Twitter Kembangkan Fitur 'Flock', Kembaran Close Friend Instagram
Flock sebagai Fitur Terbaru Twitter | Unsplash - Jeremy Bezanger-

Aplikasi Twitter yang dikelola oleh Parag Agrawal kembali menyapa publik dengan fitur terbarunya bernama Flock. Dasarnya, Twitter kerap mengembangkan fitur-fitur baru untuk memberikan pengalaman baru bagi para penggunanya.

Sebelumnya, ada space dan fitur yang mengingatkan para penggunanya untuk bijak dalam menggunakan media sosial. Kabarnya, fitur 'flock' menjadi fitur kedua yang dikelola oleh CEO Twitter yang baru, Parag Agrawal. Dengan berkembangnya fitur ini, Twitter berharap para pengguna akan semakin merasa nyaman dan aman selama menggunakan Twitter.

Flock: Close Friend versi Twitter

Flock, Closed Friend Versi Twitter | Twitter
Flock, Closed Friend Versi Twitter | Twitter

Flock disebut sebagai 'teman terpercaya' atau bisa disebut sebagai 'close friends' versi Twitter. Dilansir dari detik, project ini sebenarnya sudah dikerjakan semenjak Juli tahun lalu dengan nama 'Trusted Friends'. Alessandro Paluzzi yang kabarnya merupakan seorang developer atau pengembang fitur Flock ini telah memberikan banyak gambaran mengenai bagaimana Flock akan bekerja nanti.

Dalam fitur Flock ini, pengguna dapat memilih siapa saja yang berhak untuk masuk ke dalam ruang 'teman dekat' ini, dan kabarnya ruang tersebut dapat memuat maksimal 150 orang. Orang-orang yang dimasukan ke dalam ruang pertemanan ini dapat melihat tweet, foto, dan video yang ditujukan hanya untuk ruang itu saja.

Selain itu, pengguna juga dapat dengan bebas menghapus seseorang dari ruang pertemanan sebab orang tersebut tidak akan menyadari, dan Twitter tidak akan memberitahu bahwasannya dia keluar dari ruang pertemanan tersebut.

Flock bantu ciptakan percakapan sehat

Twitter | Unsplash - Luke Chesser
Twitter | Unsplash - Luke Chesser

Keberadaan fitur Flock ini tentu menjadi sebuah kabar baik bagi penggunanya. Sebab, fitur ini dapat digunakan untuk membentuk sebuah komunitas atau juga percakapan yang sesuai dengan interest masing-masing.

Hal tersebut tentu akan membentuk sebuah pertemanan, sesuai dengan bagaimana tujuan media sosial dibuat. Salah satunya, membentuk atau menghubungkan jejaring pertemanan. Goodmates yang menggunakan fitur tersebut tentu akan merasa lebih tertolong dengan adanya informasi dari komunitas tersebut.

Juru bicara Twitter, yaitu Tatiana Britt menyatakan bahwa Twitter akan terus mencari cara untuk membantu para pengguna agar terlibat dalam percakapan yang seha. Selain itu, agar pengguna merasa lebih aman membagikan momen terbaiknya secara pribadi kepada orang-orang tertentu saja.

Inisiatif Twitter untuk membantu para pengguna dengan menghadirkan berbagai fitur penunjang percakapan sehat benar-benar perlu diacungi jempol, ya, Goodmates. Mengingat hingga saat ini kasus cyber bullying masih merajalela tidak hanya di tanah air tercinta tetapi juga di negara lain.

Fitur Flock pun tidak akan berjalan sesuai dengan tujuan tanpa bantuan para pengguna, salah satunya adalah Goodmates yang menggunakan Twitter. Maka dari itu, mari ciptakan lingkungan media sosial yang sehat.

Referensi: Detik | Tek