Wajib Dikunjungi! Intip Daftar Wisata Taman Bunga di Indonesia
Duta Orchid Garden wisata taman bunga di Indonesia | Foto: Instagram @dutaorchidgarden

Indonesia memiliki banyak sekali destinasi wisata. Mulai dari wisata kuliner, alam, sejarah, hingga wisata taman bunga. Kamu wajib berkunjung ke wisata taman bunga untuk melepas penat dari hiruk pikuk perkotaan.

Untuk menikmati taman bunga yang indah, kamu tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri. Indonesia memiliki sederet taman bunga yang tidak kalah indah dengan yang ada di luar negeri. Berikut 5 destinasi wisata taman bunga yang wajib Goodmates kunjungi.

1. Taman Bunga Nusantara

Taman labirin bunga nusantara | Foto: tamanbunganusantara.com

Taman Bunga Nusantara terletak di Jalan Mariwati KM 7 Desa Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi, Cianjur, Jawa Barat. Taman ini merupakan taman display bunga pertama di Indonesia yang dilengkapi dengan 10 jenis taman.

Di taman yang pertama kamu dapat melihat berbagai jenis tanaman air seperti Cybera papyrus,Talia delbata, Lotos, dan teratai raksasa. Selanjutnya ada taman Perancis yang dibangun dengan gaya renaissance Perancis dengan menonjolkan bentuk tanaman yang rapi, serasi, dan indah.

Di taman Bali, kamu akan dimanjakan dengan hamparan bunga kamboja, bunga kembang sepatu, berbagai jenis Heliconia, dan tumbuhan tropis lainnya.

Bergeser ke taman palem, di sini kamu akan melihat 100 jenis palem, seperti palem kipas, palem Meksiko, palem botol, palem raksasa, palem Madagaskar.

Ada juga taman Jepang yang desain utamanya menggunakan unsur kayu, bebatuan dan kolam. Kamu juga bisa berkunjung ke greenhouse untuk melihat jenis bunga yang umumnya berasal dari negara empat musim. Tiga taman lainnya yang tidak boleh ketinggalan, ada taman mawar, taman labirin, dan taman mediternia.

2. Kampung Bunga Tomohon

Kebun bunga Tamohon | Foto: pegi pegi

Siapa sangka ternyata di Kota Tamohon, Sulawesi Utara, pernah diadakan pameran internasional bertajuk “Tomohon International Flower Festival”. Pameran ini diramaikan oleh beberapa negara, seperti Singapura, Malaysia, Australia, Nepal, Ukraina, Korea dan Amerika Serikat.

Kota Tamohon merupakan salah satu daerah penghasil bunga terbesar di Indonesia. Berada di ketinggian 1100 menter MDPL, daerah ini memiliki tanah yang subur untuk ditumbuhi berbagai jenis bunga.

Goodmates dapat melihat berbagai jenis bunga lili, mawar, krisan, dahlia, aster, dan lainnya. Waktu yang tepat untuk berkunjung ke sini ialah pada bulan Desember, Januari atau April dikarenakan bunga sedang bermekaran.

Kota ini berjarak 22 kilometer dari Kota Manado. Goodmates bisa langsung mengunjungi kelurahan Kakaskasen. Daerah ini juga dilengkapi dengan berbagai penginapan dan objek wisata lainnya yang tidak kalah indah.

3. Taman Bunga Selecta

Taman bunga selecta | Foto: Reddoorz

Berlokasi di Jalan Raya Seleceta, Desa Tulungrejo, Kota Batu, taman dengan luas 18 hektar ini dibangun oleh warga Belanda bernama Ruyter de Wildt pada 1928. Taman Bunga Selecta merupakan tempat favorit bagi Priseden Soekarno dan Moh. Hatta jika berkunjung ke Malang.

Di sini kamu dapat melihat berbagai jenis bunga, seperti bunga pacar air, bunga Hortensia hydrangea, lili, kana, krisan, honje kecombrang, hingga anggrek. Berada di 1100 mdpl, suasana taman ini sangat sejuk, asri, dan segar.

Selain menikmati keindahan bunga, taman ini dilengkapi dengan fasilitas lainnya seperti, arena berkuda, flying fox, sepeda air, sky bike, restoran, waterboom, hingga dan bioskop 4D.

4. Duta Orchid Garden

Duta orchid garden | Foto: Instagram @dutaorchidgarden

Bali juga memiliki taman bunga anggrek terlengkap yang berlokasi di Jl. Bypass, Ngurah Rai, Tohpati, Denpasar. Taman anggrek ini merupakan salah satu tempat konservasi spesies bunga anggrek asli Indonesia yang telah bekerja sama dengan Kebun Raya Bogor.

Kamu dapat berkunjung ke greenhouse untuk melihat jenis anggrek Denrobium yang sering dijadikan sebagai tanaman hias indoor dan outdoor. Ada juga jenis anggrek Phalaenopsis yang hidupnya menempel pada batang dan dahan kayu.

Selain itu, terdapat area shade house tempat meletakkan tanaman yang tidak memerlukan sinar matahari langsung. Di sini kamu dapat melihat pohon Monstera yang sudah berusia 10 tahun, serta berbagai jenis tanaman pakis dalam bentuk klasik yang bergantungan dengan rapi.

5. Rumah Atsiri

Bunga di taman atsiri | Foto: rumahatsiri.com

Destinasi wisata yang terakhir menampilkan konsep taman yang sedikit berbeda. Berlokasi di Jl. Watusambang, Desa Tawamanggu, Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah, kawasan ini dulunya merupakan pabrik tempat penghasil minyak citronella (sereh wangi) Indonesia-Bulgaria sejak tahun 1963.

Kini, tempat ini dijadikan sebagai pusat pendidikan, pengembangan, serta produksi minyak atsiri. Meski tidak secara khusus sebagai taman bunga, tempat ini dilengkapi dengan kompleks seluas 5 hektare yang berisikan berbagai 80 jenis tanaman untuk bahan utama minyak atsiri.

Di antaranya ada mawar, lavender, kenanga, kayu putih, serai, mint, pala, cengkeh, cendana, sereh, rosemary, akar wangi, dan lainnya. Salah satu tempat yang wajib Goodmates ialah Marigold Plaza.

Di sini kamu akan melihat hamparan bunga Marigold yang indah dengan warna kuningnya. Bagi Goodmates yang ingin berkunjung ke Rumah Atsiri kamu wajib melakukan reservasi kunjungi di sini.

Cantik dan indah, ya, taman-taman di atas? Gimana, tertarik untuk berkunjung ke salah satu taman bunga di Indonesia? Selamat berwisata, Goodmates!

Referensi: Travel Kompas | Traveloka | IDN Times| MongabayKumparan