Simak Tips Traveling Anti Ribet Selama Bulan Ramadan
Ilustrasi traveling | Foto: Jeshoots/Unsplash

Bagi kamu yang sedang menjalankan ibadah puasa, traveling agaknya menjadi kegiatan yang lumayan sulit bahkan hampir mustahil untuk kita lakukan. Melakukan perjalanan ketika berpuasa mungkin akan lebih menguras tenaga dan melelahkan ketimbang hari-hari biasa.

Meski begitu, kamu masih bisa kok menjalani liburan menyenangkan di destinasi wisata impian. Puasa seharusnya bukan menjadi halangan bagi siapa saja yang hendak bepergian, asalkan dengan cara yang tepat.

Maka dari itu, sebelum memutuskan berangkat, sebaiknya simak dulu sejumlah tips traveling anti ribet ala GoodSide selama Ramadan berikut ini!

1. Pilih Destinasi Wisata yang Tepat

Ilustrasi destinasi wisata | Foto: Mike Swigunski/Unsplash

Hal utama sebelum bepergian adalah menentukan tempat yang akan kamu tuju. Mengingat kali ini traveling terlaksana di bulan puasa, penting untuk memilih destinasi terbaik tanpa mengganggu ibadah puasa yang sedang kamu jalankan.

Alternatif yang menarik adalah mengunjungi negara dengan populasi penduduk Muslim yang besar, seperti negara di Timur Tengah, Maroko, Turki, dan sebagainya. Akan menyenangkan sekali bukan jika bisa merasakan pengalaman Ramadan dalam keunikan budaya yang berbeda? 

Namun, tidak mesti membatasi diri pada negara-negara seperti itu, kok. Melalui perencanaan yang tepat, kamu bebas mengunjungi tempat mana saja yang kamu inginkan selama Ramadan.

Baca juga: Deretan Masjid Tertua di Indonesia, Wisata Religi Selama Ramadan

2. Siapkan Bujet

Ilustrasi budget | Foto: Towfiqu Bharbhui/Unsplash

Kamu wajib merencanakan dan menyiapkan anggaran dana supaya tidak boros dan menghabiskan biaya berlebihan selama traveling. Ingin biaya perjalanan menjadi lebih hemat? Perhatikan waktu booking dan hari keberangkatan.

Pastikan pula dengan siapa dan berapa jumlah anggota yang ikut traveling bersamamu. Apabila sudah tahu pasti kapan akan melaksanakan perjalanan, alangkah baiknya segera memesan tiket pesawat maupun hotel jauh-jauh hari.

Selain harga yang biasanya lebih murah, kamu juga berkesempatan merasakan berbagai promo yang menguntungkan.

3. Rencanakan Perjalanan Secara Matang

Ilustrasi rencana perjalanan | Foto: Neil Mewes/Unsplash

Perencanaan yang baik adalah salah satu kunci dari kegiatan traveling yang maksimal. Kamu wajib mempersiapkan segalanya dengan matang, mulai dari tanggal keberangkatan dan kepulangan, tiket, akomodasi, anggaran dana, sampai keperluan lainnya.

Tidak kalah penting, buatlah rencana perjalanan (itinerary) yang mencakup waktu dan destinasi yang akan kamu kunjungi. Lebih baik lagi kalau kamu juga mencantumkan perkiraan waktu kedatangan ke objek wisata tersebut sekaligus jam pulangnya. 

Adanya itinerary bertujuan agar kamu tidak membuang waktu mengunjungi tempat yang tidak perlu sehingga bisa sampai di restoran tepat sebelum berbuka puasa. Jika sedang melakukan traveling di luar negeri, jangan lupa untuk menyesuaikan jam sahur dan berbuka setempat, ya.

Baca juga: Icip Aneka Makanan Tradisional yang Hanya Hadir Saat Bulan Ramadan

4. Bawa Barang Secukupnya

Ilustrasi barang bawaan | Foto: Convertkit/Unsplash

Biasanya ada saja orang yang hobi membawa barang banyak, tetapi tidak begitu penting sewaktu traveling. Apabila kamu termasuk salah satunya, segeralah “bertobat” dan hilangkan kebiasaan semacam ini.

Tidak cuma merepotkan, membawa banyak barang sewaktu traveling sambil puasa tentu akan membuatmu cepat lelah. Bawaan yang terlalu banyak juga dapat menguras dompetmu kalau sampai kelebihan bagasi di pesawat.

Oleh sebab itu, bawalah barang yang sekiranya penting saja supaya perjalanan kamu akan terasa lebih nyaman karena tidak mesti memikul beban yang berat.

5. Sediakan Bekal Puasa Darurat

Ilustrasi bekal puasa | Foto: Caroline Attwood/Unsplash

Walaupun sedang menjalani puasa, bukan berarti kamu tidak perlu memikirkan makanan selama perjalanan. Hal seperti ini wajib kamu persiapkan dengan baik, khususnya saat melewati perjalanan panjang yang memakan waktu lebih dari satu hari.

Seperti pepatah “Sedia payung sebelum hujan”, kamu sebaiknya menyiapkan makanan dan minuman darurat jika sewaktu-waktu harus berbuka puasa di tengah perjalanan.

Di samping itu, ada kemungkinan juga rumah makan menjadi ramai atau bahkan kehabisan tempat untuk menampung pengunjung yang datang untuk berbuka puasa.

Sempatkanlah untuk selalu membawa bekal sebelum meninggalkan penginapan. Kalau tidak, kamu bisa membeli air mineral dan camilan beberapa jam sebelum waktu berbuka puasa tiba.

Baca juga: Bingung Ngabuburit? Coba Lakukan Earthing untuk Menaikkan Mood

6. Jangan Lewatkan Sahur

Ilustrasi menyantap sahur | Foto: Louis Hansel/Unsplash

Mau ke manapun tujuan perjalananmu, tentu perlu tenaga yang cukup. Cermatilah hal ini dengan baik mengingat kamu akan melakukan traveling sambil menjalankan puasa.

Selama di rumah, kamu mungkin saja sanggup berpuasa tanpa sahur. Namun sewaktu traveling, alangkah baiknya kamu menghindari hal ini. Sebab, tubuh pasti akan terasa lemas dan berpotensi mengganggu aktivitas yang sudah terencana sebelumnya.

Pastikan kamu menyantap menu sahur yang sehat dan bergizi dalam porsi yang sesuai. Dengan begitu, traveling selama Ramadan akan berjalan dengan lancar.

Referensi: Cermati  | Kompas | Superlive