Words of Affirmation: Kunci Sukses untuk Pejuang LDR?
Words Of Affirmation | Foto: Pinterest

#FutureSkillsGNFI

GoodMates tau nggak kalau setiap manusia memiliki lima love language? Dijelaskan oleh Dr. Gary Chapman dalam bukunya yang berjudul 'The 5 of Love Language'. Love language atau bahasa cinta merupakan cara manusia untuk mengekspresikan kebutuhan cinta yang dimiliki dan setiap orang memiliki love language yang berbeda dengan yang lain.

Kelima love language itu, antara lain physical touch, act of service, gift giving, quality time, dan words of affirmation. Faktanya, pada diri kita hanya ada beberapa love language yang lebih dominan. Kali ini kita akan membahas lebih lanjut salah satu love language yang paling dominan, yakni words of affirmation

Apa itu words of affirmation?

Words of affirmation adalah bahasa cinta berupa ekspresi kasih sayang yang ditunjukkan melalui kata-kata lisan atau tulisan seperti kata-kata pujian, dukungan, kalimat yang bersifat positif, dan apresiasi. Orang dengan love language ini menikmati kata-kata yang berkonotasi baik dan yang bersifat suportif untuk dirinya.

Goodmates termasuk orang dengan love language words of affirmation, nggak sih?

Buat GoodMates yang bahasa cintanya words of affirmation pasti suka jika diakui oleh pasangan melalui pujian, ucapan terima kasih yang tulus, catatan tulisan tangan, serta ungkapan cinta. Kalian pasti akan merasa sangat dihargai dan dihormati ketika pasangan kalian mengomunikasikan cintanya melalui kata-kata menguatkan yang tulus. Tidak diragukan lagi, bentuk kata-kata atau kalimat yang digunakan pasangan pasti haruslah positif untuk membuat Goodmates merasa penting dan dicintai olehnya.

Eits, tapi buat GoodMates yang LDR gimana nih kalau love language-nya words of affirmation

Buat kalian pasangan LDR (long distance relationship) atau hubungan jarak jauh mungkin merasa sedih karena terpisah oleh ruang dan waktu. Padahal kalian perlu memiliki hubungan harmonis walaupun terbatas oleh jarak, ruang, dan waktu saat LDR. Nah, ada salah satu jawaban untuk kalian pejuang LDR supaya memiliki hubungan yang harmonis, yakni dengan mengutamakan komunikasi. Komunikasi yang baik antar pasangan dapat membangun kepercayaan dan memahami satu sama lain. Komunikasi yang baik juga nggak dihitung dari seberapa sering kamu menghubungi pasangan kalian. Sama halnya dengan words of affirmation yang tidak dapat diukur dari seberapa sering kamu memuji pasangan. Hal terpenting adalah memperhatikan kualitas saat kalian berkomunikasi karena komunikasi adalah kunci sukses untuk menjalin hubungan.

Komunikasi tidak hanya menjadi kunci untuk mengerti satu sama lain, tetapi juga mengekspresikan rasa cinta. Words of affirmation adalah salah satu bentuk komunikasi itu. Hal tersebut dapat 'bekerja' pada seseorang dengan love language words of affirmation.  Karena bahasa cinta secara lisan dan tulisan dapat diterima langsung di hati mereka, orang-orang dengan love language ini akan menunjukkan kasih sayang kepada orang yang mereka cintai melalui kata-kata yang romantis, istilah sayang, dan hal-hal kecil yang manis. 

Bentuk ungkapan pasangan LDR dengan love language words of affirmation misalnya ucapan “Aku sayang kamu,” atau kalimat pujian “Kamu keren banget deh,” “Aku bangga sama kamu.” Adapun ucapan terima kasih atas kehadiran pasangan “Terima kasih ya selama ini selalu ada disamping aku walaupun kita jarang banget ketemu,” “Kamu tahu kan, betapa bersyukurnya aku bisa bareng sama kamu?" Serta contoh yang terakhir ada kalimat  yang menawarkan kenyamanan seperti "Aku disini kalau kamu butuh aku. Tenang, aku selalu dukung kamu walaupun kita terpisah oleh jarak dan waktu." 

Pasti GoodMates juga baper kan baca kalimat di atas? Walaupun ada dari kalian bukan pejuang LDR, tetapi bisa merasakan betapa kuatnya kalimat words of affirmation dari pasangan untuk kita. Walaupun terpisah saat LDR dan tidak bisa mendapatkan esensi mesra seperti pasangan lainnya, tetapi ungkapan yang manis akan lebih bermakna bagi mereka yang berbahasa cinta words of affirmation. So, kenali lebih jauh love language pasanganmu! Siapa tau pasanganmu berbahasa cinta words of affirmation, cobalah berikan beberapa contoh kalimat  manis di atas untuk pasanganmu. Semangat pejuang LDR!

 

Referensi : Parapuan | Jombang Update | Satu Persen