Wajib Tahu! Berikut Panduan Aman Berpuasa Bagi Penderita GERD
Ilustrasi berbuka puasa | Foto: istockphoto/Tirto.id

Memasuki bulan suci ramadan, seluruh umat muslim di dunia akan melaksanakan ibadah puasa yang hanya terlaksana satu tahu sekali. Namun, adanya penyakit yang mengganggu pencernaan bisa membuat kita kurang nyaman saat menjalankan ibadah puasa. Paling umum, penyakit asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) cukup menganggu.

GERD merupakan penyakit asam lambung karena melemahnya katup yang berada di kerongkongan bagian bawah. Normalnya, katup akan terbuka untuk memungkinkan makanan serta minuman masuk menuju lambung kemudian tercerna.

Nantinya, setelah makanan dan minuman masuk ke dalam lambung, katup akan tertutup kencang guna mencegah isi lambung kembali naik ke kerongkongan. Namun, pada penderita GERD, katup ini melemah dan tidak dapat menutup kembali dengan baik.

Kondisi ini kemudian mengakibatkan isi lambung yang berisikan makanan dan minuman kembali naik ke kerongkongan. Dengan kondisi seperti itu, tentu saja penderita GERD akan merasa tidak nyaman saat melaksanakan puasa.

Untuk itu, berikut GoodSide rangkum beberapa tips yang bisa kamu lakukan apabila menderita GERD. Dengan begitu, puasa akan lebih aman dan lancar.

1. Makan Sahur

Ilustrasi sahur bersama keluarga | Foto: Pexels

Tidak perlu khawatir bagi Goodmates yang memiliki GERD, kamu tetap bisa menjalani ibadah puasa dengan aman dan nyaman, kok. Meski sahur merupakan sebuah tantangan tersendiri bagi sebagian orang, tetapi jangan pernah melewatkannya, ya, Goodmates. Mungkin sebagian dari Goodmates merasa kesulitan untuk bangun lebih awal dan melakukan sahur.

Baca juga: Sambut Ramadan, Intip 3 Komunitas Muslim di Negara Barat

Akan tetapi, apabila kamu menderita penyakit asam lambung ini, sahur bisa membantu mengatasinya selama menjalankan puasa. Makanan dan minuman yang kamu konsumsi saat sahur bisa berguna menjadi bekal selama puasa.

Asupan ketika sahur bisa menghindari perut kosong seharian. Selain itu, dalam agama Islam sahur juga menjadi sunnah Nabi Muhammad SAW karena mengandung keberkahan.

2. Jangan Menunda Waktu Buka

ilustrasi berbuka puasa dengan porsi kecil dan makan perlahan sebagai salah satu cara menghindari GERD | Foto: Shutterstock/Kompas.com
Berbuka puasa dengan porsi kecil dan makan perlahan sebagai salah satu cara menghindari GERD | Foto: Shutterstock/Kompas.com

Ketika sudah tiba waktunya untuk berbuka, langsung segera berbuka puasa dan jangan menunda-nunda. Bukan tanpa sebab, perut kamu butuh waktu untuk mencerna makanan yang masuk sehingga asam lambung bisa berguna untuk memecah makanan yang masuk.

Selanjutnya, biasanya kalau berbuka puasa siapa yang tak sabar langsung ingin menyantap semua hidangan di depan mata? Kalau kamu ingin mencegah asam lambung, kamu harus mengkonsumsi makanan dalam porsi kecil, tetapi dengan intensitas yang cukup.

Baca juga: Hindari Boros, Begini Cara Atur Keuangan Saat Bulan Puasa

Ingatlah bahwa perut membutuhkan waktu untuk mencerna makanan. Jangan sampai karena ingin mencicipi semua hidangan buka puasa, bukan malah merasakan nikmatnya berbuka puasa, kamu malah harus menghadapi asam lambung yang naik.

Begitu pula saat mengonsumsi makanan, pastikan kamu makan dengan perlahan dan jangan terburu-buru, ya. Makan terburu-buru tidak hanya bisa membuat kamu tersedak, tapi bisa juga membuat asam lambung naik. Kunyahlah makanan dengan benar dan secara perlahan.

3. Hindari Tidur Setelah Sahur

Ilustrasi tidur setelah sahur | Foto: Pexels

Nah, siapa yang kalau habis makan langsung terserang oleh rasa kantuk? Apalagi ketika waktu sahur, tak jarang setelah azan subuh berkumandang dan usai menunaikan ibadah, biasanya kebanyakan orang langsung kembali tidur.

Kalau ingin menghindari GERD, kamu harus mulai menghindari kebiasaan satu ini. Idealnya, kamu harus menunggu sekitar 3 jam setelah makan jika ingin kembali ke tempat tidur.

Hal ini berguna untuk mencegah asam lambung yang kembali naik. Ingatlah bahwa perut membutuhkan waktu untuk mencerna makanan yang masuk setelah sahur tadi.

Baca juga: Resep Makanan Tanpa Minyak, Bisa jadi Menu Sahur dan Buka Puasa

4. Hindari Makanan Pemicu GERD

Makanan junk food | Foto: Pexels

Terakhir, tentu saja kamu perlu menghindari berbagai makanan atau minuman yang bisa memicu asam lambung naik. Begitu pula kebiasaan-kebiasaan yang bisa menjadi pemicu asam lambung naik.

Misalnya dengan mengatur porsi makan dan mengurangi makanan dengan rasa pedas. Tak hanya itu, kamu juga harus mengurangi makanan berlemak tinggi seperti gorengan dan hindari minuman berkafein seperti kopi.

Itu dia beberapa tips untuk menjalankan ibadah puasa yang nyaman dan aman bagi kamu penderita GERD. Jika GERD sudah semakin parah, pastikan untuk konsultasikan ke dokter agar kesehatan kamu tetap terjaga.

Referensi: Hello Sehat | Alo Dokter | Liputan6 | CNN Indonesia