Berkunjung ke 4 Masjid di Indonesia, Wisata Religi Selama Ramadan
Illustrasi Masjid untuk wisata religi | Foto: Unsplash

Pada dasarnya, masjid adalah bangunan yang berfungsi sebagai tempat ibadah umat muslim. Akan tetapi, tak jarang masjid memiliki bentuk bangunan dan arsitektur yang mengagumkan sehingga mampu menarik orang untuk berkunjung.

Di bulan Ramadan, umat muslim biasa melakukan beragam aktivitas yang bersifat religius. Mulai dari berpuasa, beribadah, hingga silaturahmi pada sanak keluarga. Meski demikian, tak jarang juga untuk pergi berwisata bersama orang-orang terdekat.

Wisata religi menjadi salah satu pilihan yang paling cocok selama bulan Ramadan. Di Indonesia, ada banyak pilihan lokasi untuk wisata religi, termasuk masjid. Terutama masjid yang memiliki nilai sejarah hingga arsitektur yang menakjubkan.

Jika kamu tertarik untuk melakukan wisata religi selama bulan Ramadan, berikut beberapa rekomendasi masjid cantik yang wajib kamu kunjungi.

1. Masjid Raya Baiturrahman, Aceh

Masjid Raya Baiturrahman, Aceh | Foto: wisato.id

Pertama ada Masjid Raya Baiturrahman adalah masjid yang terletak di kota Banda Aceh. Masjid ini telah menjadi ikon kota Banda Aceh dan menawarkan sejarah monumental pasca Tsunami Aceh pada 2004. Jika kamu berkunjung ke Banda Aceh, pastikan untuk mampir di Masjid Raya Baiturrahman.

Baca juga: Megahnya 3 Masjid Berikut, Salah Satu Fasilitas Kampus di Indonesia

Arsitektur masjid ini bergaya kuno ala negara India sehingga tampak menakjubkan. Masjid Raya Baiturrahman berdiri pada 1612 Masehi oleh Sultan Iskandar Muda Mahkota Alam. Masjid ini pernah beberapa kali mengalami renovasi. Mulai dari perluasan tanah, hingga penambahan kubah.

2. Masjid Sultan Suriansyah, Banjarmasin

Masjid Sultan Suriansyah, Banjarmasin | Foto: pariwisatakalsel.id

Beralih ke Kalimantan Selatan, ada masjid tertua di sana bernama Masjid Sultan Suriansyah. Masjid ini menggunakan arsitektur bangunan tradisional Banjar dengan panggung yang sudah berdiri sejak masa pemerintahan Sultan Suriansyah.

Sebagai informasi, masjid ini merupakan simbol pergerakan Islam di kawasan Kalimantan Selatan. Selama ini, Masjid Sultan Suriansyah telah mengalami beberapa kali renovasi dan pemugaran. Akan tetapi, struktur dasar masjid masih bertahan seperti awal terbangun.

Hal tersebut karena Masjid Sultan Suriansyah termasuk dalam cagar budaya Kesultanan Banjar. Lokasinya yang bersebelahan dengan Sungai Kuin, arsitektur yang indah, dan nilai sejarah di dalamnya membuat masjid ini menjadi rekomendasi wisata religi.

Baca juga: Pesona Masjid Indonesia dan Kuwait yang Punya Arsitektur Tidak Biasa

3. Masjid 99 Kubah, Masjid Asmaul Husna, Makassar

Masjid 99 Kubah, Makassar | Foto: pegipegi.com

Sesuai dengan namanya, Masjid 99 kubah ini memiliki puluhan kubah dengan berbagai ukuran, tata letak yang bertingkat, dan warna yang terang. Dengan begitu, masjid ini tampak ikonik dan mengagumkan, apalagi letaknya di Center Point of Indonesia, Pantai Losari.

Menariknya, Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat adalah sosok yang menjadi arsitek di balik kemegahan Masjid ini. Kini, Masjid Kubah 99 telah menjadi ikon baru kota Makassar yang cocok untuk kamu kunjungi sebagai wisata religi.

4. Masjid Agung An Nur, Pekanbaru

Masjid Agung An Nur, Pekanbaru | Foto: cnnindonesia.com

Terakhir ada Masjid Agung An Nur adalah masjid yang terletak di Pekanbaru. Proses pembangunan masjid ini sudah mulai sejak 1963 dan selesai pada 1968. Banyak orang menyebut Masjid Agung An Nur sebagai Taj Mahal nya provinsi Riau.

Baca juga: Universitas Pancasila, Kampus Swasta Pertama yang Punya 6 Rumah Ibadah

Masjid yang terdiri dari tiga tingkat ini memiliki tingkat paling atas untuk salat dan tingkat bawah untuk kegiatan kantor dan ruang pertemuan. Kapasitas masjid ini juga dapat menampung sekitar 4.500 orang jemaah.

Dengan arstitektur dan bentuk bangunan yang megah, kamu bisa memasukkan Masjid Agung An Nur Pekanbaru ke dalam list kunjungan wisata religi yang kamu lakukan.

Wisata religi di bulan Ramadan adalah salah satu bentuk kegiatan yang bisa kamu lakukan. Selain deretan masjid di atas, masih banyak lagi masjid yang bisa kamu kunjungi serta memiliki nilai sejarah. Selamat menjalankan ibadah puasa bagi Goodmates yang merayakan!

Referensi: Detik | Fimela