The Long Game dan The Short Game, Mana yang Lebih Baik?
Ilustrasi | Pexels

Pernahkah Goodmates mendengar istilah long game dan short game? Kedua sebutan ini populer berkaitan dengan keputusan-keputusan yang kita ambil sehari-hari. Sederhananya, the short game mewakili keputusan impulsif yang kita ambil berdasarkan apa yang saat ini kita inginkan. Keputusan itu diambil tanpa mempertimbangkan efek dan dampak panjang yang akan terjadi setelahnya.

Kemudian, the long game adalah kebalikannya. Istilah ini menggambarkan pemikiran jangka panjang yang mendasari keputusan kita sehari-hari. Tentunya, dengan mempertimbangkan tujuan yang ingin kita capai di masa depan.

Seringkali, kita memandang kesuksesan sebagai suatu hal yang datang secara tiba-tiba. Namun, sesungguhnya kesuksesan justru dibentuk dari hal-hal kecil yang kita lakukan sehari-hari. Hal-hal tersebut akan berdampak besaar di kemudian hari. 

The Short Game

Ilustrasi | Foto: Pexels

The short game adalah suatu kebiasaan yang kita lakukan, berupa perilaku menghindari hal-hal sulit yang akan memberi benefit di masa mendatang. Lalu, kita menggantinya dengan kegiatan yang lebih mudah dan jauh lebih menyenangkan.

Reward dari the short game bersifat langsung dan dapat kita rasakan. Hal ini menjadikan kita biasa dengan berfokus dalam mengejar hal-hal palsu tersebut. Kita merelakan kegiatan penting lalu menggantinya dengan aktivitas yang memberi kita rasa senang dan puas, meskipun hanya sementara.

Beberapa contoh dari the short game sebagai berikut:

  • Mengapa mengerjakan tugas jika bisa menghabiskan waktu untuk bermain sosial media dan bersantai?
  • Untuk apa olahraga jika bisa bermalas-malasan?
  • Mengapa harus mengonsumsi makanan sehat jika bisa membeli fast food setiap hari?

Dan berbagai keputusan lain yang intinya mendahulukan kesenangan saat ini tanpa mempertimbangkan efek buruknya di masa depan. Tentunya, kita akan tetap melakukan short game ini dalam kegiatan sehari-hari, sebab tidak seluruh keputusan yang kita ambil membutuhkan penalaran kognitif dengan mempertimbangkan dampak baik dan buruknya.

Namun, semakin sering dan tinggi intensitas kita untuk memilih keputusan short game. Maka, dampaknya akan semakin banyak pula, menumpuk di masa depan. Misalnya, akibat terlalu sering menghamburkan uang di awal bulan, kita dapat kehabisan uang dan kesulitan untuk membeli kebutuhan dasar di akhir bulan.

Karena itulah, penting untuk menyadari apa yang sedang lakukan saat ini. Menyadari “permainan” apa yang sedang kita mainkan dapat menjadi evaluasi untuk menjadi lebih baik ke depannya.

The Long Game

Ilustrasi | Foto: Pexels

Kebalikan dari the short game adalah the long game. Istilah ini adalah bentuk nyata dari kutipan populer “no pain, no gain”. Tidak ada kesuksesan tanpa kerja keras, dan ada beberapa hal yang perlu direlakan demi tujuan yang lebih besar.

The long game adalah kejadian di balik layar. Proses ini tidak selalu menyenangkan, bahkan beberapa akan menguras energi kita. Misalnya, dengan memilih untuk belajar lebih keras, berhemat, dan menabung, kita mulai menginvestasikan waktu untuk belajar hal-hal baru yang akan berguna di dunia kerja.

Namun, jika kita mampu melakukan the long game dengan cukup lama, kita akan mulai menuang hasilnya. Entah itu keberhasilan dalam akademik, tubuh yang lebih sehat dan bugar, hingga tabungan yang mencukupi keinginan kita.

Meskipun terlihat sederhana, sesungguhnya menerapkan the long game tidaklah mudah. Pada dasarnya, Goodmates pasti sudah mengetahui apa yang terbaik bagi Goodmates dan masa depan Goodmates. Namun, kadang-kadang distraksi kecil akan membuat Goodmatesn tergoda untuk menunda melakukan hal yang lebih penting.

Sehingga, diperlukan kesadaran dari dalam diri untuk lebih tegas dalam mengambil keputusan. Pastikan apa yang Goodmates lakukan sekarang tidak akan merugikan diri Goodmates di masa mendatang.

Pada akhirnya, meskipun sedang mengejar goals di masa depan dan memainkan the long game, jangan sampai lupa untuk bersenang-senang dan menikmati proses yang Goodmates kerjakan saat ini.

Referensi: Finding The Light | FS