Gagal SNMPTN? Berikut Tips Belajar untuk Persiapan UTBK
Kegagalan dan kesuksesan | Foto: Pixabay

#FutureSkillsGNFI

Gagal SNMPTN bukanlah akhir dari perjuangan Goodmates dalam meraih impian untuk kuliah di PTN favorit. Kalian tetap dapat masuk ke PTN favorit melalui jalur SBMPTN.

Ketika kalian mengambil jalur tersebut, akan wajib untuk mengikuti UTBK. UTBK adalah tes masuk perguruan tinggi dari LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi). Nilai UTBK inilah yang akan menjadi pertimbangan kelulusan kalian dalam SBMPTN.

Sebelum mengikuti UTBK, ada beberapa tips bagi Goodmates yang dapat mulai kamu terapkan dan gunakan saat belajar untuk persiapan UTBK.

1. Kenali Gaya Belajar

Gaya Belajar I Klimkin/Pixabay
Ilustrasi belajar | Foto: Klimkin/Pixabay

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengenali diri sendiri terlebih dahulu. Bagaimana gaya belajar yang cocok untuk karena setiap orang memiliki gaya belajarnya masing-masing. Hal ini akan membantu kamu untuk memahami materi belajar dengan lebih efektif.

Secara umum gaya belajar terbagi menjadi tiga macam. Pertama ada gaya belajar visual. Gaya belajar ini berfokus pada penglihatan. Saat kamu mempelajari hal baru, perlu melihat sesuatu secara visual sehingga dapat mengerti dan memahami lebih mudah.

Kedua, gaya belajar auditori. Pada orang-orang yang memiliki tipe belajar auditori akan menggunakan kemampuan pendengarannya untuk menyerap informasi dan pengetahuan.

Terakhir ada gaya belajar kinestetik. Bagi kamu yang suka dengan praktik, kemungkinan akan cocok dengan tipe gaya belajar yang satu ini.

Baca juga: Mengintip 4 Fasilitas Fisipol UGM

2. Jaga Kesehatan dengan Olahraga

Ilustrasi olahraga lari | Foto: Kinkate/Pixabay

Kenapa kita harus berolahraga sebelum ujian? Bagi Goodmates mungkin tidak ada hubungannya antara olahraga dan ujian. Akan tetapi, sebenarnya olahraga memiliki banyak manfaat terhadap otak.

Setelah kita berolahraga, tubuh akan melepaskan hormon kebahagian, seperti dopamin, serotonin, dan norepinephrine. Hormon-hormon tersebut memiliki peran untuk membuat diri kita menjadi bahagia.

Jika kita bahagia, pikiran menjadi fresh dan semangat belajar akan naik. Oleh karena itu, jangan lupa untuk berolahraga setiap minggu, ya, GoodMates.

3. Buat Jadwal Belajar Pagi Hari

Ilustrasi waktu pagi | Foto: Kostkarubika005/Pixabay

Ketika bangun tidur, tubuh seperti restart kembali. Saat masih segar di pagi hari, kamu bisa mulai untuk belajar. Manfaatkan waktu tersebut untuk mempelajari materi-materi yang akan berguna pada UTBK nantinya.

Suasana yang kondusif akan semakin menambah efektifitas belajar kamu. Apalagi jika rumah kamu berada di pedesaan yang sejuk dan banyak suara burung saat pagi hari. Jangan lupa untuk sarapan terlebih dahulu agar stamina kalian dalam keadaan paling ideal untuk belajar.

Baca juga: Menambah Jaringan Pertemanan Lewat Kampus Merdeka

4. Lakukan Ibadah

Ilustrasi ibadah | Foto: Chidioc/Pixabay

Mungkin terdengar klasik, tetapi sebagai manusia kita harus selalu berserah dan memohon ampun pada Tuhan. Tidak ada cara 100 persen sukses tanpa ada campur tangan Tuhan di dalamnya.

Lakukan ibadah sesuai tuntunan agama masing-masing setiap hari. Lebih baik, Goodmates juga memberikan sedekah kepada sesama agar hati semakin lapang dan membuat kalian lebih tenang ketika belajar.

Kamu bebas memohon apapun kepada Tuhan. Salah satunya memohon agar mendapatkan nilai UTBK yang tinggi dan lolos SBMPTN. Maka, jangan lupa untuk selalu berdo'a, ya, Goodmates.

Baca juga: Cek 5 Akun Instagram untuk Tingkatkan Skills

5. Hindari Sistem Kebut Semalam

Ilustrasi planning time | Foto: Geralt/Pixabay

Salah satu permasalahan paling umum bagi pejuang SBMPTN ialah belajar saat mendekati waktu UTBK. Tentu, hal tersebut merupakan perbuatan yang buruk sekali.

Ketika kamu belajar dengan waktu yang mepet, kamu akan stres dan akhirnya tidak dapat fokus untuk belajar secara maksimal. Badan kamu menjadi capek dan tidak punya waktu untuk istirahat.

Jangan lakukan belajar dengan sistem ini jika tidak mau gagal di SBMPTN. Siapkan jadwal belajar jauh-jauh hari sebelum waktu UTBK. Gunakanlah waktu luang untuk belajar sebaik mungkin.

Buat rencana mata pelajaran apa saja yang akan kamu pelajari selama masa persiapan UTBK. Cobalah untuk meletakkan pelajaran tersulit di awal waktu sehingga kamu punya banyak energi untuk memahami materi yang sulit tadi.

Demikian tips belajar UTBK selama proses persiapan untuk lolos SBMPTN. Semoga tulisan ini dapat membantu Goodmates semua dalam meraih cita-citanya untuk masuk PTN favorit.

Referensi: Ruangguru | Kompas