Ada dari Indonesia! Inilah 5 Universitas Islam Terbaik di Dunia
Ilustrasi mahasiswa di universitas islam terbaik dunia | Foto: Pexels/Monstera

Ada berbagai jenis universitas yang ada dalam dunia pendidikan. Mulai dari universitas negeri hingga universitas teknologi. Ada pula universitas berbasis agama, salah satunya universitas Islam.

Sedikit berbeda dengan universitas pada umumnya, universitas Islam menawarkan kurikulum yang lebih agamis dengan tambahan mata kuliah, seperti akidah dan fikih. Di Indonesia sendiri, berbagai universitas Islam biasanya memiliki mata kuliah bahasa Arab.

Berdasarkan akreditasi dan program sarjana yang tersedia, berikut 5 universitas Islam terbaik di seluruh dunia. Sstt, ada yang berasal dari Indonesia juga, lo!

1. Universitas Kairo

Universitas Kairo, Mesir | Foto: CairoScene

Berdiri sejak 1908, Universitas Kairo merupakan universitas terbaik di Mesir yang menawarkan berbagai program pendidikan tinggi. Mulai dari program pra-sarjana (diploma, sertifikasi, dan yayasan), sarjana, magister, dan doktoral untuk beberapa program studi.

Setidaknya ada 28 fakultas dan institut yang bernaung di bawah almamater Universitas Kairo dengan bidang studi yang beragam. Ada dari kedokteran, farmasi, teknik, hukum, dan seni semua tersedia di sini. 

Terdapat berbagai fasilitas yang menunjang pembelajaran mahasiswa, seperti perpustakaan, housing, fasilitas olahraga, hingga bantuan keuangan. Setiap tahunnya, universitas milik pemerintah ini menerima ribuan mahasiswa, termasuk mahasiswa internasional.

Baca juga: Ragam Organisasi Islami di Kampus yang Bisa Kamu Ikuti

2. Universitas Ilmu Kedokteran Shahid Beheshti

Universitas Ilmu Kedokteran Shahid Beheshti, Iran | Foto: AIEMT

Menjadi salah satu dari tiga universitas kedokteran di Teheran (ibu kota Iran), program studi di Universitas Ilmu Kedokteran Shahid Beheshti meliputi keperawatan, ilmu biomedik, ilmu kedokteran, serta kesehatan masyarakat dan sanitasi. 

Universitas yang telah terakreditasi oleh Menteri Kesehatan setempat tersebut menawarkan program sarjana dan pascasarjana, baik bagi mahasiswa domestik maupun luar negeri.

Adapun beberapa fasilitas yang mendukung pembelajaran, seperti perpustakaan, portal jurnal, hingga berbagai lembaga penelitian yang beberapa di antaranya bekerja sama dengan WHO (World Health Organization).

3. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia | Foto: Scholae

Inilah universitas asal Indonesia yang berhasil mendapat klaim sebagai salah satu universitas Islam terbaik di dunia. Berdiri sejak 1981, Universitas Muhammadiyah Surakarta memiliki 12 fakultas, 35 program sarjana, 11 sekolah vokasi, 8 sekolah profesi, dan 17 program pascasarjana.

Adapun fasilitas yang hadir meliputi perpustakaan, gedung induk, asrama mahasiswa, hingga laboratorium penelitian. Lokasi kampus yang rindang dan strategis juga menjadi nilai tambah tersendiri, selain prestasi yang terus berkembang hingga menjadi salah satu dari 200 universitas terbaik di seluruh Asia.

Baca juga: Melihat Cara Belajar Ilmuwan Dunia, Bisa Kamu Contoh!

4. Universiti Islam Antarabangsa Malaysia

Universiti Islam Antarabangsa Malaysia | Foto: EasyUni

Lebih terkenal dengan nama The International Islamic University Malaysia (IIUM), universitas ini berdiri pada 1983 atas inisiasi dari Tun Dr Mahathir Mohamad selaku menteri pendidikan keempat Malaysia.

Menawarkan berbagai program mulai dari prasarjana, sarjana, magister, hingga doktroal, kampus IIUM tersebar di beberapa tempat, seperti Kelantan dan Kuala Lumpur.

Universitas ini juga memiliki berbagai fasilitas modern untuk mendukung kegiatan mahasiswa seperti hostel, bank, toko alat tulis, hingga tempat berolahraga.

IIUM telah menghasilkan banyak alumni yang sukses di bidang masing-masing, salah satunya Amer Bukvic yang kini menjadi CEO di sebuah bank internasional.

Baca juga: Jangan Lengah, Mari Tingkatkan Semangat Kerja Saat Berpuasa

5. Universitas Sains dan Teknologi Iran

Universitas Sains dan Teknologi Iran | Foto: Bincang Syariah

Berdiri sejak 1929, universitas satu ini adalah lembaga penelitian dan perguruan tinggi sains teknologi terbaik di Iran. Menawarkan program sarjana dan pascasarjana, Universitas Sains dan Teknologi Iran memiliki 15 fakultas berbasis bidang matematika, teknik, dan fisika.

Selain gedung akademik dan administrasi, fasilitas yang universitas ini miliki juga meliputi perpustakaan, tempat tinggal, masjid, fasilitas olahraga indoor dan outdoor, serta stadion berkapasitas 20.000 tempat duduk.

Demikian daftar singkat mengenai 5 universitas Islam terbaik di seluruh dunia. Bila kita meneruskan hingga peringkat selanjutnya, masih ada banyak universitas asal Indonesia yang berhasil mendapat klaim terbaik tingkat dunia. Mana kampus favorit kamu?

Referensi: uniRank | Tambah Pinter | Bincang Syariah