Tidak Bersemangat dan Bosan dengan Rutinitas? Coba Lakukan Ini!
Piknik | Pexels/polina-tankilevitch

Di tengah padatnya pekerjaan dan rutinitas yang super hectic, Goodmates pasti kerap merasa tidak bersemangat dan bosan. Bosan dengan kehidupan dan rutinitas ini, terkadang membuat Goodmates malas untuk ngapa-ngapain. 

Perasaan bosan dan tidak bersemangat ini juga kerap datang karena kamu kelelahan dan jenuh dengan rutinitas sehari-hari. Rasanya menjadi sangat melelahkan dan lelah untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Padahal, Goodmates sudah biasa melakukannya. 

 Rasa bosan dan jenuh dalam kehidupan tentunya sangatlah wajar yang Kawan, tetapi rasa bosan dan jenuh ini tak boleh terlalu lama dirasakan. Goodmates harus kembali berpikir untuk menyemangati hidup lagi agar lebih bersemangat dan berwarna. 

Mengenali rasa bosan dan jenuh dalam kehidupan 

Ilustrasi jenuh | Pexels

Sebenarnya, bosan adalah perasaan normal dan dapat dirasakan oleh siapapun. Ketika rasa bosan datang dalam diri Goodmates, itu berarti di dalam otak tidak cukup terangsang untuk tetap tertarik dan fokus pada aktivitas. 

Rasa bosan merupakan suatu keadaan kelelahan yang dapat terjadi akibat kurangnya keterlibatan di lingkungan atau adanya perasaan tertekan. Goodmates merasa kehilangan ketertarikan terhadap segala hal atau aktivitas. 

Ketika Goodmates merasa bosan, Goodmates juga kerap merasakan perasaan kosong atau hampa. Kamu menjadi kurang sensitif terhadap apa yang terjadi di sekitar dan sering merasa lelah. 

Perlu diketahui bahwa rasa bosan ini tak boleh berlarut-larut. Ketika memiliki deadline yang menumpuk, alih-alih mengerjakannya, Goodmates justru mencari aktivitas lain. Dikarenakan Goodmates sudah tak tertarik dengan rutinitas tersebut, yakni mengerjakan tugas. 

Kalau Goodmates terus-terusan berhenti dengan rasa kebosanan ini, tentunya Goodmates tak dapat menemukan makna hidup atau meraih tujuan. Bisa-bisa nantinya, segala mimpi dan kegemaran sudah tak ada artinya lagi dalam hidup. 

Mengatasi rasa bosan dan jenuh

Ilustrasi | Foto: Pexels

Untuk mengatasi kebosanan dan rasa jenuh, Goodmates bisa melakukan beberapa hal berikut. 

1. Berhenti sejenak 

Cobalah untuk berhenti sejenak dari aktivitas yang sedang Goodmates lakukan. Ketika merasa bosan dan jenuh terhadap satu aktivitas, cobalah untuk berhenti sejenak. Beralihlah ke aktivitas lain, seperti berjalan-jalan ke luar, mencari udara segar dan melihat pepohonan. 

2. Lakukan eksperimen baru 

Ketika terus menerus melakukan hal yang sama dan berulang, ini menyebabkan rasa jenuh dan bosan. Cobalah bereksperimen dengan hal-hal atau aktivitas baru yang menantang.

Misal, setiap harinya belajar bahasa 1 jam sehari. Coba untuk buat tantangan baru, seperti menargetkan belajar bahasa sehari 2 jam, yang sudah termasuk listening, reading, dan writing di dalamnya. 

Dengan adanya target atau eksperimen baru ini, Goodmates menjadi termotivasi untuk melakukannya dan akhirnya menjadi lebih produktif. Ditambah, Goodmates akan mendapatkan reward karena sudah dapat melakukan tugas atau pekerjaan yang selama ini dihindari. 

3. Observasi 

Cobalah untuk mengamati dan observasi apa yang ada di dalam pikiran. Kenapa Goodmates melakukan hal lain, bukannya melakukan aktivitas yang seharusnya dilakukan, seperti mengerjakan tugas. 

Pikirkanlah akibatnya jika Goodmates tidak mengerjakan tugas tersebut. Apa yang akan terjadi di masa depan ketika Goodmates melalaikan tugas tersebut. Apakah hal tersebut akan memengaruhi masa depan atau tidak? 

4. Mencari kembali motivasi dalam hidup 

Dengan mencoba mencari kembali motivasi hidup, ini dapat membantu mengembalikan rasa semangat serta menghilangkan kejenuhan. Coba pikirkan kembali apa yang menjadi motivasi dan tujuan dalam bekerja atau kuliah? 

Bayangkan Goodmates akan menjadi seperti apa di masa depan? Bagaimana Goodmates mencapai keinginan tersebut? Dengan begitu, ini dapat mengembalikan rasa semangat dalam mencapai tujuan hidup. 

5. Rekreasi 

Coba ingat kembali, kapan terakhir Goodmates cuti atau berlibur? Ketika Goodmates dilanda rasa jenuh, mungkin ini tandanya Goodmates harus mencari suasana baru dan menyegarkan pikiran, yakni dengan berlibur. 

Cobalah mengunjungi tempat yang sebelumnya belum pernah dikunjungi. Nikmatilah liburan bersama orang-orang terdekat, tanpa diganggu oleh pekerjaan. Pastikan Goodmates benar-benar fokus dengan waktu liburan tersebut, agar Goodmates dapat menenangkan pikiran.