Tips Khatamkan Al-Qur'an Saat Bulan Ramadan
Ilustrasi membaca Al-Quran | Foto: Faseeh Fawaz/Unsplash

Ramadan adalah bulan yang paling istimewa dan mulia bagi umat Muslim. Momen ini menjadi masa saat semua orang ‘berlomba-lomba’ untuk menggapai pahala dan berkah. Salah satunya dengan mengkhatamkan Al-Qur'an.

Mungkin banyak dari kamu yang belum dapat mengatur waktu untuk membaca Al-Qur'an sehingga rasanya cukup sulit untuk bisa mencapai khatam. Namun, tenang saja, Goodmates. GoodSide sudah merangkum tips ampuh buat kamu yang ingin khatam Al-Qur'an selama bulan Ramadan ini.

1. Tanamkan Niat

Ilustrasi menanamkan niat | Foto: Japeet Mast/Unsplash

Niat adalah hal yang paling mendasar sebelum melakukan segala sesuatu. Membangun niat merupakan cara efektif untuk memantik dan memacu motivasi dirimu dalam mengkhatamkan Al-Qur'an.

Kamu dapat menanamkan niat pada amalan ini dengan tulus serta ikhlas sepenuh hati, agar sukacita sekaligus kemuliaan Ramadan selalu datang menyertai. Yakinkan diri bahwa kamu mampu khatam membaca Al-Qur'an selama bulan suci Ramadan.

2. Rencanakan Rutinitas Membaca Al-Qur'an

Ilustrasi membuat rencana | Foto: Daria Nepriakhina/Unsplash

Sebelum memulai, alangkah baiknya kamu merencanakan rutinitas dalam membaca Al-Qur'an. Susunlah rencana yang realistis untuk menyelesaikan bacaan selama satu bulan.

Rencana tersebut bisa mencakup target bacaan per hari seperti satu juz per hari maupun rentang waktu. Misalnya saja sesudah sahur atau satu jam sebelum berangkat kerja.

Baca juga: Mendengar Cerita Pelajar Muslim Indonesia Saat Puasa di Luar Negeri

3. One Day One Juz

Ilustrasi one day one juz | Foto: Rachid Oucharia/Unsplash

Goodmates, kamu pasti pernah mendengar istilah “One Day One Juz” bukan? Ungkapan tersebut mengartikan bahwa dalam satu hari, kamu mesti membaca satu juz Al-Qur'an agar bisa mencapai target untuk khatam.

Kitab suci Al-Qur'an kebanyakan mempunyai lebih kurang 600 halaman. Apabila membaginya dengan 30 hari, kamu harus membaca sebanyak 20 halaman per hari. Dua puluh halaman itu juga dapat terbagi dengan lima waktu salat sehingga kamu hanya perlu membaca Al-Qur'an minimal 4 halaman setiap selesai salat.

Alternatif waktu lainnya setelah berbuka puasa sambil menunggu salat tarawih, atau sehabis sahur sembari menunggu datangnya pagi. Dengan teknik semacam ini, tentu bukan suatu hal yang mustahil untuk memenuhi setidaknya satu juz setiap hari.

Baca juga: Lakukan 5 Rekomendasi Kegiatan Produktif Selama Bulan Ramadan

3. Manfaatkan Gadget

Ilustrasi aplikasi Alquran di handphone | Foto: MATAQ Darul Ulum/Unsplash

Hampir semua orang mempunyai smartphone yang mereka gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Gunakanlah teknologi tersebut secara baik, misalnya dengan mengunduh aplikasi Al-Qur'an di dalamnya. Sekarang juga sudah banyak aplikasi yang dapat kamu unduh secara gratis.

Daripada sibuk bermain media sosial, cobalah menggunakan waktu luang untuk membaca ayat Al-Qur'an. Kamu pun akan mampu mencapai target khatam Al-Qur'an selama bulan Ramadan apabila berhasil melakukannya secara rutin.

Di sisi lain, tidak ada salahnya pula membeli Al-Qur'an kecil yang dapat masuk ke dalam saku. Kamu bisa membacanya sewaktu berada dalam perjalanan, di mana saja dan kapan saja. Dengan begitu, tidak ada alasan lagi untuk tidak membaca Al-Qur'an pada situasi apapun.

Baca juga: Hindari Boros, Begini Cara Atur Keuangan Saat Bulan Puasa

4. Tadarus Bersama

Ilustrasi tadarus bersama | Foto:  Antaranews.com

Cara terakhir, kamu bisa mencari teman maupun saudara dengani target yang sama untuk mengkhatamkan Al-Qur'an di bulan Ramadan. Mereka tentu dapat menjadi partner tadarusan bersama untukmu.

Melibatkan bantuan orang lain dengan tujuan yang sama juga bisa mempercepat langkah dalam khatam Al-Qur'an, saat masing-masing dari kamu bisa saling mengingatkan.

Apabila kamu sungguh-sungguh ingin khatam Al-Qur'an selama bulan Ramadan, pastikan semangat tersebut tetap terjaga konsisten sampai akhir. Dengan begitu, tujuanmu bisa tercapai dan mendapat pahala berlipat ganda.

Referensi: Bola | Liputan 6