Jangan Lengah, Mari Tingkatkan Semangat Kerja Saat Berpuasa
Ilustrasi tingkatkan semangat kerja di bulan ramadan | Foto: Jason Goodman/Unsplash

Tak sedikit umat muslim yang menantikan bulan Ramadan untuk menunaikan ibadah puasa dan memperbanyak amalan. Tidak makan dan minum selama hampir satu hari, tentu akan membuat mereka yang berpuasa menjadi kurang bersemangat daripada hari biasanya.

Namun, hal tersebut bukanlah alasan yang tepat untuk menjadi tidak semangat di bulan Ramadan. Seperti bekerja misalnya, Goodmates juga harus tetap semangat. Nah, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk tetap semangat bekerja dan menjaga stamina tubuh di bulan suci ini. Yuk, simak tipsnya!

1. Tekadkan Niat

Fokus pada tujuan | Foto: Pexels/Kristo

Niat menjadi dasar utama saat menjalankan ibadah puasa. Segala sesuatu yang berdasarkan oleh niat, niscaya akan lebih mudah segala prosesnya. Sebagaimana yang kita ketahui, tidak mudah untuk menjalankan ibadah puasa.

Saat menahan rasa lapar dan haus, di situ emosi akan teruji. Namun, jika semuanya kamu jalani dengan niat sepenuh hati, bukan tidak mungkin bahwa segala sesuatunya akan dapat terlalui dengan mudah.

Baca juga: Melihat Cara Belajar Ilmuwan Dunia, Bisa Kamu Contoh!

Sama halnya dalam bekerja. Jika ada motivasi yang kita bangun, niscaya Goodmates akan selalu semangat dalam menjalani apapun pekerjaannya. Misalnya, termotivasi untuk mencapai hasil yang baik pada KPI (Key Performance Indicator) atau sukses dalam dealing dengan pihak klien.

Maka dari itu, sangat penting untuk membulatkan tekad melalui niat. Tujuannya agar suasana kerja saat Ramadan tetap penuh dengan semangat seperti hari-hari sebelumnya.

2. Sahur Secukupnya

Sahur bersama | Foto: Pexels

Mengisi energi saat bulan puasa memanglah penting. Namun, Goodmates juga tetap harus mengontrolnya agar konsumsi makanan tidak berlebih. Jika terlalu banyak mengisi energi saat sahur, hal dapat menyebabkan tubuh terasa lelah dan menimbulkan rasa kantuk yang tinggi di siang hari.

Maka dari itu, sangat penting untuk memperhatikan makanan yang Goodmates konsumsi. Untuk memulai puasamu, ada baiknya mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, protein, vitamin, dan yang berserat tinggi.

Sebab, makanan berserat dapat membantu tubuh Goodmates untuk menahan rasa lapar. Ingat, porsinya juga harus pas agar kamu tetap bisa melakukan aktivitas tanpa merasa lelah.

Baca juga: Ragam Organisasi Islami di Kampus yang Bisa Kamu Ikuti

3. Buat List Kerja

List kerja | Foto: Pexels

Supaya pekerjaan Goodmates bisa berjalan sesuai dengan jadwal, sangat penting untuk membuat list pekerjaan harian. Hal ini perlu kamu lakukan, agar bisa mengetahui pekerjaan apa saja yang sudah selesai.

Dengan begitu, kamu bisa melanjutkan ke pekerjaan lainnya sesuai dengan deadline yang diberikan. Membuat list kerja akan membuat pekerjaanmu terorganisir dengan baik dan tidak perlu membuang waktu untuk memikirkan apa saja pekerjaan yang belum selesai.

Hal penting lainnya dari membuat list kerja adalah agar terhindar dari sifat lupa. Jadi, tak ada lagi alasan lupa dengan pekerjaan, jika telah memiliki list kerja.

4. Jangan Lupakan Ibadah

Ilustrasi beribadah umat islam | Foto: Pexels/Rodnae

Hal utama yang tidak boleh kamu lewatkan adalah menjalankan ibadah rutin dan meningkatkan amalan. Bulan Ramadan menjadi momen yang sangat baik bagi Goodmates untuk meningkatkan ibadah.

Tak lupa juga memperbanyak amalan terhadap sesama, terutama bagi mereka yang membutuhkan. Patut kamu catat, bahwa hal terpenting ketika melakukan ibadah adalah niat dan ikhlas. Dengan begitu, pahala yang kamu dapatkan bisa semakin berlipat ganda.

Baca juga: Hindari Boros, Begini Cara Atur Keuangan Saat Ramadan

5. Manfaatkan Waktu Istirahat

Ilustrasi tidur saat istirahat kerja | Foto: Pexels

Ketika memiliki waktu istirahat kerja, Goodmates harus sebisa mungkin memanfaatkannya dengan sangat baik. Jika di luar bulan puasa, Goodmates menggunakan waktu istirahat untuk makan siang dan ibadah, kali ini kamu bisa memanfaatkannya untuk ibadah dan take a power nap.

Biasanya, waktu istirahat yang para pegawai umumnya selama satu jam. Jika di bulan puasa ini, waktu istirahat akan lebih singkat menjadi 30 menit.

Goodmates bisa memanfaatkan 15 menit untuk ibadah dan selebihnya untuk tidur sejenak. Hal ini kamu lakukan tidak lain untuk mengisi energi saat harus menahan lapar dan haus.

6. Perbanyak Konsumsi Air Mineral

Minum air putih | Foto: Pexels/Artem

Saat berpuasa, energi cadangan yang paling kamu butuhkan adalah cairan dalam tubuh. Agar cairan dalam tubuh terpenuhi, jangan lupa untuk perbanyak konsumsi air mineral saat buka puasa dan sahur.

Ketika cairan tubuh terpenuhi, tubuh akan terasa lebih segar dan benergi. Dengan begitu, Goodmates dapat melakukan aktivitas dengan baik dan tetap bersemangat.

Cara-cara tersebut dapat Goodmates terapkan selama bulan Ramadan. Jangan sampai energi kamu terkuras karena terlalu banyak mengonsumsi makanan saat sahur dan berbuka. Meski butuh energi lebih, tetapi jangan lupa untuk mengontrolnya, ya. Semangat dalam menjalani hari, Goodmates!

Referensi: Gramedia | Tirto | Mncplay

Workerspedia
Human Resources

Workerspedia adalah media atau wadah bagi para pekerja dan pencari kerja untuk mendapatkan informasi yang akurat tentang berbagai hal di dunia kerja.