Tips Mudah Memilih Kacamata Sesuai Bentuk Wajah
Illustrasi tips memilih kacamata | Foto: Unsplash

Memilih kacamata adalah permasalahan bagi sebagian orang. Bagi mereka yang menggunakan kacamata, memiliki bentuk frame kacamata yang pas tentu akan memberikan nilai estetika serta menambah kepercayaan diri.

Begitu juga sebaliknya, jika bentuk frame tidak pas, wajah akan terasa aneh dan menurunkan rasa percaya diri. Oleh karena itu, memiliki frame kacamata yang pas akan memengaruhi penampilan seseorang.

Menggunakan kacamata tidak hanya sebatas untuk mengatasi masalah penglihatan, tetapi juga banyak orang menggunakan kacamata sebagai aksesoris penampilan. Maka, salah memilih kacamata akan mengganggu penampilan.

Sayangnya, banyak orang tidak mengetahui bagaimana memilih bentuk frame kacamata yang cocok. Ternyata, bentuk wajah memengaruhi bentuk kacamata yang pas. Mau tahu penjelasannya? Berikut penjelasan memiliki kacamata yang cocok untuk kamu.

1. Kacamata Wajah Bulat

Illustrasi memilih kacamata wajah bulat | Foto: Unsplash

Wajah yang bulat memiliki ukuran lebar dahi dan dagu hampir sama dengan pipi. Jika kamu memiliki bentuk wajah ini, hindar kacamata yang memiliki bentuk bulat karena akan membuat wajah kamu tampak semakin bulat.

Baca juga: Canggih! Ada Kacamata Pintar Mampu Ambil Foto dan Dengarkan Lagu

Kamu bisa memilih kacamata dengan frame kotak dan tegas. Kacamata ini akan membuat wajah kamu tampak lebih panjang dan ramping. Kamu bisa menggunakan model frame kotak klasik atau frame dengan material tipis.

2. Kacamata Wajah Persegi

Illustrasi memilih kacamata wajah persegi | Foto: Pexels

Wajah persegi memiliki ukuran lebar dahi dan lebar rahang yang sama sehingga membuat wajah tampak memiliki garis persegi yang tegas. Jika kamu memiliki bentuk wajah seperti ini, pilihlah frame kacamata yang bisa melembutkan garis wajah.

Hindari menggunakan bentuk kacamata yang memiliki sudut tajam karena akan mempertegas bentuk persegi wajah kamu. Pilihlah bentuk kacamata yang bulat, oval, atau cat eye. Ini akan membantu menyeimbangkan garis wajah kamu.

Kamu juga bisa menambahkan motif atau pattern pada frame kacamata, seperti tortoiseshell atau leopard. Motif itu bagus untuk wajah persegi guna memberikan kesan profesional dan tetap trendy.

Baca juga: Hentikan Kebiasaan Ini Supaya Wajah Tidak Semakin Berminyak

3. Kacamata Wajah Oval

Illustrasi memilih kacamata wajah oval | Foto: Unsplash

Bentuk wajah ini memiliki ukuran panjang dan bawah dengan lebar wajah yang simetris. Bagi kamu yang memiliki bentuk wajah ini, kamu bisa memilih semua bentuk frame kacamata, baik kotak, bulat, maupun bersudut.

Hal ini karena wajah oval sangat fleksibel untuk menggunakan bentuk frame kacamata apapun. Namun, hal yang perlu kamu perhatikan adalah pilih frame yang tidak melebihi atau kurang dari lebar terluar pipi.

4. Kacamata Wajah Bentuk Hati

Illustrasi memilih kacamata wajah hati | Foto: Unsplash

Wajah bentuk hati memiliki ukuran dahi yang lebih lebar dari ukuran dagu. Jadi, wajah kamu akan tampak meruncing ke bawah atau tampak seperti siluet hati.

Jika kamu memiliki bentuk wajah ini, kamu bisa menggunakan model frame yang memiliki detail di bagian atas tetapi menghilang di bagian bawah. Hal ini akan membuat proporsi wajah kamu tampak lebih seimbang.

Baca juga: Deepfake, Teknologi yang Bisa Manipulasi Wajah Seseorang

Pilihan lain yang bisa kamu pakai adalah a half frame glasses atau two tones, dengan rona pastel pada bagian bawah frame.

5. Kacamata Wajah Bentuk Diamond

Illustrasi memilih kacamata wajah diamond | Foto: Unsplash

Untuk wajah bentuk diamond memiliki bentuk tulang pipi yang lebar, tetapi ukuran dahi dan dagu yang sempit. Maka, wajah akan tampak seperti siluet diamond.

Untuk wajah ini, kamu bisa memilih model yang mampu mengalihkan setiap pandangan pada area mata, alis, dan dahi. Kamu bisa memilih frame kacamata berbentuk cat eye dengan ujung yang runcing.

Hal ini akan membantu dahi tampak lebih lebar. Pastikan bagian bawah frame kacamata tipis, agar tidak menambah kesan pipi lebih lebar. Kamu juga perlu memperhatikan tingkat keruncingan pada frame kacamata.

Itulah beberapa tips memilih kacamata sesuai dengan bentuk wajah kamu. Sebelum kamu memilih frame kacamata, pastikan bahwa kamu sudah mengetahui bentuk wajah sehingga bisa memilih bentuk frame yang lebih pas.

Referensi: CNN Indonesia | Suara