WHO Optimis Pandemi COVID-19 Berakhir di 2022
Ilustrasi│engin akyurt/Unsplash

Pandemi COVID-19 telah melanda seluruh dunia sejak awal tahun 2020. Virus yang pertama kali muncul di Kota Wuhan, Tiongkok pada akhir 2019 ini akhirnya menjadi pandemi yang meluas ke seluruh dunia.

Selama hampir dua tahun pandemi COVID-19 melanda seluruh dunia, pandemi ini selalu mengalami naik dan turun. Mulai dari ditemukannya vaksin yang dapat melawan COVID-19, hingga ditemukannya varian baru COVID-19.

Namun, baru baru ini World Health Organization (WHO), sebagai organisasi kesehatan dunia, menyatakan bahwa pandemi COVID-19 dapat berakhir di tahun 2022. Selengkapnya dapat kamu simak di bawah ini.

Direktur Jenderal WHO: 2022 harus menjadi akhir dari pandemi COVID-19

Dalam jumpa pers rutin pada hari Rabu 22 Desember kemarin, Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, menyatakan bahwa pandemi COVID-19 harus berakhir di tahun 2022.

“2021 telah menjadi tahun yang menyakitkan bagi banyak dari kita. Saat kita mendekati tahun baru, kita semua harus mempelajari pelajaran menyakitkan yang diajarkan tahun ini kepada kita,” kata Ghebreyesus kepada para pers.

Dirjen WHO optimis pandemi COVID-19 dapat berakhir di tahun 2022. Ia percaya akan hal ini karena WHO sudah cukup memiliki pengetahuan tentang COVID-19 dan memiliki alat yang tepat untuk melawannya.

Distribusi vaksin ke seluruh dunia percepat pandemi berakhir

Ilustrasi│Towfiqu barbhuiya/Unsplash

Pernyataan Dirjen WHO tersebut didasari pada peningkatan distribusi vaksin COVID-19 di seluruh dunia saat ini. Menurut Ghebreyesus, dosis vaksin yang telah didistribusikan ke seluruh dunia saat ini sudah mencapai target 40 persen populasi di setiap negara.

Menurut proyeksi WHO, suplai vaksin akan cukup untuk memvaksin seluruh populasi orang dewasa, dan memberikan booster untuk populasi yang beresiko tinggi pada kuartal pertama 2022. Ghebreyesus menambahkan, bahwa pandemi COVID-19 ini dapat diakhiri hanya dengan memvaksinasi seluruh dunia.

WHO masih memantau varian omnicron

Disamping keoptimisan WHO mengakhiri pandemi COVID-19 di tahun 2022, saat ini WHO juga masih memantau varian Omnicron COVID-19. Saat ini, WHO masih melakukan riset, apakah varian Omnicron ini separah varian Delta yang sebelumnya telah lebih dulu muncul.

Di sisi lain, dikabarkan sudah banyak perusahaan farmasi yang sudah mulai memproduksi vaksin khusus untuk varian Omnicron ini.

Pandemi COVID-19 yang telah merebak sejak tahun 2020 akhirnya mendapatkan sinyal positif dari WHO. Sebagai organisasi kesehatan dunia, WHO optimis pandemi COVID-19 ini dapat berakhir pada 2022. Meski di sisi lain muncul varian baru dari COVID-19, WHO dan para ahli masih terus berusaha untuk dapat menciptakan vaksin yang dapat melawan virus ini. 

Ini adalah sebuah kabar baik untuk seluruh dunia. Bukan tidak mungkin jika kehidupan normal sebelum pandemi menyerang bisa segera kita rasakan kembali dalam waktu dekat. Mari tetap patui protokol kesehatan agar pandemi segera berakhir.

Referensi: PoliticoCNN IndonesiaAkurasi