Tim Kurang Solid? Apa yang Harus Dilakukan?
Ilustrasi Tim yang Solid | foto: pexels.com/fauxels

Pernahkah Goodmates merasakan bekerja dalam lingkungan dan tim yang kurang solid dalam suatu pekerjaan? Sangat tidak menyenangkan bukan?

Tahu gak? Rupanya bukan skill saja yang dibutuhkan dalam menjalani sebuah pekerjaan, terlebih dalam sebuah tim. Kekompakan juga menjadi aspek penting dalam menyelesaikan pekerjaan agar lebih optimal.

Menyatukan banyak karakter dan pemikiran dalam satu tim di lingkungan pekerjaan, memang bukanlah hal yang mudah. Bahkan, ini kerap menjadi sebuah persoalan di sejumlah divisi dan perusahaan.

Kerja sama untuk menyelesaikan masalah dan pekerjaan demi tujuan bersama tak jarang muncul beberapa hal yang meruntuhkan kekompakkan dalam tim. Halnya beragam, mulai dari perbedaan pendapat, perbedaan cara kerja, bahkan hingga mungkin perbedaan pemahaman. Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan dalam sebuah tim agar tetap solid dan kompak:

  1. Jauhi Overthinking
Ilustrasi | Foto: pexels.com/Karolina Grabowska

Di dalam sebuah tim tidak semua anggota atau pribadi memiliki pemikiran yang sama. Tiap anggota pasti memiliki pendapat atau perspektif masing-masing terhadap suatu permasalahan atau pun dalam mencari solusi pekerjaan. Di sisi lain, besar kemungkinan dalam sebuah tim terdapat persaingan sesama karyawan. Sebenarnya, cara paling udah untuk menjaga tim agar tetap solid dalam hal ini adalah dimulai dari diri kita sendiri.

Tak perlu membuang waktu untuk memikirkan hal yang belum tentu terjadi, jauhi overthinking yang hanya membuat diri kamu stres. Apalagi kalau menyangkut hal pribadi. Hati-hati, awal mula stres ringan bisa berujung stres berat karena overthinking, lho. Tetaplah objektif dan terbuka dengan segala opini yang ada dalam tim.

  1. Pahami Psikologi Tim
Ilustrasi | Foto: pexels.com/fauxels

Karakter lingkungan kerja memang tidak bisa dianggap sama. Bahkan, orang yang satu frekuensi pun, belum tentu memiliki karakter yang sama secara psikologis. Biasanya, ketika baru masuk dalam sebuah tim, hal yang perlu kita pahami adalah mengamati karakteristik tim kita. Hal ini cukup penting untuk diketahui, karena akan berkelanjutan selama proses kerjasama tim berlangsung.

Kamu bisa mengawalinya dengan mengamati proses berpikir dan komunikasi dari tim kamu. Ketika kamu sudah memahami mereka, maka kamu bisa memikirkan cara untuk merespon dalam interaksi tersebut.

Penting untuk memahami hal-hal kecil, seperti Bahasa tubuh, keinginan berkomunikasi, cara mereka beropini, dan sebagainya. Secara teori, kamu bisa mencari tahu dengan memperdalam dan memperbanyak bacaan tentang team building.

  1. Saling Menghargai
Ilustrasi | Foto: pexels.com/fauxels

Percaya atau tidak, hal satu ini simple, tapi bermakna. Apa susahnya menghargai pendapat atau perspektif rekan kamu? Memaksakan kehendak yang berdiri atas opini sendiri tidak akan menjamin keutuhan tim kamu. Cobalah untuk terbuka dengan meminta pendapat yang solutif dari tim kamu. Setelah itu, pilih atau tentukan yang minim risiko sebelum membuat keputusan bersama. Sikap saling menghargai ini juga bisa menguatkan tim, sehingga ‘badai’ apapun yang menyerang dari luar terkait dengan perbedaan, bisa dilalui oleh timmu.

  1. Berkomitmen
Ilustrasi | Foto: pexels.com/fauxels

Hal yang tak kalah penting dalam menjalin tim yang solid adalah komitmen. Apalah arti saling memahami jika tak ada komitmen dalam tim. Komitmen dibutuhkan dalam sebuah tim. Fungsinya adalah saling memberikan dukungan satu sama lain. Ketika ada yang lemah, yang kuat bisa membahu yang lemah untuk bisa bangkit dan saling merangkul. Meskipun memiliki tugas yang berbeda, namun perlu diingat bahwa tim kamu memiliki tujuan yang sama.

  1. Fasilitasi Komunikasi
Ilustrasi | Foto: pexels.com/fauxels

Hal ini bagaikan jembatan ketika ingin mencapai tujuan. Komunikasi merupakan fondasi dalam tim yang solid. Bagaimana tidak, jika ada kesalahan dalam menyampaikan pesan tak dapat dipungkiri bisa memicu pertikaian yang seharusnya tidak terjadi. Tentu saja tidak ada seseorang yang menginginkan hal tersebut.

Gunakan berbagai fasilitas komunikasi yang disediakan, seperti email, Whatsapp, Telegram, dan sebagainya. Fasilitas tersebut dapat diunduh di smartphone yang kamu miliki. Kamu hanya perlu memanfaatkannya secara efektif agar tim terhindar dari miscommunication.

Dari lima hal tersebut, kira-kira hal apa saja yang sudah Goodmates terapkan dalam tim kamu? Jangan sampai ada hal yang terlewatkan dan mendominasi ego pribadi ya. Karena hal tersebut dapat merusak kerjasama yang telah dibangun oleh kamu dan tim kamu. Selamat mencoba tips ini ya, Goodmates!

 

Referensi: Liputan6 | IDN Times

Workerspedia
Human Resources

Workerspedia adalah media atau wadah bagi para pekerja dan pencari kerja untuk mendapatkan informasi yang akurat tentang berbagai hal di dunia kerja.