Waspada! Cermati 4 Tanda Bila Gadget Terjangkit Virus
Gadget Terjangkit Virus | Acer

Gadget merupakan barang yang paling sering digunakan terlebih lagi pada era digital ini. Dia menjadi wadah bahkan media penghubung untuk memberikan maupun memperoleh informasi melalui internet.

Namun, Goodmates perlu pahami bahwasannya tidak semua yang ada di internet memiliki manfaat yang baik. Terdapat banyak sekali celah yang bisa dimanfaatkan bagi para pengguna internet yang iseng, salah satunya untuk menyebarkan virus melalui iklan atau situs berbahaya lainnya.

Sayangnya, tidak semua orang memahami bagaimana virus ini dapat masuk ke dalam gadget. Sebab, tidak semua gadget memiliki fasilitas untuk memperingati para penggunanya mengenai keberadaan virus tersebut.

Ciri-ciri gadget terjangkit virus

Virus pada Gadget | Unsplash - Ed Hardie
Virus pada Gadget | Unsplash - Ed Hardie

Virus merupakan musuh utama bagi gadget. Sama seperti manusia, jika gadget telah dimasuki oleh virus, akan terjadi perubahan yang sangat merugikan para pengguna.

Contohnya menghilangnya data sehingga mau tidak mau menginstal ulang menjadi cara paling ampuh. Lantas, seperti apa ciri-ciri bila gadget telah terjangkit virus? Berikut informasinya.

1. Software mengalami crash

Salah satu ciri umum bahwa gadget terjangkit virus adalah software atau perangkat lunak mengalami crash atau rusak. Biasanya, crash dialami ketika perangkat lunak hendak dibuka, tetapi juga dapat membentuk kemungkinan crash dialami di tengah penggunaan.

Crash pada perangkat lunak bisa dialami oleh virus yang memiliki sifat memberatkan aplikasi yang ada di dalam gadget tersebut. Maka, jangan heran bila laptop atau ponselmu terasa lambat bahkan sampai rusak.

2. File hilang atau rusak

Apakah Goodmates pernah mengalami kehilangan file padahal sudah pernah kita unduh sebelumnya? Atau mengalami kerusakan file padahal sebelumnya tidak ada masalah dengan file tersebut? Itu merupakan ciri bahwa gadget terjangkit virus.

Virus yang menyerang gadget memang terkenal jahil. Sebab mereka tanpa ragu akan menyembunyikan tidak hanya satu, tapi juga banyak dokumen baik itu dokumen lama maupun baru. Maka dari itu, Goodmates disarankan untuk memasukan file terlebih dahulu ke dalam Drive atau penyimpanan cadangan.

Penyimpanan cadangan yang bisa digunakan adalah Google Drive atau Microsoft One Drive. Jika tidak ada kamu bisa menyimpannya di draft email. 

3. Banyaknya iklan walau tidak tersambung internet

Lihat notifikasi pada gadget-mu. Salah satu ciri virus telah menyerang adalah dengan banyaknya iklan-iklan yang mengarah pada situs yang tidak jelas dan juga berbahaya. Biasanya notifikasi iklan tersebut akan datang kapan saja baik pada saat gadget terkoneksi dengan internet maupun tidak terkoneksi.

Akan lebih baik jika Goodmates tidak men-klik iklan tersebut sebab beberapa iklan dapat mengundang virus lain untuk masuk dan akan memperparah kondisi gadget. Jika sudah terlalu mengganggu, kamu bisa mengunduh aplikasi 'Ad-Blocker' untuk memblokir seluruh iklan.

4. Gadget mati mendadak

Ciri terakhir ini tentu akan sangat merugikan Goodmates terlebih lagi pada saat mengerjakan tugas atau pekerjaan lainnya. Walau kesal, kamu tidak bisa mengabaikan tanda yang satu ini, sebab dengan matinya gadget menjadi peringatan keras bahwa perangkat perlu diperiksa oleh ahlinya.

Memang, gadget yang mati mendadak bukan berarti akibat virus, tetapi akan lebih baik jika lebih siaga agar tidak semakin parah nantinya. Bagaimana Goodmates, sudah mengenal bagaimana virus merusak gadget-mu? Dengan informasi ini, diharapkan kamu dapat berhati-hati dengan gawaimu.