Tips Bijak Lakukan Self Reward Tanpa Membahayakan Keuangan
Self reward | Foto: Ekaterina Shevchenko/Unsplash.com

Sesudah bekerja keras menyelesaikan tugas ataupun pekerjaan, penting bagi kamu untuk memberikan penghargaan (reward) untuk diri sendiri. Istilah kerennya, kegiatan ini disebut dengan self reward.

Self reward dapat membuat kamu semakin termotivasi lagi ke depannya. Selanjutnya, pemberian hadiah ini juga bisa mengembalikan semangat dan mood yang sudah terkuras sebelumnya. Dengan begitu, kesehatan mental pun lebih terjaga.

Walaupun begitu, penting untuk diperhatikan bahwa kamu mesti mengetahui batasan sewaktu melakukan self reward. Dengan kata lain, jangan sampai kamu terlalu boros dalam memberikan penghargaan kepada diri sendiri.

Maka dari itu, berikut Goodside rangkum 4 tips bijak yang bisa kamu terapkan apabila ingin melakukan self reward tanpa perlu membahayakan isi dompet.

1. Sediakan porsi budget khusus untuk self reward

Ilustrasi menyiapkan budget khusus | Foto: Maitree Rimthong/Pexels.com

Cara paling efektif untuk melakukan self reward tanpa harus membahayakan isi dompet adalah dengan menyediakan budget khusus. Dengan kata lain, kamu menyisihkan sekian persen pendapatanmu untuk dimanfaatkan dalam self reward (jika diperlukan).

Sebagai gambaran, umumnya persentase pembagian porsi pengeluaran yang ideal adalah 50 persen untuk kebutuhan pokok, 30 persen untuk hiburan, serta 20 persen sisanya untuk tabungan dan dana darurat.

Namun, budget 30 persen itu lantas jangan serta-merta kamu habiskan, ya. Cukup gunakan seperlunya saja untuk self reward dan selebihnya bisa kamu tambahkan untuk tabungan. 

Di samping itu, kamu juga dapat mencoba untuk menggunakan akun bank maupun dompet digital terpisah yang dikhususkan untuk self reward agar budget kebutuhan sehari-hari tidak tercampur dengan lainnya.

2. Alihkan jadi kegiatan positif yang tidak memerlukan biaya

Ilustrasi kegiatan positif yang gratis | Foto: Blaz Photo/Unsplash.com

Self reward tidak melulu harus memanjakan diri dengan barang baru, lo. Ketimbang membeli suatu barang, kamu bisa mengganti bentuk self reward-mu menjadi kegiatan positif untuk me time. Tidak hanya gratis, meluangkan waktu buat diri sendiri juga baik untuk mengembalikan semangat dan mood yang terkuras sehabis bekerja.

Coba kamu ingat-ingat lagi. Sudah berapa lama hobi yang pernah kamu gemari tidak disentuh dan ditinggalkan begitu saja? Nah, inilah waktu yang tepat untuk menghidupkannya kembali.

Selama me time, kamu bebas menjalankan kegiatan apapun yang kamu senangi. Setiap orang mengisi me time dengan hobi atau kegemarannya masing-masing, seperti membaca buku, streaming film, mendengarkan musik, hingga tidur siang.

Dalam hal ini, melakukan beragam kegiatan yang disenangi tentu akan membuat mood dan semangat terisi. Dengan begitu, kamu pun bisa bekerja lebih optimal lagi setelahnya karena suasana hati yang kembali ceria. 

3. Beli barang sesuai kebutuhan

Ilustrasi barang yang diperlukan | Foto: Media Modifier/Unsplash.com

Biasanya, seseorang akan cenderung mengikuti kemauannya daripada kebutuhan sewaktu ingin memberikan imbalan kepada diri sendiri sebagai bentuk self reward. Hal seperti ini tentu tidak boleh dibiarkan terus menerus karena bisa membuat boros.

Sebenarnya, melakukan self reward dengan berbelanja itu tidak masalah, kok. Namun, alangkah baiknya kamu tetap bijak dengan lebih mengutamakan barang-barang yang memang diperlukan. Jangan sampai pula kamu membeli suatu barang yang ujung-ujungnya malah tidak terpakai.

Ambil contoh, kamu bisa membeli satu atau dua potong pakaian untuk menggantikan pakaianmu yang sudah tidak layak pakai (rusak, bolong, warna sudah pudar, dan sebagainya).

Di sisi lain, tidak ada salahnya juga membeli barang yang sudah diidam-idamkan sejak dulu. Anggap saja barang tersebut menjadi hadiah atas kerja keras dan pencapaian kamu selama ini. Yang penting, kamu tidak sebentar-sebentar merogoh kocek untuk berbelanja barang tertentu dengan dalih self reward.

4. Manfaatkan promo dan diskon

Ilustrasi diskon | Foto: Artem Beliakin/Unsplash.com

Promo dan diskon merupakan dua hal yang tidak bisa terlepas dari kegiatan berbelanja, terlebih belanja online. Hampir semua platform e-commerce sering mengadakannya secara besar-besaran pada waktu atau event tertentu, misalnya saat tahun baru, lebaran, atau natal.

Kamu dapat memanfaatkan momen tersebut untuk membeli barang incaranmu selama ini. Adanya promo atau diskon tentu membawa keuntungan seperti adanya potongan harga atau cashback yang lumayan. Dengan begitu, kegiatan berbelanja untuk self reward pun akan jauh lebih hemat.

Untuk mengetahui promo maupun diskon yang ada, kamu mesti rajin untuk memantau langsung lewat aplikasi atau akun media sosial resmi e-commerce tersebut.

Itulah 4 tips bijak dalam melakukan self reward tanpa harus membahayakan keuangan. Kesimpulannya, mengapresiasi diri sendiri itu boleh-boleh saja, asalkan dilakukan secara hemat ya, Goodmates.

Referensi: IDNTimes | CNN Indonesia