Tidak Perlu Cari Kost, 5 Kampus di Indonesia Ini Punya Fasilitas Asrama
5 Kampus yang Memfasilitasi Asrama | Unsplash - Rnaol

Teruntuk adik-adik Goodmates calon mahasiswa baru (MABA), bagaimana persiapan untuk masuk perguruan tingginya? Sudah tahu mau berkuliah di mana? Atau mungkin, kamu masih ragu untuk memilih kampus karena harus merantau dan bingung mencari kostan yang dekat dengan kampus?

Tenang, Goodmates tidak perlu takut. Sekarang ini ada lima kampus yang telah menyediakan tempat tinggal atau asrama khusus untuk mahasiswanya, sehingga kamu tidak perlu ribet-ribet lagi mencari kostan yang murah dan juga dekat dengan kampusmu. Kira-kira kampus di mana saja ya? Ayo merapat dan simak informasinya sebagai berikut.

Telkom University

Telkom University | Kompas
Telkom University | Kompas

Kampus pertama yang wajib Goodmates ketahui adalah Telkom University. Kampus yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat ini menyediakan asrama yang wajib ditempati oleh mahasiswa baru setiap tahunnya.

Asrama ini dibuat oleh pihak Telkom agar para mahasiswa dapat beradaptasi dengan lingkungan baru. Orang tua mahasiswa juga dapat meninggalkan anaknya tanpa rasa ragu sebab asrama ini telah dibentuk senyaman mungkin dan keamanannya pun terjaga.

Dikutip dari situs resmi Telkom University, asrama ini terdiri dari delapan gedung asrama putri dan juga 10 asrama putra. Setiap gedung memiliki Senior Resident atau yang biasa disebut kakak asrama, dan juga memiliki help desk .

Satu kamar asrama terdiri dari empat kasur sehingga kamu akan mendapat tiga teman baru dari berbagai daerah. Tentu itu akan sangat menyenangkan, bukan?

Universitas Sebelas Maret

Universitas Sebelas Maret | UNS Green Campus
Universitas Sebelas Maret | UNS Green Campus

Berpindah ke Jawa Tengah, tepatnya di UNS atau Universitas Sebelas Maret Surakarta. Kampus ini juga menyediakan asrama tidak hanya untuk mahasiswa diploma, tetapi juga untuk sarjana dan pasca-sarjana juga, lho. 

Dikutip langsung dari situs resmi Universitas Sebelas Maret, asrama ini terdiri dari empat gedung dengan dua tipe kamar yang bisa kamu pilih sendiri, yaitu single (untuk satu orang) dan sharing (untuk dua orang).

Fasilitasnya pun beragam dan tidak kalah dari kost-kostan, asrama memiliki fasilitas tempat tidur, meja belajar, kursi, dan juga lemari. Sehingga kamu tidak perlu pusing-pusing membeli barang besar seperti empat di atas tadi.

Universitas Sumatera Utara

Universitas Sumatera Utara | Rencanamu
Universitas Sumatera Utara | Rencanamu

Tidak hanya di daerah Jawa, ternyata kampus di Sumatera juga memiliki fasilitas asrama yang tidak kalah keren, lho! Kampus selanjutnya adalah Universitas Sumatera Utara atau USU Medan.

Asrama milik USU sendiri terletak di dalam daerah kampus sehingga kamu tidak perlu takut kesiangan pada saat menghadiri pembelajaran. Untuk asrama putri dia terletak di depan Fakultas Ilmu Budaya, sementara asrama putra terletak di depan pintu 3 USU.

Fasilitas yang diberikan juga cukup lengkap dan harganya termasuk murah. Dilansir dari Quipper, kamu perlu membayar 200 ribu rupiah untuk menikmati fasilitas asrama, biaya tersebut sudah termasuk biaya listrik dan juga air.

Universitas Lambung Mangkurat

Universitas Lambung Mangkurat | Borneo24
Universitas Lambung Mangkurat | Borneo24

Untuk Goodmates yang terpikirkan untuk berkuliah di Kalimantan, tepatnya di Banjarmasin, Universitas Lambung Mangkurat bisa menjadi rekomendasi kampus dengan asrama yang baik untuk kamu.

Kamu tidak perlu khawatir kehabisan kuota asrama, sebab Unlam memiliki gedung kampus yang banyak, lho. Bahkan setiap gedung juga memiliki kuota yang beragam dengan fasilitas yang baik dan kerap diperbarui.

Universitas Udayana

Universitas Udayana | Universitas Udayana
Universitas Udayana | Universitas Udayana

Tidak hanya sebagai objek wisata, Bali juga memiliki kampus yang keren juga seperti Universitas Udayana atau UNUD ini. Tidak hanya keren, mahasiswa rantau juga akan diberi kemudahan karena mereka menyediakan asrama juga.

Dikutip dari situs resmi Universitas Udayana, asrama ini  memiliki dua gedung dengan lokasi yang berbeda, yaitu Asrama Denpasar dan Asrama Bukit Jimbaran dengan kapasitas berbeda-beda di setiap tempatnya. Untuk Asrama Denpasar terdiri dari 48 kamar dan Asrama Bukit Jimbaran memiliki 18 kamar.

Pembayaran yang dipatok UNUD pun beragam berdasarkan asrama yang kamu tinggali, tetapi bayaran tersebut sudah menutupi seluruh fasilitas yang diberikan termasuk air dan juga listrik.

Bagaimana Goodmates, sudah tidak ragu untuk memilih kampus yang sesuai untuk kamu?

Referensi: Telkom University |  Universitas Sebelas Maret | Quipper | Universitas Udayana