Waspada Burnout Pekerjaan, Seperti Apa Tanda-tandanya?
Ilustrasi burnout | Foto: pexels.com/Tara Winstead

Goodmates, pernahkah kamu merasa berada di titik terlelah? Padahal, di hari tersebut tidak ada aktivitas yang begitu padat? Jika ya, mungkin itu adalah salah satu tanda bahwa kamu sedang mengalami burnout. Sebenarnya, apa sih burnout itu?

Burnout merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kondisi seseorang saat sedang mengalami stres karena pekerjaan yang dihadapi. Menurut World Health Organization (WHO), kondisi tersebut masuk ke dalam Klasifikasi Penyakit Internasional (ICD-11) sebagai fenomena pekerjaan.

Selain itu, burnout juga dianggap sebagai stres kronis yang dapat menyebabkan kelelahan fisik, kepenatan mental, serta memicu kondisi emosional karena tekanan menghadapi pekerjaan.

Hal tersebut tidak bisa didiamkan begitu saja lho, Goodmates. Kamu perlu mengetahui gejalanya supaya bisa menanggulanginya dengan segera. Untuk mengetahuinya, berikut adalah beberapa tanda kalau kamu sedang mengalami burnout :

  1. Mulai Tidak Suka dengan Pekerjaan
Ilustrasi | Foto: pexels.com/Nataliya Vaitkevich

Biasanya hal ini terjadi ketika seseorang sedang menjalani pekerjaan seperti biasanya, tetapi kemudian merasakan tidak ada semangat atau motivasi untuk mengerjakannya. Bahkan, kamu tidak akan fokus bekerja. Alhasil, pekerjaanmu tidak akan optimal dan tidak sesuai harapan.

  1. Emosi Tidak Stabil
Ilustrasi | Foto: pexels.com/Nataliya Vaitkevich

Tidak hanya kelelahan yang akan kamu rasakan. Saat burnout pun rupanya dapat memicu emosi menjadi tidak stabil. Rasa sedih dan amarah begitu sensitif dirasakan hanya karena hal sepele. Kamu merasa sulit untuk mengontrol emosi, apalagi ketika merasa ada tekanan terhadap pekerjaanmu.

  1. Tidak Fokus Bekerja
Ilustrasi | Foto: pexels.com/Nataliya Vaitkevich

Ketika mulai merasa lelah dan tidak menyukai pekerjaan yang kerap dikerjakan, tak jarang seseorang akan kehilangan fokus dalam bekerja. Tak hanya itu, bahkan tak menutup kemungkinan akan menjalar pada aspek lainnya. Nah, Ketidakfokusan ini pun dapat memengaruhi kualitas dan performa pekerjaan kamu, lho!

  1. Performa Kerja Menurun
Ilustrasi | Foto: pexels.com/Nataliya Vaitkevich

Berkaitan pada poin pertama dan ketiga, ketika kamu sudah merasa tidak suka dengan pekerjaan yang dijalani, terlebih dengan adanya tekanan dari atasan atau demand yang tinggi, maka dampak yang akan dirasakan adalah tidak fokus bekerja. Akibatnya, output yang dikerjakan tidak sesuai harapan atau tidak optimal.

  1. Mudah Lelah
Ilustrasi | Foto: pexels.com/Nataliya Vaitkevich

Ciri-ciri burnout lainnya adalah kondisi fisik yang mudah lelah, bahkan bisa sampai sakit. Hal tersebut bisa terjadi lantaran pekerja selalu merasa tertekan dan memikirkan pekerjaan yang mulai tidak disukai. Akibatnya, pekerja akan kepikiran dan jatuh sakit. Stres yang berkepanjangan karena burnout dapat memicu terserang penyakit, di antaranya depresi, pencernaan, hingga jantung. Hati-hati ya, Goodmates!

  1. Menarik Diri dari Lingkungan Sosial
Ilustrasi | Foto: pexels.com/Nataliya Vaitkevich

Stres yang dirasakan dan emosi yang tidak stabil karena pekerjaan dapat memicu sikap sinis dan sensitif terhadap lingkungan sekitar, terutama di lingkungan kerja. Pekerjaan yang dijalani bukan lagi menjadi bagian pembelajaran atau tantangan bagi pekerja yang mengalami burnout, melainkan hanya menjadi beban bagi mereka.

Bahkan, hal tersebut tidak menutup kemungkinan akan menyebabkan mereka untuk menarik diri dari lingkungan sosial, seperti di lingkungan tempat tinggal, kolega, atau rekan kerja.

Nah, ketika kamu sudah mulai merasakan tanda-tanda burnout seperti yang sudah dijelaskan, maka segera atasi dengan konsultasi terhadap psikolog. Jangan malu atau sungkan untuk bercerita keluh kesah yang dirasakan pada psikolog ya, Goodmates. Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Have a good day, Goodmates!

 

Referensi: Merdeka | Alodokter

Workerspedia
Human Resources

Workerspedia adalah media atau wadah bagi para pekerja dan pencari kerja untuk mendapatkan informasi yang akurat tentang berbagai hal di dunia kerja.