Tingkatkan Daya Ingat dengan Teknik Mnemonik
Teknik mnemonik dapat digunakan untuk membantu meningkatkan daya ingat | Foto: Kelly Sikkema/Unsplash

Bagi pelajar, teknik mengingat menjadi salah satu kemampuan yang dibutuhkan. Kemampuan menghafal dengan baik atau memiliki ingatan yang kuat dapat menjadi kelebihan sendiri yang dapat membantu ketika memang dibutuhkan. Dibutuhkan teknik untuk mengingat, salah satunya dengan teknik mnemonik.

Bukan hanya bagi pelajar saja, saat sudah bekerja pun kamu akan membutuhkan kemampuan satu ini. Mulai dari mengingat kontak penting atau menghafal nama-nama rekan kerja.

Kemampuan mengingat yang kuat dapat memberikan banyak kemudahan dalam keseharian kita. Misalnya, bantu mengingat password akun media sosial sampai mengingat daftar belanjaan.

Bagi sebagian orang, mengingat mungkin merupakan kegiatan yang mudah dilakukan. Namun, bagi sebagian lainnya, kegiatan mengingat suatu informasi bisa jadi memiliki tantangan tersendiri. Kalau kamu ingin meningkatkan kemampuan daya ingat, sistem mengingat satu ini mungkin dapat kamu coba.

Mengenal teknik mnemonik

Sebuah studi yang dilakukan oleh Gerald R. Miller pada tahun 1967, dikutip dari Student Academic Resource Center University of Central Florida menunjukan teknik mnemonik dapat meningkatkan daya ingat. Studi tersebut menemukan bahwa siswa yang secara teratur menggunakan teknik mnemonik berhasil meningkatkan skor tes hingga sebesar 77 persen.

Berdasarkan penjelasan oleh AdLit, teknik mnemonik disebut sebagai strategi yang dirancang untuk membantu individu meningkatkan memori mereka dalam mengingat informasi yang penting. Istilah mnemonik sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu mnemon atau mindful.

Kamu masih ingat dengan singkatan NaTaJuKoPen yang digunakan untuk menghafal urutan penulisan daftar pustaka? NaTaJuKoPen (Nama, Tahun, Judul, Kota, Penerbit) merupakan salah satu contoh dari teknik mnemonik tipe akronim, gabungan huruf untuk disusun menjadi sebuah kata. Berikut beberapa tipe mnemonik yang dapat kamu coba.

Tipe mnemonik yang bantu tingkatkan daya ingat

musik merupakan salah satu tipe mnemonik yang dapat membantu meningkatkan daya ingat. | Foto: Mariana Vusiatytska/Unsplash
musik merupakan salah satu tipe mnemonik yang dapat membantu meningkatkan daya ingat | Foto: Mariana Vusiatytska/Unsplash

Apakah kamu suka mendengarkan musik? Merangkum penjelasan oleh Student Academic Resource Center University of Central Florida, jika kamu cukup mudah untuk menghafal lirik sebuah lagu, tipe mnemonik menggunakan musik dapat dimanfaatkan untuk menghafalkan informasi lainnya.

Tipe mnemonik musik juga umum digunakan oleh iklan di radio atau televisi untuk membantu konsumen mengingat produknya saat berbelanja nanti. Kamu dapat mencoba membuat lagu atau jingle untuk bantu menghafal informasi tertentu.

Teknik mnemonik jenis ini cocok digunakan untuk menghafal daftar yang panjang. Salah satunya lagu ABC yang digunakan untuk membantu anak-anak belajar dan menghafal alfabet.

Tipe lain dari teknik mnemonik juga dapat memanfaatkan huruf pertama dari setiap kata dalam sebuah daftar informasi. Mengutip penjelasan oleh Jurnal Catatan Berbentuk Mnemonic: Suatu Proses Konstruksi Pengetahuan, tipe ini juga disebut sebagai teknik akrostik yang memiliki kemiripan dengan teknik akronim.

Huruf pertama yang diambil kemudian dirangkai menjadi untaian kata yang membentuk kalimat menarik. Contohnya, mungkin saat bersekolah kamu pernah menggunakan istilah King Philip Cari Orang Faling Ganteng Sedunia yang digunakan untuk menghafal urutan takson hewan.

Selain itu, kamu dapat mencoba menggunakan teknik kata kunci. Untuk mengingat kata inti dari informasi yang akan dihafal, tetapkanlah kata yang mengandung informasi penting sebagai kata kuncinya.

Misalnya, pada materi enzim. Untuk menjelaskan pepsin yang dapat mengubah protein menjadi pepton, kamu cukup menggunakan kata kuncinya menjadi “pepsin: protein → pepton”.

Terakhir, terdapat teknik mnemonik dengan mencatat. Beberapa orang lebih mudah menghafal sesuatu setelah menuliskannya.

Kamu dapat mengorganisir catatan agar lebih mudah diingat dengan memanfaatkan kartu catatan, berisikan kumpulan ide utama atau  outline untuk memisahkan ide utama dari detail informasi. Tujuannya agar lebih mudah diingat dengan teknik mnemonik. Selamat mencoba, Goodmates!

Referensi: What Is | AdLit