Universitas Sumatra Utara Luncurkan Kartu Tanda Mahasiswa Multifungsi
Peluncuran KTM Baru USU│usu.ac.id

Universitas Sumatra Utara (USU), kemarin baru saja meluncurkan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) multifungsi untuk tahun ajaran 2021/2022. Salah satu universitas terbesar di Sumatra ini meluncurkan KTM barunya pada 1 Desember 2021 di Gedung Pancasila USU kemarin.

Kartu Tanda Mahasiswa yang baru ini tidak hanya menjadi tanda pengenal bagi mahasiswa USU. Namun, KTM yang baru ini juga bisa digunakan sebagai kartu ATM dan pembayaran e-toll.

Selain fungsi utamanya sebagai tanda pengenal mahasiswa, KTM yang baru ini kini juga bisa digunakan untuk mempermudah transaksi mahasiswa. Inovasi ini adalah bentuk usaha USU dalam beradaptasi dengan perkembangan dunia digital.

Dalam penggarapan KTM yang baru ini, USU bekerja sama dengan Bank BNI dengan harapan dapat memberikan dampak positif bagi kedua belah pihak. Dilansir dari website resmi USU, Rektor USU menyebutkan bahwa bentuk kerjasama ini adalah win win advantages bagi kedua belah pihak.

Kerja sama ini pun juga diapresiasi oleh Branch Manager BNI USU, Iqzal Anwar. Iqzal Anwar berharap momentum ini dapat menjadi awal dari kerjasama yang lebih banyak lagi antara USU dan Bank BNI.

Iqzal Anwar berharap USU dan Bank BNI dapat melangkah bersama lebih jauh lagi untuk mencapai visi dan tujuan bersama. Beliau juga menambahkan, agar KTM yang baru ini dapat dimanfaatkan mahasiswa dengan sebaik-baiknya.

Tidak hanya sebagai tanda pengenal, tapi sebagai kebanggaan

Ilustrasi│Vasily Koloda/Unsplash

Dilansir dari website resmi USU, Rektor USU menyampaikan bahwa KTM ini bukanlah sebatas tanda pengenal bagi mahasiswa saja, melainkan juga sebagai kebanggan mahasiswa USU.

KTM adalah sebuah kebanggan bagi para mahasiswa USU, seperti halnya jas almamater yang menjadi kebanggaan dan identitas setiap mahasiswa Universitas Sumatra Utara, tambahnya.

KTM USU yang baru ini didistribusikan pada 15 hari setelah peluncurannya. Dilansir dari website resmi USU, 9.489 KTM akan didistribusikan pada rentang hari tersebut. Pendistribusian KTM dilakukan secara bertahap, dan tetap menerapkan protokol kesehatan untuk menghindari penyebaran virus COVID-19.

Beberapa kampus lain yang memiliki KTM Multifungsi

Sebelum USU meluncurkan KTM baru yang multifungsi ini, ternyata sudah banyak juga kampus lain di Indonesia yang memiliki KTM multifungsi. Beberapa diantaranya adalah UGM, UI, UNY dan masih banyak lagi.

Uniknya, KTM Universitas Indonesia bisa digunakan untuk membayar KRL dan TransJakarta loh. Bahkan, KTM dari Universitas Negeri Yogyakarta juga bisa digunakan untuk menonton di bioskop dengan potongan harga, loh! 

Diluncurkannya KTM baru dari USU ini menambah jumlah kampus di Indonesia yang sudah memiliki KTM modern. Nah, kalo KTM kampus kamu sendiri gimana?

Referensi: USULiputan6IDN Times