Viral! Ada Televisi yang Bisa Dijilat dan Icip Rasa Makanan
Teknologi Televisi | Wang John

Jepang merupakan salah satu negara Asia Timur yang dikenal dengan inovasi teknologi yang luar biasa canggih. Tidak hanya di dalam negeri, produk teknologi yang mereka ciptakan pun berhasil mendapat perhatian dari sebagian negara di belahan dunia.

Bahkan, banyak dari mereka menggunakan produk buatan negeri matahari terbit sebagai solusi untuk memudahkan masalah masyarakat pada bidang transportasi, komunikasi, dan lainnya.

Sekarang ini, Jepang kembali membuat gempar publik dengan teknologi televisi terbaru. Bukan televisi biasa, inovasi ini diciptakan berbeda dengan layar yang dapat menjilat dan juga merasakan makanan. Kira-kira seperti apa bentuknya?

Mengenal lebih jauh televisi yang bisa dijilat

Televisi yang Bisa Dijilat | Klikmataram
Televisi yang Bisa Dijilat | Klikmataram

Mari kita kenalan dengan 'Taste The Televisi' atau TTTV. Inovasi canggih yang satu ini dikembangkan oleh Professor asal Universitas Meiji, Homei Mayashita. Tujuan Mayashita membuat inovasi teknologi ini adalah  memberikan pengalaman makan di restoran. Sehingga pemirsa dapat merasakan berbagai makanan dari dalam maupun luar negeri walau di rumah saja.

Keberadaan TTTV dirasa cocok dengan keadaan pandemi saat ini yang sebagian pemerintah masih melarang masyarakat untuk berpergian ke luar negeri. Kalaupun ada, persyaratan yang diberikan cukup banyak untuk memenuhi kriteria layak untuk berpergian.

Memang menarik ya, Goodmates? Bayangkan, deh. Kita bisa mencicipi Sushi yang dibuat langsung oleh chef di Jepang tanpa harus pergi ke Jepang. Tentu teknologi tersebut dapat menghemat pengeluaran, sebab kita tidak perlu mengeluarkan uang untuk pergi ke Jepang langsung. 

Tidak hanya itu, tujuan lainnya dibuat televisi ini adalah untuk mempermudah koki pemula mengolah makanannya. Mereka dapat mengasah kemampuan dengan mencicipi rasa makanan yang mereka inginkan.

Cara ilmuan mengembangkan televisi unik ini

Penelitian Televisi Dijilat | Moeslim Choice
Penelitian Televisi Dijilat | Moeslim Choice

Dikutip dari Moeslim Choice, Mayashita bekerja sama dengan tim yang berisi 30 mahasiswa untuk membuat TTTV. Bahkan, mereka telah melakukan beberapa penelitian untuk menyempurnakan televisi tersebut.

Perangkat ini dibentuk dengan memasukan sepuluh tabung rasa seperti asam, asin, manis, pahit, gurih, dan lain-lain. Nantinya tabung tersebut akan mengeluarkan rasa tertentu sesuai dengan makanan yang muncul. Rasa yang telah diracik tersebut selanjutnya di transfer ke 'film higienis' yang kelak menjadi media antara perangkat tabung dengan pengguna yang menjilat layar televisi tersebut.

Dikutip dari Reportasee, salah satu mahasiswa Mayashita terlibat dalam demonstrasi TTTV. Digunakan perangkat tersebut untuk membuat cokelat manis, setelahnya  TTTV yang telah memproses pesanan tersebut segera bekerja menggunakan tabung untuk mentransfer rasa ke 'film higienis'. Hasilnya adalah mahasiswa tersebut mengaku bahwasannya dia merasakan manis disaat menjilat perangkat tersebut.

Miyashita menyebutkan bahwa memproduksi TTTV akan menelan biaya sekitar 100.000 yen atau Rp12,5 juta. Nah, bagaimana Goodmates, apakah tertarik untuk membeli televisi unik ini?

Referensi: Solo Post |  Moeslim Choice | Reportasee