Tips Memilih Warna Foundation yang Sesuai untuk Warna Kulit
Ilustrasi Makeup | Foto: Freepik.com

Saat ini, banyak sekali tips kecantikan bertebaran, termasuk tips berdandan bagi para pengguna make up. Dalam berdandan pun ada banyak jenis produk kecantikan untuk melengkapi tampilan, salah satunya adalah foundation atau biasa disebut alas bedak.

Alas bedak merupaka produk dasar dalam riasan yang berfungsi menyamarkan atau menutupi ketidaksamaan warna kulit yang kurang sempurna. Selain itu, alas bedak bisa kita gunakan sebagai produk untuk menutupi bekas jerawat pada bagian wajah atau bagian kulit lainnya yang sekiranya ingin kita samarkan karena kurang halus.

Tidak hanya tersedia dalam satu warna, alas bedak memiliki banyak tone warna yang sesuai pemilik warna kulit yang beragam. Ada pilihan warna, mulai dari warna terang sampai gelap, sehingga semua orang dengan warna kulit berbeda bisa memakai foundation yang cocok dengan warna kulit mereka.

Meski begitu, tidak sedikit pemula yang mencoba menggunakan make up merasa bingung akan pilihan warna foundation yang cocok untuk mereka. Namun tidak perlu risau, ada cara mudah untuk bisa mengetahui tingkat warna yang sesuai dengan kulit, lho.

Nah, jika Goodmates pernah bimbang dan mengalami masalah memilih foundation, kalian datang pada situs yang tepat! Berikut beberapa tips menentukan warna alas bedak yang cocok dengan warna kulit, dikutip dari beberapa situs kecantikan.

Ilustrasi | Foto: Freepik.com

Mengetahui Warna Kulit

Langkah dasar yang perlu diketahui sebelum menentukan warna foundation yang cocok adalah mengetahui warna lapisan bawah kulit (undertone) terlebih dahulu. Undertone terbagi dalam 3 (tiga) kategori, yaitu kekuningan (warm), kemerahan (cool), dan netral. 

Goodmates bisa menentukannya dengan melihat warna pembuluh darah, cukup mengangkat pergelangan tangan ke cahaya yang terang, seperti matahari atau bawah lampu. Jika terlihat berwarna ungu atau kebiruan, maka undertone kulitmu cool. Sedangkan jika berwarna hijau, undertone kulitmu adalah warm. Namun, jika pembuluh darahmu biru kehijauan, berarti kamu memiliki undertone netral.

Sesuaikan Warna Foundation dengan Warna undertone

Jika kamu sudah yakin dengan warna undertone kulitmu, langkah selanjutnya adalah memilih warna foundation yang sesuai dengan undertone kulitmu. Jangan memilih warna foundation yang lebih terang atau gelap, sebab hasilnya nanti tidak akan terlihat sinkron dengan kulitmu. Maka dari itu, sangat disarankan untuk memilih dengan teliti yang sekiranya tepat dengan warna undertone.

Pilih Warna yang Mendekati Warna Kulit

Setelah mempelajari tentang warna dari lapisan bawah kulit, berikutnya memilih warna alas bedak yang cocok dengan warna kulit aslimu. Kamu bisa mengunjungi toko kecantikan terdekat, lalu lakukan pencobaan pada warna foundation yang memiliki warna yang mendekati kulitmu. Aturan dasarnya, warna foundation harus menyatu di kulit wajah dan leher.

Caranya, mengambil sedikit dari foundation tester dan mengoleskannya pada garis rahang. Hal ini karena warna kulit dari garis rahang dianggap memiliki warna yang mendekati warna asli dari kulit. Oleh karena itu, cara ini akan membantu memberikan gambaran warna foundation saat terlihat pada wajah.

Nah Goodmates, kalian bisa banget melakukan tips singkat di atas agar tidak salah membeli warna foundation sehingga tampilan make up yang kalian gunakan pun terlihat lebih menawan, no more

 

Referensi: Pop Mama | Beauty Haul