Tren Skateboarding dan Manfaat di Baliknya
Skateboard © Unsplash/Chalongrat Chuvaree

Siapa yang tidak tahu benda berbentuk papan dengan empat roda di bawahnya? Alat yang bisa menjadi kendaraanmu ini rupanya tengah digemari untuk salah satu aktivitas berolahraga. Kamu dapat ‘berselancar’ dengan menjaga keseimbangan tubuh yang berdiri di atas papan yang didesain tidak licin.

Sering disebut sebagai skateboard, benda ini sudah beken sejak dulu. Dipopulerkan oleh anak-anak kuliah di film barat, yang menyusuri koridor kampus dengan alat ini. Siap-siap saja, kalau kamu bisa memainkan alat ini, kamu pasti akan dicap anak yang keren dan edgy!

Ternyata, kini skateboard tetap dan semakin digemari. Bukan untuk terlihat keren, tetapi untuk olahraga dan juga manfaat lain yang dapat didapatkan. Skateboarding dikenal sebagai aktivitas yang dapat membantumu untuk melepas stres dan depresi.

Menurut penelitian yang dilakukan Paul O’Connor dari University of Exeter mengenai skateboarding, mereka yang berusia dalam kurun 40 sampai 60 tahun dapat mengurangi gejala depresi dan masalah kesehatan mental lainnya.

Penelitian ini melibatkan pemain skateboard dari seluruh dunia. Mereka memang melakukan skateboarding untuk menjaga kesehatan fisik mereka, tetapi pada akhirnya mereka juga meningkatkan kesenangan diri ketika bermain skateboard.

Kamu dapat menemukan banyak komunitas yang memiliki hobi skateboarding saat ini. Tempat untuk kamu bisa berlatih dengan skateboard juga kian menjamur, mulai dari lahan terbuka atau taman kota yang menyediakan track untuk skateboard, sampai lapangan indoor khusus untuk skateboarding. Kamu dapat menemukan orang-orang di sana yang juga sedang mendalami skateboard sebagai olahraga, gaya hidup, dan budaya.

Daya tarik skateboarding

Skateboarding © Unsplash/Andhika Soreng
Skateboarding © Unsplash/Andhika Soreng

Pernahkah kamu melihat para skateboarders yang melakukan trik dengan melompat dan twisting? Hal-hal itu menjadi daya tarik skateboard tersendiri, yang menjadi sebuah level kesulitan bagi mereka yang mendalami skateboard. Akan tetapi, kamu tidak perlu khawatir dengan trik-trik tersebut karena skateboarding tidak hanya tentang bagaimana kamu bisa melakukan ‘selancar’ dengan indah.

Dilansir dari Health Fitness Revolution, selain menjadi tantangan setiap orang untuk melatih keseimbangan skateboarding juga merupakan olahraga yang memerlukan dan melatih fleksibilitas seseorang.

Semakin kaku tubuh mereka, semakin sulit juga bagi mereka untuk berselancar dengan skateboard. Tidak hanya fleksibilitas dari salah satu bagian tubuh saja, melainkan seluruhnya.

Skateboarding membuatmu harus menggerakan kaki untuk ‘mengayuh’, dan menggerakan lengan demi menjaga keseimbangan. Gerakan-gerakan yang berirama ini pada akhirnya menciptakan olahraga untuk seluruh tubuhmu dengan bekerja. Selain itu, kamu juga melatih otak agar seluruh bagian tubuhmu terkoordinasi dan menciptakan keseimbangan yang baik.

Gerakan-gerakan tersebut juga harus dipertahankan dengan sesuatu yang dinamakan physical endurance atau ketahanan tubuh. Ketika melakukan skateboarding, tentunya kamu tidak hanya melakukannya selama beberapa menit dan berhenti. Untuk menguasai skateboard, maka kamu harus banyak berlatih setiap hari.

Setelah menguasai hal-hal dasar seperti keseimbangan, fleksibilitas, dan ketahanan, maka kamu bisa melakukan trik-trik yang biasa dimainkan oleh para skateboarders. Untuk melakukan trik, kamu harus mementingkan presisi. Tidak apa-apa apabila gagal atau jatuh berkali-kali.

Gagal atau jatuh ketika skateboarding atau melakukan trik adalah hal yang wajar. Setelah itu, kamu bisa mengganti posisi yang lain dengan posisi kakimu di papan, atau mengendalikan kecepatan. Coba pijakan kaki dengan cara yang berbeda ketika akan berhenti.

Jangan takut untuk terus mencoba. Ketika skateboarding, maka kamu harus mengetahui bagaimana cara menghindari jatuh dan bagaimana untuk jatuh dengan aman ketika kamu tidak bisa menghindarinya. Selama kamu terus berlatih, secara natural kamu akan mengetahui bagaimana cara meletakkan tangan atau kaki yang baik ketika jatuh sehingga kamu bisa menghindari cedera.

Skateboarding adalah hal yang menarik, bukan? Selain untuk kesehatan fisik seperti tekanan darah, diabetes, dan obesitas, kamu juga dapat melepaskan stres dan menghindari depresi. Skateboarding akan membuatmu merasa lebih memiliki kontrol akan semua aspek di dalam hidup.

Referensi: Journal of Urban Design | Health Fitness Revolution | Media Indonesia | Exeter