4 Tips Menulis Kreatif dan Inovatif
Menulis Kreatif | Foto: Pexels.com

#FutureSkillsGNFI

Tips Menulis Kreatif dan Inovatif | Sumber : Pexels.com

Menulis adalah salah satu cara paling bijak untuk membangun sebuah peradaban.

Kita semua tahu bahwa cara paling sederhana untuk mengungkapkan sesuatu selain menggunakan lisan adalah dengan menuliskannya. Namun, ternyata untuk menulis sesuatu kita juga butuh yang namanya kreativitas.

Tahukah kalian, penulisan kreatif dan inovatif ini sangat cocok digunakan pada penulisan karya fiksi. Kenapa bisa begitu? Karena proses menulis kreatif dan inovatif itu memang bertujuan untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, serta emosi penulis dengan cara yang paling unik dan imajinatif. Sehingga lahirlah karya-karya fiksi seperti novel, cerpen, puisi dan sebagainya.

Lalu bagaimana cara menulis kreatif dan inovatif? Sebelum itu, sadarkah kalian? Siapapun dari kita, ketika ingin mulai menulis, kita tidak akan lepas dari sebuah proses yang namanya mencari ide. Ini adalah langkah awal untuk bisa melanjutkan tulisan kalian dari yang awalnya hanya sebuah premis, hingga dapat berkembang lalu akhirnya tamat.

Namun sebelum sampai kesitu, ternyata ada beberapa hal yang tidak kalah penting untuk kalian perhatikan, apa saja itu?

  • Menumbuhkan Semangat Menulis

Sebelum mulai menulis, tanyakan terlebih dahulu pada diri kalian, apa sebenarnya alasan kalian menulis? Karena inilah yang biasanya menentukan, apakah tulisan kalian akan selesai atau berhenti di tengah perjalanan. Biasanya hal ini divalidasi melalui manfaat apa yang kalian peroleh lewat menulis. Entah itu untuk meningkatkan wawasan kalian, meningkatkan status sosial kalian di masyarakat, menyampaikan gagasan dan suara hati, meninggalkan kenangan abadi dan sebagainya.

  • Prinsip Menulis

Menulislah secara alami dan biarkan semua perjalanan serta pengalaman yang kalian punya mengalir dan tertuang dalam tulisan kalian. Ketika apapun yang kalian tulis itu benar-benar alami dan berdasarkan pengalaman kalian, tentu tulisan kalian akan menjadi sebuah karya yang orisinal.

  • Metode Menulis

Kita harus paham bahwa dalam menulis sesuatu, kita perlu yang namanya pedoman atau kerangka kerja. Maka dari itu penting untuk paham metode menulis seperti apa yang paling membuat kalian nyaman. Mulai dari mempersiapkan materi, drafting atau menuliskan materi, revisi atau memperbaiki tulisan kalian, mengedit atau menyempurnakan tulisan kalian, hingga publishing atau menyampaikan tulisan kalian.

  • Kunci Sukses Menulis Kreatif dan Inovatif

Kalian harus memulai dengan langkah awal yang menyenangkan, misalnya mulai menulis sesuatu dengan bahasan yang memang kalian sukai atau kuasai, latihlah sedikit demi sedikit sampai kalian terbiasa dalam menuliskannya. Kemudian perlahan tingkatkan frekuensi kita dalam menulis, lalu biasakanlah mengolah informasi baik lewat membaca buku atau browsing di internet. Beranikan diri untuk mem-publish tulisan kalian di platform atau media manapun, jangan takut dengan kritik dan saran. Kita harus membiasakan diri untuk menerimanya, menyaringnya dan memahami mana kritik yang mungkin dapat membangun kita menjadi penulis yang lebih baik lagi ke depannya.

Tidak semua usaha akan membuahkan hasil dengan cepat. Tidak seluruh upaya penulisan kreatif akan benar-benar berhasil. 

Tapi, jangan langsung kecewa jika usaha pertama tak sebaik yang kalian harapkan.

Belajar, dan teruslah belajar. Kalian bisa membaca buku ataupun tutorial di Youtube untuk belajar menulis. Tingkatkan pula “candu” menulis dengan pergi ke toko buku, maupun mengirim tulisan kalian ke media.

Jangan berhenti menulis dan menyerah, teruslah menulis sekalipun hanya tulisan sederhana seperti sebuah quote di Twitter kalian. Jangan terlalu banyak menimbang-nimbang. Tulislah apa saja yang ada di pikiran kalian tanpa harus khawatir akan hasilnya. Yang terpenting mulai saja dulu!

Eka Bagus Panuntun
Content Creator

Passionate about environmental, creators economy, productivity & digital marketing.