Tidak Hanya Satu, Cari Tahu 5 Jenis Hobi yang Perlu Kamu Miliki
Ilustrasi bersosialisasi sebagai hobi |Foto:Vait Mcright/Pixabay

Setiap orang memiliki cara untuk mengisi waktu luangnya. Bagi mereka yang memiliki kegemaran terhadap suatu hal atau aktivitas, mereka akan memilih mengisi waktu tersebut dengan menjalankan hobi yang mereka miliki.

Memiliki hobi tidak hanya sekadar cara untuk menyenangkan diri sendiri. Tahukah Goodmates, ternyata memiliki hobi bermanfaat bagi kesehatan fisik, mental, serta menjadi sarana untuk pengembangan diri.

Terdapat lima jenis hobi yang sebaiknya kamu miliki. Kelima jenis hobi ini membantumu menjadi pribadi yang lebih produktif, sehat, kreatif, berwawasan, dan berjiwa sosial. Berikut penjelasannya. 

Hobi yang menghasilkan uang

Ilustrasi uang | Foto:Karolina Grabowska/Pexels

Bukankah menyenangkan jika kita dibayar karena melakukan hal yang kita senangi? Cobalah untuk memaksimalkan hobi yang kamu miliki saat ini agar bisa menghasilkan uang. Ini bisa menjadi pekerjaan sampingan atau sumber pendapatan tambahan buatmu.

Contoh hobi yang bisa menghasilkan uang misalnya dengan menjual makanan karena kamu punya hobi memasak. Senang fotografi? Kamu juga bisa jadi photographer. Hobi menulis? Kamu juga bisa menjadi content writer.

Hobi yang membuat tubuhmu sehat

Jogging | Foto: Cottonbro/Pexels

Olahraga merupakan salah satu cara yang paling praktis untuk membuat tubuh tetap sehat dan bugar. Sayangnya, masih banyak yang mengabaikan betapa pentingnya berolahraga. Rajin berolahraga juga dapat membantu memperbaiki suasana hati dan mengurangi stres.

Ada banyak olahraga yang bisa kamu pilih mulai dari olahraga di dalam ruangan hingga luar ruangan. Misalnya olahraga jogging, yoga, bersepeda, tenis meja, dan masih banyak lagi. Jangan lupa sisihkan waktumu minimal 15 menit setiap harinya untuk berolahraga, ya!

Hobi yang membuatmu kreatif

Melukis | Foto: Antoni Shakraba/Pexels

Melakukan jenis hobi yang dapat memicu kreativitas sama pentingnya dengan jenis hobi yang lain. Setiap orang memiliki sisi kreatif di dalam dirinya. Hanya saja orang tersebut perlu meluangkan waktu untuk menemukan apa yang dia suka sehingga bisa berkreasi.

Ada banyak hobi yang bisa membuatmu tetap kreatif seperti melukis, merajut, menyulam, bernyanyi, menulis, dan masih banyak lagi. Kabar baik buat kamu yang suka menulis, berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa menulis memberi banyak manfaat bagi kesehatan mental.

Sering menulis dapat membantu meningkatkan daya ingat, penurunan tingkat stress, perbaikan kualitas tidur, serta penelitian terbaru dari University of Auckland mengungkapkan menulis dapat mempengaruhi kecepatan penyembuhan luka bagi mereka yang memiliki pengalaman traumatis.

 Hobi yang membangun ilmu dan pengetahuan

Membaca buku | Foto: Pixabay

Apa ilmu dan pengetahuan baru yang sudah kamu dapatkan hari ini? Sekilas, jenis hobi yang satu ini dianggap terlalu membosankan karena diartikan sebagai aktivitas belajar. Namun, bukankah sebagai manusia kita tidak boleh bosan belajar?

Sekarang, untuk menambah ilmu dan pengetahuan bukanlah hal yang sulit. Tidak hanya dengan membaca buku, kamu bisa melakukan hobi ini melalui youtube, podcast, serial netflix, dan berbagai media yang menyajikan informasi yang bermanfaat. Intinya adalah temukan hobi yang akan membuatmu menjadi lebih pintar dan membuatmu jadi belajar sesuatu yang baru

Hobi yang membantumu bersosialisasi

Ilustrasi bersosialisasi |Foto:Vait Mcright/Pixabay

Sebagai makhluk sosial tentunya manusia membutuhkan bantuan dan kehadiran dari manusia lainnya. Untuk itu kita perlu belajar melatih kemampuan sosial yang dimiliki, salah satunya dengan menjalankan hobi. Contoh sederhana dari hobi yang dapat membantumu bersosialisasi seperti bergabung di komunitas, aktif sebagai relawan. 

Itulah lima jenis hobi yang sebaiknya kamu miliki. Hobi tersebut mungkin tidak bisa langsung diterapkan, diperlukan penyesuaian sehingga bisa menjadi kebiasaan. Tetap jalani hobi yang membuat senang, produktif, dan bermanfaat, ya!

Referensi:Linkedin | Alodokter | Lemondial Career | Sehatq