Wisata Paket Lengkap Kebun Raya Bogor
Kebun Raya Bogor

Berekreasi, tetapi tetap mengedukasi, itulah yang menggambarkan tempat wisata Kebun Raya Bogor. Dengan luas lahan yang mencapai sekitar 87 hektar dan menyimpan sebanyak 15.000 tanaman di dalamnya, tentunya menciptakan kesejukan luar biasa di tengah kota. Tak salah jika Kebun Raya Bogor adalah pilihan favorit masyarakat untuk berwisata.

Dengan adanya 15.000 jumlah tanaman, selain menciptakan kesejukan bagi para pengunjung, tentu menambah pengetahuan wisatawan mengenai berbagai macam flora. Jika dilihat melalui website resmi Kebun Raya Bogor, terdapat beberapa kegiatan pendidikan yang tersedia, seperti study tour yang difasilitasi untuk anak TK dan SD, tour de Kebun Raya yang dipandu oleh tour guide selama perjalanan, lalu botarium atau media untuk membahas tentang terarium. Terakhir, ada virtual tour, berisi informasi mengenai flora di Kebun Raya Bogor dan fauna di Museum Zoologi dengan panduan tour guide.

Namun, wisata edukasi tetap dapat kita lakukan sendiri tanpa menggunakan fasilitas tersebut. Dengan memasuki area Kebun Raya Bogor bersama teman atau keluarga, kita bisa belajar sendiri, mengelilingi dan mengamati berbagai tanaman ataupun bangunan, seperti monumen yang ada di dalam kebun tersebut.

Lengkap, di setiap tanaman terlihat keterangan mengenai nama, jenis, asal tanaman, hingga nama latinnya. Tak hanya itu, setiap monumen pun terdapat papan yang menceritakan objek tersebut sehingga memudahkan pengunjung untuk mengetahui dan mempelajarinya. Jadi, selain berlibur, kita bisa mendapatkan edukasi dari wisata ini

Pintu 1 Kebun Raya Bogor - Dokumentasi Pribadi

Untuk mengetahui apa saja yang ada di dalam kebun, pasti kita harus mengetahui arah dan tujuan. Luasnya Kebun Raya Bogor membuat pengunjung terkadang khawatir akan tersesat. Namun, jangan khawatir akan hal tersebut, kebun ini di dalamnya telah dilengkapi dengan penunjuk arah beserta peta besar di setiap sudut jalan.

Kebun Raya Bogor selalu ramai pengunjung, baik weekday maupun weekend. Kebun botani ini terletak di pusat kota Bogor, Jawa Barat. Tiket masuk Kebun Raya Bogor untuk weekday (Senin - Jumat) dipatok seharga Rp16.500, sedangkan untuk weekend (Sabtu - Minggu) dipatok seharga Rp26.500. Dengan harga yang sangat terjangkau ini, setiap kalangan dapat menikmati keindahan Kebun Raya Bogor.

Penunjuk Arah - Dokumentasi pribadi

Selain pepohonan berukuran sangat besar, di dalam kebun ini juga terdapat banyak taman yang menjadi Spot favorit para pengunjung untuk berswafoto, di antaranya, Taman Astrid.

Taman ini terletak di Jalan Astrid, tepatnya di sepanjang jalan dengan hamparan bunga astrid berwarna kuning cerah dan merah, membuat kesan indah pada taman tersebut. Terlihat pula lapangan hijau merata yang sangat luas, taman ini bebas diduduki oleh pengunjung. Sungguh nyaman berada di sini!

Taman Astrid - Dokumentasi Pribadi

Selain Taman Astrid, ada Taman Bhinneka dan Taman Meksiko yang memuat banyak jenis kaktus di dalamnya. Kemudian, Taman Teijsman, ciri khasnya ada sebuah tugu yang dinamakan Tugu Teijsman. Pastinya, masih banyak taman lainnya.

Selain taman kerap jadi spot favorit, tidak kalah pula jembatan merah, salah satu ikon Kebun Raya Bogor. Sesuai dengan namanya, jembatan merah memang benar berwarna merah mencolok dengan nuansa klasik. Banyak pengunjung berswafoto karena sangat instagramable. Tak jauh, ada jembatan berwarna putih yang terkesan elegan, jembatan ini mengarah ke Taman Astrid.

Jembatan Putih - Dokumentasi Pribadi

Mengetahui luas kebun botani ini membuat sebagian wisatawan mungkin cukup lelah mengelilinginya. Tak perlu khawatir, Kebun Raya Bogor menyiapkan fasilitas yang bisa dinikmati oleh wisatawan agar dapat mengelilingi kebun dengan santai, yaitu penyewaan sepeda dan shuttle bus. Untuk biaya penyewaan sepeda, dibandrol seharga Rp25.000 sampai Rp30.000, sedangkan shuttle bus seharga Rp25.000 per satu kali naik.

Shuttle Bus - Dokumentasi Pribadi

Banyaknya fasilitas yang tersedia di Kebun Raya Bogor, semakin menambah minat masyarakat untuk segera berwisata ke tempat ini. Selain mencuci mata dengan hijaunya pemandangan yang disajikan Kebun Raya Bogor, kita bisa sekaligus wisata edukasi mengenai flora!