkan dari barang elektronik dapat membuat kita menjadi terjaga. Hal tersebut disebutkan dalam situs Farmaku yang menyatakan bahwa blue light dapat memberikan dampak buruk terhadap siklus tidur manusia.

Sinar biru atau blue light dapat mengurangi mengeluarkan melatonin pada malam hari yang membuat irama atau ritme sirkadian yang berfungsi sebagai alarm bagi tubuh pun terganggu.

Maka dari itu akan lebih baik jika Goodmates menghindari penggunaan gawai atau gadget dalam kurun waktu 30 menit sebelum jam tidur. Bagaimana Goodmates, apakah solusi ini dapat membantu meningkatkan kualitas tidurmu?

Referensi: Alodokter | Hello Sehat | Farmaku