Selalu Produktif, Intip Time Manajemen Waktu Ala Maudy Ayunda
Maudy Ayunda | Foto: Instagram

#FutureSkillsGNFI

Siapa yang tidak kenal dengan Maudy Ayunda Selebriti kelahiran Jakarta 19 Desember 1994 ini seringkali membintangi di layar kaca perfilman Indonesia. Selain terkenal sebagai Aktris, Maudy Ayunda juga merupakan seorang penyanyi yang cerdas, terbukti dengan beberapa prestasi yang pernah ia raih sebelumnya. Goodmates pasti tahu dong kalau Maudy Ayunda ini merupakan lulusan S1 dan S2 di Kampus Top Dunia.

Universitas Oxford menjadi tempatnya untuk melakukan studi S1 dengan jurusan Philosophy, Politics dan Economic. Sedangkan Universitas Stanford menjadi pilihan untuk jenjang S2. Maudy Ayunda tercatat lulus S2 pada bulan Juni 2021 kemarin. Melihat dengan kesibukan yang dijalaninya pasti Goodmates pernah bertanya-tanya, bagaimana cara seorang Maudy Ayunda mengatur waktu tersebut di tengah kesibukkannya menjadi Aktris tapi juga tidak lupa dengan kewajibannya sebagai mahasiswa.

Melalui platform Tik-Tok pribadinya ia membagikan tips menyusun time managementnya, untuk memastikan waktunya tidak terbuang sia-sia dan selalu melakukan aktifitas yang produktif. Sebelumnya Goodmates tahu gak sih manfaat yang diperoleh dari management yang baik?

Manfaat memiliki time management yang baik

Mengelola waktu dengan baik memungkinkan seseorang untuk melakukan pekerjaan yang benar dan waktu yang tepat. Management waktu memiliki peran penting dalam kehidupan pribadi maupun profesional seseorang, berikut manfaat yang didapat ketika seseorang memiliki time management yang baik:

  1. Dengan memiliki management yang baik dapat menjadi lebih rapi atau teroganisir
  2. Memiliki management yang baik dapat menjadi tepat waktu dan displin
  3. Management yang baik dapat mengurangi kadar stres dan kecemasan yang berlebih.
  4. Mangement waktu dapat meningkatkan profesionalitas seseorang dan menjadi lebih percaya diri.

 Ternyata, Maudy Ayunda menggunakan Time Management Matrix dalam mengelola waktunya. Lalu, sebenarnya apa sih itu Time Management Matrix?

Time Management Matrix terbagi menjadi 4 kategori, diantaranya yaitu:

Gambar Pribadi
Tabel Management Matrix

 

  1. Penting dan Mendesak

Bagi Goodmates yang sedang duduk dibangku sekolah atau perkuliahan, dengan tugas seabrek dibarengi kegiatan organisasi, event ataupun intern. Time Management matrix ini adalah yang paling utama diterapkan, nah seperti gambar sebelumnya kegiatan penting dan mendesak ini merupakan project yang memiliki deadline jangka pendek, misalnya tugas kuliah serta masalah kegiatan yang bersifat urgen. Jadi Goodmates harus mengerjakanya pertama kali.

 

  1. Tidak penting dan mendesak

Time management matrix yang kedua adalah tidak penting dan mendesak. Contohnya memeriksa email secara berkala, tugas yang dikerjakan dan dijadwalkan belakangan.

 

  1. Tidak mendesak dan penting

Kegiatan yang tidak mendesak dan penting ini merupakan kegiatan yang sudah terjadwaklkan dengan kondisional, seperti belajar bareng teman-teman, olahraga dan lain sebagainya.

 

  1. Tidak penting dan tidak mendesak

Yang terakhir tidak penting dan tidak mendesak ini merupakan kegiatan yang tidak menjadi prioritas sam sekali, karena tidak dikerjakan pun tidak apa-apa. Contohnya, bermain game dan aktif media sosial.

Kunci Maudy Ayunda dalam membagi waktu diantaranya:

  1. Penting dan mendesak : kerjakan sekarang.
  2. Tidak penting dan mendesak : tunda atau delegasikan.
  3. Penting dan tidak mendesak : mengatur jadwal.
  4. Tidak penting dan tidak mendesak : sebaiknya tidak perlu dilakukkan.

Itu tadi penjelasan mengenai management waktu ala maudy ayunda. Manajemen waktu memiliki banyak manfaat jika goomates bisa benar-benar mengaplikasikannya apalagi dengan metode yang diterapkan oleh Kak Maudy. Jadi mulai sekarang Goodmates harus tetap rajin serta produktif yaa!! Agar semua kegiatan Goodmates terlakasana dengan lancar tanpa ada halangan serta hambatan apapun.