UMM Bangun Biru Flying Club, Satu-Satunya UKM Dirgantara di Indonesia
Biru Flying Club | Unsplash - Pixabay

Satu lagi berita kampus yang sempat viral di jagat media. 'Kampus Putih' Universitas Muhammadiyah Malang membentuk Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dengan nama Biru Flying Club dan berhasil menjadi kampus satu-satunya yang membentuk UKM berbasis dirgantara.

Tidak hanya itu dilansir dari Republika, UMM merupakan satu-satunya kampus yang berhasil menjadi bagian dari Federasi Aero Sport Indonesia (FASI). Hal tersebut diharapkan dapat menghasilkan talenta baru pada bidang terkait demi masa depan tanah air yang cerah.

Goodmates penasaran dengan UKM bidang dirgantara yang satu ini? Berikut simak informasinya.

Mengenal Biru Flying Club 

Mengenal Biru Flying Club | RRI
Mengenal Biru Flying Club | RRI 

Selalu mencoba yang baru dan memiliki berbagai macam passion merupakan salah satu karakteristik yang dimiliki oleh banyak anak muda di generasi sekarang. Hal tersebut melatarbelakangi kehadiran Biru Flying Club sebagai pelengkap UKM yang dimiliki oleh UMM.

Isnaini sebagai pembina UKM Biru Flying Club yang dikutip dari Kompas menyatakan bahwa UMM percaya jika pemimpin baru dapat lahir dari mana pun. Biru Flying Club menjadi salah satunya. UKM ini sangat terbuka bagi para mahasiswa yang memiliki ketertarikan untuk mengenal dirgantara secara langsung.

Memiliki berbagai cabang kegiatan

Beranggotakan lebih dari 50 mahasiswa tangguh di dalamnya, Biru Flying Club memiliki banyak cabang kegiatan yang bisa diikuti sesuai dengan bakat minat. Ialah Aero Sport Flight Training dan Paralayang, selain itu juga ada paramotor dan bidang drone. Setiap kegiatannya diawasi oleh pihak ahli dalam bidangnya.

Selain itu, para 50 anggota sudah mengikuti perkenalan dan juga diklat untuk mempelajari kegiatan ini lebih dalam bersama ahlinya. Setiap fasilitas pun telah diuji sehingga para anggota tidak perlu takut untuk mencoba atau bereksperimen dengan UKM satu ini.

Walau terlihat menyenangkan tetapi UKM ini merupakan UKM yang menantang. Sesuai dengan namanya, Biru Flying Club melibatkan kegiatan yang berada di dalam ketinggian. Contohnya paralayang dan paramotor yang termasuk ke dalam cabang olahraga ekstrim. Jika mengikuti kegiatan dari Biru Flying Club, rasanya kamu tidak akan jauh-jauh dari langit, deh!

Tiada prestasi yang tidak dihargai

Dikutip dari situs resmi Kampus Muhammadiyah Malang, sama seperti UKM lain, Biru Flying Club pun wajib menemukan mahasiswa dengan talenta yang baik dan tentunya perlu memiliki nyali yang kuat dan tangguh.

Bagi Kampus Putih yang satu ini, tidak ada prestasi yang tidak dihargai. Maka dari itu, UMM sangat menghargai setiap prestasi, inovasi, dan kreativitas yang dimiliki oleh sivitas akademika. 

Nixon Farrel Mahatma selaku ketua UKM Biru Flying Club juga menceritakan apa yang telah mereka lalui saat masuk UKM. Mereka berhasil melakukan pembekalan dasar sebelum melakukan kegiatan yang telah disebutkan di atas.

Referensi: Republika | Kompas | Muhammadiyah Malang