5 Tips Menggunakan Laptop Agar Tetap Awet
Tips menggunakan laptop agar lebih awet tahan lama | Foto: James McKinven/Unsplash

Laptop merupakan salah satu perangkat yang banyak orang gunakan sebagai penunjang kerja. Tak jarang, penggunaan laptop akhirnya melebihi batas pemakaian. Selayaknya perangkat lain, laptop juga memiliki batas usia pemakaian.

Apabila selalu kamu gunakan untuk kegiatan yang terlalu berat, tidak menutup kemungkinan laptop akan mulai mengalami penurunan performa dan bisa menjadi rusak. Berikut ini merupakan rangkaian tips untuk menjaga laptop agar awet dan bisa kamu gunakan hingga jangka waktu yang cukup panjang.

1. Rutin Membersihkan Laptop

ilustrasi membersihkan laptop agar laptop lebih awet | Foto: TechBams
Membersihkan laptop agar laptop lebih awet | Foto: TechBams

Untuk menunjang performa dan menambah usia laptop agar lebih awet tahan lama, kamu harus mulai rajin membersihkan laptop. Tanpa kita sadari, setiap harinya ada saja debu yang singgah di laptop. Kamu bisa memulainya dengan membuat jadwal rutin.

Membersihkan laptop bisa kamu mulai dari menlap layar dan permukaan laptop menggunakan kain berbahan microfiber yang mirip seperti lap kacamata. Kemudian, bersihkan keyboard dan port-port laptop atau bagian-bagian kecil lainnya dengan kuas kecil agar lebih mudah. Kamu juga bisa membeli mini vacuum cleaner agar memudahkan proses pembersihan.

Tidak hanya luarnya saja, kamu juga perlu sesekali membersihkan bagian dalam laptop. Meski bagian ini mungkin akan sedikit merepotkan, kamu bisa meminta bantuan ke ahlinya.

Baca juga: Atasi Overheat, Simak Rekomendasi Cooling Pad Laptop

2. Perhatikan Tempat Meletakkan Laptop

ilustrasi meletakkan laptop di atas kasur, jangan lakukan hal ini jika ingin laptop lebih awet | Foto: The Travel Blog
Meletakkan laptop di atas kasur, jangan lakukan hal ini jika ingin laptop lebih awet | Foto: The Travel Blogs

Siapa yang masih suka memakai laptop di atas kasur? Atau menaruhnya di lantai agar lebih cepat dingin saat panas? Justru hal-hal ini bisa membuat laptop cepat mengalami kerusakan. Kalau kamu ingin laptop lebih awet, lebih baik mulai hentikan kebiasaan-kebiasaan ini.

Meletakkan laptop di atas kasur akan menghambat sirkulasi udara dan membuat laptop lebih cepat panas. Belum lagi jika meletakkan laptop di atas kasur maupun lantai, dapat menimbulkan potensi debu terhisap masuk ke dalam laptop.

3. Menggunakan Tas Laptop

menggunakan tas laptop agar laptop lebih awet | Foto: HP
Menggunakan tas laptop agar laptop lebih awet | Foto: HP

Sebagian dari kita yang masih harus bekerja atau beraktivitas di luar rumah butuh membawa laptop untuk menunjang pekerjaan kita. Tak jarang, kadang kita membawa laptop bukan menggunakan tas khusus untuk laptop. Padahal, hal ini juga penting untuk kamu perhatikan.

Biasanya, tas laptop sudah terdesain dan memiliki bahan yang bertujuan bisa melindungi laptop aman dari benturan. Kamu juga perlu memperhatikan barang bawaan di dalam tas. Jangan sampai terlalu banyak bawaan hingga akhirnya beban tas bisa menekan layar laptop dan mengakibatkan kerusakan.

Baca juga: Terapkan 5 Cara Ini Agar Baterai Laptop Awet

4. Jangan Makan atau Minum di Dekat Laptop

ilustrasi makanan yang diletakkan berdekatan dengan laptop, hindari hal ini jika ingin laptop lebih awet | Foto: Tai Ngo/Unsplash
Makanan yang berdekatan dengan laptop, hindari hal ini jika ingin laptop lebih awet | Foto: Tai Ngo/Unsplash

Minum air putih saat bekerja atau belajar di depan laptop tentu penting. Jangan sampai kamu terlalu sibuk dan fokus hingga lupa untuk makan dan minum. Namun, pastikan tidak menaruh makanan dan minuman terlalu dekat dengan laptop.

Hal itu berguna untuk menghindari makanan atau minuman tersenggol dan jatuh menumpahi laptop. Bukan tanpa sebab, khawatinya nanti akan ada cipratan atau remah-remah makanan yang mengotori laptop.

5. Bijak Mengunduh Sofwate

ilustrasi laptop yang dipasangi software antivirus agar laptop lebih awet | Foto: Shutterstock/BukaReview
Laptop terpasang software antivirus agar laptop lebih awet | Foto: Shutterstock/BukaReview

Meski kemajuan teknologi banyak memberikan kemudahan, kita juga perlu waspada dengan sisi gelap dari kejahatan cyber. Misalnya saja ancaman malware, spyware, dan lainnya. Salah satu hal yang bisa menghalaunya adalah dengan  memasang software atau aplikasi antivirus.

Baca juga: Blockchain, Solusi Pembangunan Perkotaan Masa Kini

Software antivirus dapat menambah fitur keamanan untuk menjaga laptop kamu. Jangan lupa juga untuk rajin melakukan update. Selain itu, jangan sembarangan mengunduh aplikasi atau software, terutama dari situs yang tidak jelas atau tidak resmi. Hal tersebut untuk menghindari virus yang bisa menyelinap masuk ke dalam perangkat laptopmu.

Itu dia beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar penggunaan laptop bisa lebih awet dan tahan lama. Sekali lagi, pastikan hal di atas kamu lakukan supaya laptop yang kamu miliki bisa berumur panjang dan bisa selalu menunjang kegiatan belajar atau kerja.

Referensi: Selular ID | Glints | Acer ID