5 Tips Merawat Kamera Agar Awet dalam Jangka Waktu Lama
Gambar kamera | instagram.com/jaystoneuk

#FutureskillsGNFI

Kamera menjadi alat yang bisa kita gunakan dalam mengabadikan momen-momen indah dalam hidup. Di era modern sekarang ini sudah banyak jenis kamera dengan fitur yang canggih dan memiliki beragam keunggulan. Mulai dari kamera jenis DSLR hingga kamera Mirroless.

Semakin canggih suatu kamera, akan semakin mahal nilai jualnya. Hal ini menimbulkan kekhawatiran akan kemungkinan-kemungkinan yang dapat merusak kamera. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan perawatan kamera sesering mungkin dan teliti.

Jangan sampai kamera kesayangan kamu rusak dan harus mengeluarkan dana yang lebih banyak lagi untukmembeli kamera baru. Sebagian dari kamu pasti masih bingung terkait cara merawat kamera agar awet dalam jangka waktu yang lama. Yuk, simak tips dalam merawat kamera berikut!

1. Menggunakan Tas Khusus Kamera

Gambar tas kamera | Foto: unsplash.com/matt_j

Tas kamera menjadi barang yang penting kamu miliki dalam merawat kamera. Bukan hanya memudahkan kamu membawa kamera saat bepergian ke mana pun, tetapi juga mengurangi risiko kontak lansung dengan sinar matahari dan debu.

Dalam memilih tas kamera harus selektif. Pastikan bahan material tas cocok dengan kondisi kamera kamu, memiliki proteksi yang kuat saat terjadi benturan, dan lebih baik lagi jika bahan material tas tahan air dan panas matahari.

Baca juga: Hal Penting Saat Simpan Kamera Supaya Tetap Aman

2. Membersihkan Lensa dan Body Kamera

Gambar lensa dan body kamera | Foto:  instagram.com/filmmaker_world

Lensa merupakan bagian sensitif pada kamera. Hal ini akan mempengaruhi kualitas gambar yang akan kamera hasilkan. Kamu perlu tahu bahwa lensa kamera harus bersih dari debu dan bercak kotoran.

Oleh karena itu, dalam perawatannya lebih baik menggunakan cairan khusus pembersih lensa serta gunakan kain mikro-fiber. Jika langsung membersihkan mengunakan kain mikro fiber langsung, akan berpotensi timbulnya goresan pada lensa.

Body kamera juga perlu kamu bersihkan setiap kali selesai pakai. Gunakan cairan khusus dan kuas kecil atau bisa juga menggunakan cotton bud, terutama pada bagian tombol setting kamera. Kemudian, bersihkan secara perlahan hingga bersih dan simpan dengan hati-hati.

3. Matikan Kamera Ketika Melepas Komponen Kamera

Gambar komponen kamera | Foto: unsplash.com/we_are_rising

Sebaiknya matikan kamera terlebih dahulu sebelum melepaskan komponen lainnya. Hal ini akan menghindarkan kamera mengalami kerusakan pada bagian sistem, seperti data korup atau memori yang tidak terbaca karena adanya tindakan pemutusan aliran listrik yang tiba-tiba.

Baterai kamera juga seharusnya lepas karena mengandung asam yang dapat berakibat pada tumbuhnya karat. Sebaiknya, rutin mengecek kondisi baterai dan simpan saja baterai di tempat dengan suhu ruangan.

Baca juga: Sedang Hits, Ini Tips Memilih Kamera Analog Bekas

4. Hindari Kontak Langsung dengan Air dan Sinar Matahari

Gambar refleksi lensa kamera | Foton: unsplash.com/christia

Kebanyakan kamera tidak terdesain waterproff atau tahan akan air. Oleh karena itu, kamu perlu berhati-hati dengan air. Jangan sampai ada residu air yang masuk dalam kamera.

Kemudian, sama halnya dengan sinar matahari yang dapat membuat komponen di dalam kamera cepat panas dan akhirnya mengering. Jika menggunakan kamera di bawah sinar matahari, pastikan menggunakan pelindung atau casing khusus kamera.

Baca juga: Kenali Deretan Komunitas Fotografi Berbasis Kamera Ponsel

5. Simpan pada Suhu Lembab

Gambar dry box kamera | Foto: instagram.com/borneodigital.id

Sensor lensa kamera jenis DSLR dan Mirroless sangat sensitif dengan kondisi suhu lembab, karena dapat menumbuhkan jamur. Oleh karena itu, simpanlah kamera di tempat dengan suhu sekitar 40--60 derajat celsius.

Sebaiknya menggunakan dry box untuk memastikan kamera tersimpan di tempat yang tepat. Akan tetapi, perhatikan petunjuk manual dari produk kamera kamu, agar tidak mengalami kesalahan. Maka, beberapa kamera harus tersimpan dengan kondisi suhu yang berbeda.

Refrensi: IDN Times | Blibli