Terapkan Gaya Hidup Nol Sampah Bersama Komunitas Zero Waste Indonesia
ilustrasi gaya hidup zero waste. | Sumber: Anna Oliinyk/Unsplash

Indonesia dikaruniai dengan kecantikan alam yang mengagumkan. Pegunungan yang menjulang tinggi, hamparan lahan hijau, serta cantiknya biru lautan. Belum lagi keanekaragaman flora dan fauna di Indonesia yang luar biasa.

Sayangnya, keindahan alam ini belum terjaga dengan baik oleh masyarakat Indonesia. Pernahkah Goodmates melihat sebuah video lautan sampah? Bukannya menunjukan cantiknya air laut yang berwarna biru, justru permukaannya malah tertutup sebaran sampah.

Goodmates yang pernah berkunjung ke wisata alam juga mungkin pernah melihat sudut-sudut tertentu yang dipenuhi tumpukan sampah. Tidak hanya mengganggu pemandangan, sampah-sampah ini juga dapat membahayakan kehidupan sesama makhluk, misalnya seperti kabar yang lalu saat ditemukan sampah plastik di dalam perut seekor penyu.

Dikutip dari Data Boks Katadata, berdasarkan data tahun 2020 milik Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Indonesia menghasilkan 67,8 juta ton sampah dan sumber sampah terbesar berasal dari aktivitas rumah tangga sebanyak 37,3 persen. Sedangkan jenis sampah yang terbesar berasal dari sisa makanan masyarakat sebanyak 39,8 persen.

Lebih bijak kelola sampah dengan Zero Waste Indonesia

ilustrasi zero waste lifestyle. | Sumber:  Lenka Dzurendova/Unsplash
ilustrasi zero waste lifestyle. | Sumber: Lenka Dzurendova/Unsplash

Tahun baru, resolusi baru. Umumnya, banyak orang yang menyusun resolusi dan harapan baru saat menyambut pergantian tahun. Mungkin Goodmates ingin mencoba gaya hidup baru yang lebih sehat? Selain memiliki dampak baik bagi diri sendiri, gaya hidup satu ini juga bermanfaat bagi lingkungan sekitar kita.

Komunitas Zero Waste Indonesia (ZWID) merupakan komunitas berbasis daring yang mengajak masyarakat Indonesia untuk menjalankan zero waste lifestyle atau gaya hidup nol sampah. Melansir dari situs Zero Waste Indonesia, zero waste lifestyle adalah gaya hidup untuk meminimalisasi produksi sampah yang kita hasilkan dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan sebelum nantinya akan berakhir di tempat pembuangan akhir (TPA).

Untuk mencapai tujuannya tersebut, Zero Waste Indonesia menerapkan prinsip 6R (Rethink, Refuse, Reduce, Reuse, Recycle, and Rot) yang diwujudkan melalui sebaran informasi bermanfaat seputar isu penanganan limbah dan keterkaitannya dengan lingkungan hidup serta kiat-kiat gaya hidup nol sampah.

Tidak hanya berbagi informasi bermanfaat, Zero Waste Indonesia juga memiliki beberapa kampanye zero waste lifestyle yang dapat diikuti oleh siapa pun. Di antaranya adalah kampanye Tukar Baju yang digagas untuk menimbulkan kesadaran masyarakat dan memberikan solusi untuk meminimalisasi sampah fesyen dan limbah tekstil di Indonesia.

Kegiatan lainnya adalah 30 Days Zero Waste Challenge. Merupakan sebuah tantangan menerapkan gaya hidup sustainable living selama 30 hari. Tantangan ini dibuka untuk umum dan siapapun dapat mendaftar melalui situs resmi Zero Waste Indonesia untuk berkomitmen menjalankan tantangan ini.

Di antaranya kegiatan yang bisa kamu lakukan seperti tidak menggunakan sedotan plastik, menggunakan botol reusable, membawa kantong belanja sendiri ke mana-mana, hanya membeli sesuatu yang dibutuhkan, menghabiskan makanan yang disantap, dan masih banyak lagi.

Komunitas yang telah berdiri sejak tahun 2018 ini ingin mengingatkan masyarakat bahwa gaya hidup zero waste tidak hanya sebatas mengurangi sampah plastik saja. Terdapat banyak hal lainnya yang juga berpotensi menjadi sampah yang seringkali masih terlupa.

Selain menggunakan sedotan dan kantong belanjaan reusable, gaya hidup zero waste apalagi yang sudah kamu terapkan?

Referensi: Katadata | Zero Waste Indonesia | Kumparan | Berita Baik Indonesia