Uang Pas-Pasan? Begini Cara Liburan dengan Bujet Minim
Illustrasi liburan bujet minim | Foto: Unsplash

Goodmates pasti ingin pergi liburan dengan bujet minim. Pergi berkunjung ke objek-objek wisata, atau hanya sekadar jalan-jalan mengisi waktu libur adalah kegiatan yang mengesankan. Sayangnya, tak jarang pergi liburan justru menghabiskan banyak uang.

Menjelang liburan, pasti banyak orang sudah mulai untuk merencanakan pergi liburan bersama orang-orang terdekat. Sebelum pergi berlibur, butuh sebuah perencanaan yang matang tentang akan pergi ke mana, berapa lama, hingga berapa biayanya.

Terlebih, bagi generasi millenial hingga generasi Z, travelling seakan-akan menjadi kebutuhan yang tidak boleh mereka lewatkan. Akan tetapi, biasanya mereka hanya pergi liburan dalam waktu yang sebentar, seperti staycation.

Pergi liburan memang memerlukan anggaran dana yang tidak sedikit sehingga memaksa para pelancong untuk memangkas waktu liburan. Jika kamu ingin pergi liburan dengan bujet minim, ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan.

1. Menetapkan Destinasi Liburan Sesuai Bujet

Illustrasi menetapkan destinasi liburan | Foto: Unsplash

Sebelum kamu pergi berlibur, pastikan kamu sudah menetapkan destinasi wisata sesuai dengan bujet. Jika kamu ingin pergi berlibur dengan bujet minim, jangan memaksa pergi berlibur ke tempat mahal seperti luar negeri.

Baca juga: Wajib Kamu Kunjungi, Intip Pesona Tempat Wisata Dekat Sirkuit Mandalika

Kamu bisa pergi berlibur ke daerah wisata lokal yang tak kalah indah dan menarik. Ada banyak destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi, entah itu pantai, gunung, wisata budaya, hingga wisata kuliner. Semua tergantung dengan bagaimana kamu menyiasati bujet untuk pergi berlibur

2. Menyusun Anggaran Liburan

Illustrasi menyusun anggaran liburan | Foto: Unsplash

Kamu juga perlu menyusun anggaran sebelum pergi berlibur. Banyak orang yang abai akan hal ini sehingga tiba-tiba kekurangan budget selama berlibur. Kamu harus menghitung seluruh kebutuhan mulai dari berangkat hingga pulang.

Membuat anggaran liburan juga membantu kamu untuk memberikan batasan dalam mengeluarkan uang selama liburan. Akan ada banyak cobaan selama pergi berlibur, seperti ingin membeli oleh-oleh hingga souvenir yang sebenarnya tidak perlu kamu beli.

3. Mengecek Promo Liburan

Illustrasi mengecek promo liburan | Foto: Unsplash

Kamu juga bisa mengecek promo-promo liburan. Pasalnya, ada banyak agen-agen travel yang biasanya memberikan promo liburan dan cocok buat kamu yang ingin menekan biaya liburan. Jadi, jangan pernah malas untuk terus mengecek promo dari berbagai agen travel.

Kamu bisa melakukan pengecekan pada situs-situs perjalanan di internet. Dengan menggunakan promo agen travel, kamu bisa menekan biaya liburan dan mengalihkan biaya tersebut untuk kebutuhan lainnya.

Baca juga: Estetik dan Menarik, Berikut Rekomendasi Museum Seni di Yogyakarta

4. Memilih Transportasi dan Penginapan Murah

Illustrasi transportasi liburan | Foto: Unsplash

Salah satu yang harus kamu perhatikan adalah transportasi dan penginapan. Pasalnya, dua hal ini biasanya akan menghabiskan biaya yang cukup banyak. Hindari menggunakan transportasi mahal seperti pesawat saat pergi berlibur.

Jika bisa kamu jangkau dengan menggunakan kendaraan umum seperti kereta, kamu bisa memilih itu. Apalagi berlibur dengan naik kereta juga tidak kalah asyik.

Kamu juga bisa menggunakan kendaraan pribadi jika lokasi wisata tidak terlalu jauh. Hanya perlu biaya bensin, tentu bujetnya jauh lebih sedikit daripada beberapa transportasi lain. Begitu pula dengan memilih penginapan.

Jangan terlalu memaksakan diri untuk memilih hotel atau villa yang mahal. Pilihlah penginapan yang sesuai dengan budget kamu. Asal layak untuk beristirahat, itu sudah cukup untuk kamu yang ingin liburan dengan budget minim.

5. Hindari Liburan di Akhir Pekan

Illustrasi menghindari liburan di akhir pekan | Foto: Unsplash

Tips terakhir ini adalah opsional, mengingat tidak semua orang bisa berlibur di hari biasa. Bagi kamu yang sedang kuliah atau bekerja, jadwal harian tentu tidak fleksibel untuk bisa kamu manfaatkan pergi berlibur.

Baca juga: Hanya Ada Dua di Dunia, Intip Pesona Api Biru Kawah Ijen

Akan tetapi, jika kamu mendapatkan kesempatan pergi liburan di hari biasa, segeralah manfaatkan untuk refreshing. Pasalnya, saat akhir pekan atau liburan, banyak orang akan pergi berlibur, sehingga berdampak pada naiknya harga masuk objek wisata.

Nah, itu beberapa tips yang bisa kamu aplikasikan untuk pergi liburan dengan bujet minim. Hal yang perlu kamu ingat adalah mengolah biaya sebaik mungkin untuk beberapa kebutuhan, termasuk pergi berlibur. Jangan sampai kamu menghabiskan uang tabungan hanya untuk pergi berlibur saja.

Referensi: Suara | Bukalapak