Tidak Kalah Keren, Berikut Universitas di Indonesia yang Sudah Bertaraf Internasional
Kelulusan merupakan tahap awal untuk memasuki jenjang perkuliahan | Foto: Pexels

Bagi Goodmates yang termasuk para pejuang SBMPTN, tidak terasa dalam beberapa hari ke depan kamu akan mulai menghadapi ujian saringan masuk ke perguruan tinggi negeri pilihanmu. Mungkin beberapa dari Goodmates juga sudah memiliki universitas cadangan ataupun memang langsung berminat untuk masuk ke perguruan tinggi swasta.

Menentukan perguruan tinggi merupakan salah satu dilema yang sering dialami oleh para calon mahasiswa. Di Indonesia, terdapat berbagai pilihan universitas dan institusi yang bisa kamu jadikan sebagai salah satu pilihanmu untuk melanjutkan pendidikan. Tidak hanya bertaraf nasional, beberapa universitas di Indonesia juga ada yang bertaraf internasional. Ini dia beberapa universitas di Indonesia yang bertaraf internasional

Swiss German University

Gedung Swiss German University | Foto: KF Map Indonesia Property

Swiss German University (SGU) adalah universitas yang didirikan pada tahun 2000 dan merupaakn universitas internasional pertama di Indonesia. Universitas ini tentunya bekerja sama dengan universitas atau perguruan tinggi di mancanegara, di antaranya universitas di Austria, Jerman, dan Swiss. 

SGU memungkinkan para mahasiswanya untuk bisa lulus dengan double degree yang disediakan melalui kerja sama dengan universitas mitra. Double degree ini dapat diperoleh mahasiswa S1 dengan mengikuti program magang di luar negeri pada semester keenam mereka.

Sejak awal berdirinya, SGU memberikan pembelajaran berkualitas sesuai dengan standar internasional untuk menghasilkan alumni yang profesional yang bisa menghadapi perkembangan teknologi yang masif.

Universitas Internasional Semen Indonesia

Logo UISI | Foto: Universitas Internasional Semen Indonesia

Universitas Internasional Semen Indoensia (UISI) merupakan universitas dengan basis korporasi PT. Semen Indonesia. UISI menerapkan konsep Practice Based Education (PBE) atau pendidikan yang bertumpu pada pemanfaatan live laboratory. Dengan kata lain, UISI berusaha untuk mendidik para mahasiswanya dengan berfokus pada praktik lapangan. 

Baca juga: Rekomendasi podcast kocak yang bikin anti bosen!

Universitas yang berada di Gresik, Jawa Timur ini berhasil menjadi PTS atau perguruan tinggi swasta terbaik di Kabupaten Gresik dan memperoleh peringkat 169 dari 2.136 perguruan tinggi se-Indonesia. UISI juga telah menjalin kerja sama dengan beberapa universitas luar negeri seperti Vietnam National University dan empat universitas di Malaysia yakni Universitas Teknologi Petronas, Malaysia Multimedia University, Universitas Kuala Lumpur, dan Universiti Tenaga Nasional.

i3L School of Business

Kalau instansi pendidikan yang satu ini, adalah instansi yang berorientasi pada bidang bisnis, manajemen, dan kewirausahaan. i3L School of Business (iSB) menyediakan beberapa program sarjana dalam bidang International Business Management, Business & Entrepreneurship in Life Sciences, Professional Digital Marketing, dan International Professional Accounting. iSB juga menawarkan program Magister Manajemen untuk Life-Sciences Business. 

iSB juga menyediakan program double degree bagi para mahasiswanya dengan menjalin kerja sama dengan berbagai universitas di Inggris. Pada musim panas 2019, sebagian besar mahasiswa iSB berkesempatan untuk menjalani program magang dan menjalankan studi di beberapa negara seperti Australia, Amerika Serikat, dan Eropa.

Kurikulum di iSB, menerapkan model perkuliahan di luar negeri yang bisa memberikan kesempatan bagi para mahasiswa untuk mengerjakan proyek bisnis internasional. Selain itu, para mahasiswa iSB juga berkesempatan utnuk mendapatkan pengalaman magang global secara online, lho!

Jakarta International College

Seperti namanya, Jakarta International College (JIC) merupakan perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki taraf internasional. JIC merupakan mitra resmi satu-satunya dari Monash College di Australia dan juga mitra bagi Western Michigan University di Amerika Serikat. Instansi yang telah berdiri sejak 2002 ini, mendirikan 2 cabang di Jakarta dan Surabaya.

Baca juga: Tips meningkatkan kualitas tidur buat kamu si night owl

Di JIC, mahasiswa bisa mendapatkan gelar Sarjana Internasional hanya dalam 19 bulan saja, lho! Selain itu, dengan biaya yang lebih murah, kamu juga sudah bisa merasakan gaya pembelajaran atau kurikulum perkuliahan yang serupa dengan yang diterapkan di Amerika Serikat.

JIC membuka 2 program pendaftaran bagi para calon mahasiswanya, yaitu Program Australia dan Program Amerika. Kedua pendaftaran ini biasanya dibuka pada bulan Februari untuk gelombang 1, Juni untuk gelombang 2, dan Oktober untuk gelombang 3.

 

Itu dia beberapa universitas di Indonesia yang sudah masuk ke taraf internasional.Bagi Goodmates yang sedang mempersiapkan diri untuk memasuki jenjang perkuliahan, jangan lupa untuk tetap semangat dan belajar dengan giat, ya!

Referensi: Campus Quipper | Akupintar | Harga.web