Cara Tingkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Tanpa Ikut Les
Belajar bahasa inggris | Foto: Pixabay

Bahasa Inggris merupakan bahasa yang paling banyak digunakan oleh penduduk dunia. Menguasai bahasa ini bermanfaat untuk komunikasi dalam segala bidang. Jangan khawatir, kini kamu bisa belajar bahasa Inggris secara otodidak tanpa mengikuti les.

Menurut studi dalam Annals of Neurology, menunjukkan bahwa orang yang mahir dalam dua bahasa memiliki kemampuan konsentrasi yang lebih baik, daripada mereka yang hanya berbicara satu bahasa.

Lalu, bagaimana cara yang bisa yang kita lakukan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris? Berikut cara belajar bahasa Inggris yang mudah, praktis, dan tanpa perlu ikut kursus.

1. Ganti Pengaturan Bahasa di Gadget ke Bahasa Inggris

Ilustrasi gadget | Foto: Karolina Grabowska/Pexels

Setuju enggak kalau gadget merupakan salah satu benda yang tidak pernah terlepas dalam kehidupan kita? Cara yang pertama ini merupakan langkah awal dan paling sederhana yang bisa kamu lakukan melalui gadget.

Kamu hanya perlu mengubah pengaturan bahasa di handphone, laptop, atau tablet yang kamu miliki ke dalam bahasa Inggris. Tujuannya agar kamu semakin terbiasa dengan tulisan dalam bahasa Inggris.

2. Menonton Film atau Video Bahasa Inggris

Ilustrasi menonton film | Foto: Cottonbro/Pexels

Siapa yang gemar menonton film atau video di youtube? Sudah saatnya kamu membiasakan diri dengan tontonan berbahasa Inggris. Ada banyak film, serial, dokumenter, video-video berbahasa Inggris yang bisa kamu pilih sesuai minat masing-masing.

Jika memang kamu tidak menonton video berbahasa Inggris, melalui platform streaming seperti Netflix, Disney+ atau lainnya, kamu bisa mengaktifkan terjemahan dalam bahasa Inggris.

Sebaliknya, jika tontonan tersebut berbahasa Inggris, kamu tinggal mematikan fitur terjemahan bahasa Indonesia yang ada. Kemudian, cobalah ulangi kembali kalimat yang kamu dengar dan usahakan pelafalan serta intonasinya.

Belajar dengan cara ini memungkinkan kamu melatih kemampuan mendengar, menambah kosa kata, berlatih struktur kalimat yang biasa digunakan native speaker, terbiasa dengan pronunciation, dan menambah pengetahuan.

Bagi kamu yang ingin melatih kemampuan aksen british, kamu juga bisa menonton rekomendasi film berikut ini dari Goodside.

3. Mendengarkan Musik atau Audio Bahasa Inggris

Ilustrasi mendengarkan lagu | Foto: Burst/Pexels

Jika kamu berada di transportasi umum, melakukan aktivitas seperti menyetrika, memasak, beberes rumah, dan lainnya, kamu bisa manfaatkan momen ini untuk melatih bahasa Inggrismu. Cobalah dengarkan lagu, podcast, audiobook berbahasa Inggris.

Ibarat kata pepatah “Sambil menyelam minum air”, kamu jadi bisa melakukan dua aktivitas bermanfaat sekaligus. Pilih topik-topik serta lagu favoritmu, kamu bisa mengaksesnya melalui Spotify, Noice, Inspigo, Apple Podcast, dan berbagai platform lain.

Jika memungkinkan, tandai kata-kata baru yang belum kamu ketahui untuk dicari tahu maknanya. Dengan begitu kamu dapat menambah kosa kata baru serta melatih kemampuan mendengarkan. 

4. Berbicara Sendiri Saat Berkendara

Ilustrasi berkendara | Foto: Peter Fazekas/Pexels

Saat berkendara sendirian, sebagian orang mengisi waktu ini dengar mendengarkan lagu atau radio. Ada baiknya kamu juga bisa memanfaatkan waktu ini untuk berbicara bahasa inggris.

Jadikan momen ini sebagai cara untuk melatih kemampuan bahasa inggris yang sudah kamu pelajari selama ini. Berbicaralah sesering mungkin karena seperti pepatah “Practice make it perfect”.

5. Berbicara di Depan Cermin

Latihan bahasa Inggris depan cermin | Foto: Pexels

Selain berbicara saat berkendara, salah waktu yang bisa kamu gunakan untuk melatih kemampuan bahasa Inggrismu ialah saat waktu berpakaian atau berdandan di depan cermin.

Kamu bisa memulainya dengan bercerita tentang kegiatanmu hari ini, perasaanmu, apa pakaian, make up, atau skincare yang kamu gunakan, serta pembahasan-pembahasan yang erat kaitannya dengan kegiatan sehari-hari.

Belajar bahasa inggris dengan cara di atas sangat mudah dan seru bukan? Saat ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, pastikan juga kamu sudah mengetahui apa yang menjadi tujuanmu. Beda tujuan, beda pula cara belajar yang harus kamu lakukan.

Referensi: EF | Detik | Katadata