Merayakan 10 Tahun Berkarya, Tulus Rilis Album Baru Bertajuk 'Manusia'
Album 'Manusia', karya terbaru dari Tulus | Foto: tangkapan layar pribadi/Youtube Tulus

Berbicara mengenai industri musik tanah air, mungkin kamu sudah tidak asing dengan sosok satu ini. Tulus merupakan salah satu penyanyi pria terbaik Indonesia dengan karyanya yang penuh makna. Belum lama ini, tepatnya Kamis (3/3), Tulis rilis album baru bertajuk Manusia.

Setelah melalui masa pengerjaan selama kurun waktu dua tahun, pria yang memiliki nama asli Muhammad Tulus Rusydi ini merayakan perjalanan satu dekade atau 10 tahun berkarya di industri musik dengan merilis album kelimanya.

Lagu-lagunya easy listening, dengan lantunan lirik lagu yang penuh makna, membuat para penggemar menunggu karya-karya dari Tulus. Isi dari album Manusia juga memiliki banyak makna tentang kehidupan yang pasti cocok untuk kamu dengarkan.

Tulus Sajikan Warna Baru melalui Album 'Manusia'

Tulus rilis album baru bernama Manusia. | Foto: Popbela.com
Tulus rilis album baru bernama Manusia | Foto: Popbela.com

Dpilihnya diksi ‘Manusia’ sebagai nama album kelima bukan tanpa alasan. Tulus sendiri mengatakan album Manusia banyak terinspirasi dari interaksi manusia. Melansir dari Hipwee, sesuai namanya, album ini akan merepresentasikan dari lagu-lagu di dalamnya yang banyak menceritakan ragam rasa dan dinamika menjadi manusia.

Banyak latar belakang lagu-lagu dari album Manusia yang terinspirasi berdasarkan pengalaman pribadi Tulus, pengalamannya saat berinteraksi dengan orang lain, interaksinya dengan diri sendiri, serta cerita yang pernah ia lihat. Seluruh cerita ini kemudian ia satukan menjadi sebuah lantunan lagu dengan rangkaian diksi-diksi yang indah.

Sebagian sudut pandang album kelimanya ini juga terdiri dari semangat jiwa muda di tengah dinamika hati dan perasaan, pertanyaan hidup, apresiasi diri, serta ragam emosi untuk merayakan kehidupan.

Menariknya, album ini disebut-sebut akan berbeda dengan karya-karya sebelumnya. Menurut CNN Indonesia, salah satu perkembangannya akan terasa pada aransemen lagu yang menyajikan warna baru dengan menggunakan instrumen musik yang belum pernah ada sebelumnya.

Meski memiliki warna baru, Tulus tetap berusaha menghadirkan sesuatu yang baru namun tidak terdengar asing di telinga saat didengarkan. Pemilihan nama 'Manusia’ juga didorong oleh pengerjaan album yang berkolaborasi dengan banyak pihak.

Tulus menggandeng sederet musisi ternama untuk album Manusia, seperti Petra Sihombing, Ari Renaldi, Dere, Topan Abimanyu, dan Yoseph Sitompul. Beberapa lagunya bahkan diberikan nuansa orkestra dengan bekerja sama oleh komposer Erwin Gutawa.

Sambil menikmati alunan nada musik dengan warna yang baru, sekaligus sambil memperkaya kosa kata bahasa Indonesia. Bagai sebuah ciri khas dari Tulus, penyanyi satu ini kerap menggunakan diksi-diksi indah dalam bahasa Indonesia yang mengandung sarat makna yang dalam.

Begitu pula dengan kesepuluh lagu yang disajikan di dalam album Manusia. Setiap lirik dirangkai menggunakan beragam kosa kata unik untuk menunjukan keeleganan bahasa Indonesia. Hal ini juga yang menjadi salah satu daya tarik dari album Manusia.

Album 'Manusia' Tersedia di Streaming Musik Online

Berbeda dengan album sebelumnya, Monokrom. Album Manusia juga mengusung warna berbeda. Tidak hanya hitam putih, album Manusia memiliki sentuhan warna biru untuk cover album dan pada hampir semua video lirik lagu di channel Youtube resmi milik Tulus.

Menurut pemberitaan Kapanlagi, album Manusia menawarkan warna baru dari segi penulisan lirik dan aransemen lagunya. Pemilihan warna biru untuk mempresentasikan perjalanan-perjalanan sebelumnya yang terasa seperti sebuah progress namun tetap terasa segar.

Tulus berharap lagu-lagunya dapat menjadi teman keseharian dari para pendengar. Ia juga berharap album Manusia dapat membesarkan hati dan tumbuh besar di hati para pendengarnya.

Kini, Goodmates bisa mendengarkan seluruh track album Manusia melalui Youtube maupun layanan streaming online musik lainnya seperti Spotify. Nantinya, Tulus juga akan menghadirkan kemasan spesial 10 tahun berkarya untuk album Manusia.

Kemasan tersebut akan berisikan 3 album studio Tulus yang terdiri dari Tulus (2011), Gajah (2014), dan Monokom (2016) beserta 1 album dokumentasi konser. Jika beruntung mendapatkan salah satunya, untuk 100 cetakan pertama akan mendapat tandatangan dari Tulus. Dari kesepuluh lagu di album Manusia, mana yang merupakan lagu favorit Goodmates?

Referensi: PramborsFM | CNN Indonesia | Hipwee | Kapan Lagi