Wajib Dipelajari, Berikut 4 Social Skills untuk Kembangkan Relasi
Social Skills | Unsplash - Median Sturmer

Alaminya mengembangkan kemampuan atau skill adalah hal yang perlu kita lakukan sebagai makhluk hidup, salah satunya adalah social skills. Bukan tanpa alasan, seperti yang diketahui bahwa manusia merupakan makhluk sosial yang dimana tidak dapat hidup tanpa bantuan manusia lainnya.

Social skills merupakan keterampilan yang dimiliki seseorang tidak hanya untuk berkomunikasi namun juga untuk memahami orang lain untuk membentuk sebuah hubungan yang harmonis.

Karena seperti yang kita tahu, Goodmates. Memulai hubungan tidak melulu soal diri kita yang harus dipahami, namun juga wajib memahami orang lain. Aksi yang kita berikan akan menimbulkan reaksi dari orang lain, maka dari itu untuk membentuk reaksi yang baik, kita patut untuk berikan aksi yang baik pula.

Macam Sosial Skills

Macam Social Skills | Unplash - Priscilla Du Preenz
Macam Social Skills | Unplash - Priscilla Du Preenz

Dengan mempelajari social skills ini menjadi salah satu cara bagi kita untuk dapat menjalin hubungan dengan orang lain. Lalu, apa saja ya social skills yang wajib dipelajari untuk kepentingan kehidupan sehari-hari terutama untuk berinteraksi dengan orang lain? Berikut adalah informasinya.

Berani mengekspresikan pikiran

Banyak dari kita yang merasa takut untuk mengekspresikan apa yang ada di dalam pikiran dengan alasan takut orang lain merasa tersinggung dengan apa yang dibicarakan. Padahal hal tersebut belum tentu kita dapatkan, lho.

Pada hakikatnya, setiap orang memiliki hak untuk mengekspresikan pendapatnya mengenai suatu peristiwa. Justru hal tersebut akan memberikan pandangan kepada orang lain dan dapat dijadikan pelajaran juga. 

Namun, Goodmates harus ingat bahwasannya kita membutuhkan bahasa yang tepat untuk mengekspresikan hal tersebut. Biasanya kasus singgung menyinggung itu dikarenakan adanya penempatan bahasa yang kurang tepat. Maka dari itu, wajib juga untuk mengenal orang atau kumpulan disekitar, dan gunakan bahasa yang halus juga.

Belajar untuk Mendengarkan

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa dalam membentuk sebuah hubungan, memahami lawan bicara adalah hal yang wajib dilakukan. Mendengarkan menjadi salah satu cara untuk memahami lawan bicara kita, dengarkan saat dia berbicara atau berkomentar mengenai sesuatu.

Usahakan untuk tidak memotong pembicaraan tersebut, atau menyanggah hingga apa yang dia utarakan selesai. Tidak hanya untuk memahami, mendengarkan orang lain berbicara bisa menumbuhkan jiwa empati juga.

Dengan tumbuhnya jiwa empati, Kamu akan menumbuhkan sikap open minded sehingga dapat melihat permasalahan dari dua sisi. Hal tersebut merupakan hal yang baik, sebab kamu juga akan mendapat pengetahuan yang lebih luas.

Memahami privasi setiap orang

Social Skills | Unsplash - Kate Kalvach
Social Skills | Unsplash - Kate Kalvach

Terkadang menunjukan kepedulian kepada seseorang dapat memberikan dampak yang kurang baik jika melewati batas. Salah satu contoh adalah dengan cara mengusik privasi orang lain.

Banyak dari orang yang kerap bertanya akan sebuah masalah, memaksanya dengan alasan ingin membantu, padahal orang tersebut tidak mau membicarakannya.

Hati-hati Goodmates, hal tersebut akan membuat lawan bicara malas untuk berinteraksi lagi. Terlebih lagi generasi millenial saat ini sudah banyak berubah dibandingkan dengan generasi sebelumnya, yang dimana generasi saat ini sudah mulai memahami pentingnya membangun boundaries atau batas antara pribadi dengan orang lain.

Kendalikan emosi

Banyak yang tidak menyadari bahwasannya emosi seseorang akan mempengaruhi emosi orang lain. Hal tersebut berlaku pada saat kita berkomunikasi dengan orang lain, sangat penting untuk mengendalikan emosi pada saat berbincang dengan lawan bicara agar lawan bicara merasa nyaman pada saat berinteraksi.

Jika kamu merasa tidak siap untuk memulai percakapan, ada baiknya mencari distraksi terlebih dahulu atau bahkan beristirahat sejenak sampai merasa lebih baik. Harus diingat ya, bahwasannya tidak pernah ada yang salah jika kita beristirahat sejenak.

Selain itu, jika kita berinteraksi dalam keadaan marah, tentu itu akan mempengaruhi impresi seseorang terhadap diri kita dan dapat memberikan efek yang kurang baik dalam sebuah hubungan.

Bagaimana Goodmates, sudah mulai memahami konsep dari social skills itu sendiri? Tidak perlu terburu-buru dalam membentuk sebuah hubungan, karena pembentukan yang natural biasanya akan bertahan lebih lama. Semangat ya!