5 Rekomendasi Toko Buku Impor Bekas di Instagram
Buku-buku impor | Foto: @literatereaders/Instagram

Membaca buku impor atau buku berbahasa Inggris saat ini sudah menjadi hobi dan gaya hidup bagi banyak orang. Selain itu, membaca buku juga bisa menambah kosakata. Tak sekadar hobi membaca, berburu buku bekas impor pun menjadi salah satu kesenangan tersendiri.

Hobi ini bernama book thrifting. Harga buku impor baru yang jauh lebih mahal dari buku terjemahan menjadi salah satu alasannya. Dulu, hobi thrifting biasanya dilakukan langsung di toko-toko loak atau toko buku bekas. Namun, saat ini Goodmates bisa melakukannya di rumah dengan berselancar di situs-situs yang menyediakan buku bekas, salah satunya di media sosial Instagram.

Sudah tahukah Goodmates akun mana saja yang menjual buku impor bekas dari buku-buku terkenal hingga buku-buku lama? Kalau belum, jangan khawatir! Di artikel ini GoodSide akan memberi rekomendasi toko buku impor bekas yang ada di Instagram.

1. Fatchickenbooks: Pionir Toko Buku Impor Bekas

Buku impor yang dijual di Fat Chicken Books | Foto: @fatchickenbooks/Instagram

Ian Eryanto pertama kali mendirikan toko buku online ini karena hobinya membaca yang tinggi. Lambat laun, ia menyadari bahwa harga buku impor di Indonesia justru semakin mahal. Tak jarang ia harus membeli buku dari luar negeri dengan waktu pengiriman yang lama

Selain itu, ia juga sempat bingung menghadapi koleksi bukunya yang makin menumpuk, hingga tercetuslah ide untuk menjualnya kembali melalui Fat Chicken Books. Selain untuk mengurangi koleksi bukunya dan mendapat uang, Ian juga berharap toko yang dirintisnya bisa membantu pecinta buku menemukan buku yang dicari dengan harga lebih murah.

Fat Chicken Books yang kini sudah memiliki lebih dari 32 ribu pengikut Instagram ini aktif menjual buku-buku fiksi maupun non-fiksi, seperti "David & Goliath" dan "The Alchemist". Tak hanya membeli, Goodmates juga bisa menjual koleksi buku impor di toko ini. Tenang, ongkos kirim penjualan akan ditanggung oleh pihak Fat Chicken Books, kok!

2. Literatereaders: Menjual Buku Berkualitas

Buku yang dijual di Literate Readers | Foto: @literatereaders/Instagram

Buka di e-commerce lain seperti Shopee dan Tokopedia, Literate Readers adalah toko buku impor yang sangat mengedepankan kualitas buku jualannya. Toko ini mengklaim bahwa mereka tidak akan menjual buku yang sudah rusak atau memiliki kondisi yang kurang bagus.

Selain menyediakan buku-buku impor, baik second maupun baru, Literate Readers menyediakan berbagai macam genre dan yang ditulis oleh penulis-penulis terkenal seperti John Green dan Colleen Hoover. Goodmates juga bisa meminta request buku tertentu dengan mengirim direct message (DM). Kamu bisa pula menjual koleksi buku impor ke toko ini dengan mengirimkan foto buku yang akan dijual terlebih dulu.

3. Buku Impor Murah Book Sail

Maret Hauls di Book Sail | Foto: @book.sail/Instagram

Berdiri sejak tahun 2018, Book Sail telah membantu banyak pembaca untuk mengadopsi buku-buku impor incaran dengan harga murah. Meski begitu, buku-buku di toko ini original dan masih tersegel juga, lo!

Melihat dari konten feednya, Book Sail cenderung banyak menjual buku fiksi seperti "City of Girls" hingga "The Sun is Also a Star". Namun, ada juga buku-buku non fiksi yang dijual. Bila Goodmates tidak menemukan buku yang tengah dicari, Goodmates bisa melakukan request melalui DM.

Pada bulan Maret ini, Book Sail mengadakan Maret Hauls dengan menjual beberapa buku keren dengan harga Rp99 ribu saja. Jangan lewatkan, ya!

4. Readingbenchbooks: Menjual Buku Koleksi Pribadi

Koleksi pribadi di The Reading Bench Books | Foto: @readingbenchbooks/Instagram

The Reading Bench Books dapat menjadi pilihan jika Goodmates tengah mencari buku impor keluaran lama. Pasalnya, toko ini memang cenderung menjual buku-buku lama dengan harga relatif murah, di bawah Rp100 ribu. Buku yang dijual merupakan koleksi pribadi.

Tak hanya menjual buku bekas berbahasa Inggris, toko ini juga menjual buku-buku bekas berbahasa Indonesia yang tak kalah menarik. Buku anak-anak juga ada di sini. Selain di Instagram, Goodmates juga bisa melakukan pemesanan melalui e-commerce Shopee dan Tokopedia.

5. Books.arimbi: Jual Buku Harga Miring

Salah satu buku di @books.arimbi | Foto: @books.arimbi/Instagram

Arimbi Books boleh jadi merupakan toko buku bekas yang menawarkan harga relatif rendah daripada toko yang lain. Berbasis di Yogyakarta, dalam seminggu selalu ada koleksi baru yang diunggah di laman Instagram mereka. Biasanya beberapa buku tertentu akan langsung terjual.

Hampir memiliki 3500 pengikut Instagram, Arimbi Books juga menjual buku berbahasa Indonesia. Goodmates juga bisa melihat koleksi cuci gudang mereka di akun @sale.books.arimbi.

Demikian 5 rekomendasi akun Instagram yang menjual buku impor bekas dari GoodSide. Sudah siap menjemput buku impor kesayangan?