Simak Cara Atur Waktu Belajar Selama Bulan Ramadan
Illustrasi mengatur waktu belajar selama Ramadan | Foto: Unsplash

Mengatur waktu perlu kamu lakukan lakukan agar mampu menjalankan kegiatan belajar secara konsisten dan teratur. Terlebih di bulan puasa, diri terasa sangat malas melakukan segala jenis aktivitas termasuk belajar.

Sebagian juga mengatakan bahwa dalam kondisi lapar atau haus membuat tidak fokus belajar. Hal ini karena tubuh terasa lemas, malas bergerak, dan hanya ingin berbaring di atas kasur. Sebenarnya hal ini wajar, tetapi tidak boleh terus berlarut.

Mengingat belajar adalah kewajiban sebagai seorang pelajar, tidak ada alasan yang bisa menggeser kewajiban tersebut. Salah satu upaya untuk tetap konsisten belajar secara teratur di bulan puasa adalah dengan mengetahui beberapa tips berikut.

Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan terkait bagaimana cara mengatur waktu belajar selama bulan Ramadan, terutama bagi pelajar dan mahasiswa. Penasaran? Berikut tipsnya untuk kamu.

1. Pilih Waktu Belajar

Illustrasi memilih waktu belajar | Foto: Unsplash

Kamu perlu memilih waktu belajar yang paling nyaman buat kamu. Entah itu di pagi, siang, sore atau malam hari, semua tergantung bagaimana kamu merasakan kenyamanan saat belajar. Jika kamu merasa tidak fokus belajar di siang hari, kamu pilih di waktu lainnya.

Baca juga: Jangan Panik! Ini Cara Buka HP Saat Lupa Kata Sandi

Kamu juga bisa menghindari belajar yang memerlukan daya pikir tinggi di jam-jam yang tidak kondusif atau membuat kamu tidak nyaman. Di siang hari atau sore hari, kamu bisa membaca buku-buku yang mudah untuk kamu mengerti.

Jangan memaksa belajar matematika, fisika, atau kimia di siang hari jika kamu tidak nyaman untuk belajar di siang hari. Kamu bisa pindahkan waktu belajar untuk pelajaran susah di waktu-waktu yang kamu nyaman melakukannya. Misalnya pada pagi atau malam hari.

Maksimalkan waktu tersebut untuk kamu mempelajari mata pelajaran yang lebih susah. Dengan begitu, waktu belajar kamu berlangsung secara konsisten.

2. Belajar Sesuai Target

Illustrasi belajar sesuai target | Foto: Unsplash

Kamu tidak perlu belajar sepanjang hari atau duduk menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk belajar. Tentukan target apa yang harus kamu pelajari tiap harinya. Jangan lupa tentukan waktu berapa lama kamu belajar.

Kamu bisa belajar 1 sampai 2 bab dalam satu mata pelajaran setiap harinya. Tentukan mana yang lebih prioritas untuk kamu pelajari di hari itu. Dengan begitu, belajar akan terasa lebih mudah dan tidak banyak yang harus kamu pelajari.

Baca juga: Jalin Networking Melalui Buka Puasa Bersama

Begitu juga dengan waktu belajar. Sisihkan waktu untuk belajar sekitar 1 hingga 2 jam dalam satu hari untuk membaca buku atau mengerjakan tugas. Tidak perlu kuantitas yang tinggi, asalkan target harianmu tercapai.

3. Istirahat yang Cukup

Illustrasi memperhatikan waktu istirahat yang cukup | Foto: Unsplash

Jangan sekali-sekali meremehkan waktu istirahat. Belajar akan jauh lebih optimal jika kamu memiliki waktu istirahat yang cukup. Jangan sampai belajar memotong waktu istirahat sehingga belajar akan tidak maksimal.

Setidaknya dengan istirahat, bisa membuat diri kamu menjadi lebih rileks. Kamu bisa memanfaatkan waktu ini untuk menjalankan aktivitas yang bisa menghibur. Entah itu bermain game, media sosial, atau tidur sejenak untuk mengistirahatkan tubuh.

Pastikan di waktu istirahat ini, jangan coba-coba untuk melanjutkan belajar. Buatlah diri kamu terlepas dari situasi belajar untuk mendapatkan jam istirahat yang optimal.

Baca juga: Cegah Dehidrasi, Begini Jadwal Minum Air Putih Saat Puasa

Maksimalkan juga waktu tidur di malam hari. Jangan begadang dengan melakukan aktivitas-aktivitas yang tidak bermanfaat. Dengan jam tidur yang cukup, keesokan harinya kamu akan merasa tubuh lebih segar sehingga tidak merasa malas dalam belajar.

Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk mengatur waktu belajar selama bulan Ramadan. Kamu juga bisa belajar bersama teman untuk membuat situasi belajar lebih menyenangkan.

Referensi: Pahamify | Liputan6