Wujudkan Resolusi Belajar Bahasa bersama Faktabahasa
Belajar Bahasa | Twitter

Bahasa merupakan salah satu alat bagi kita untuk berkomunikasi dengan orang lain. Hal tersebut menjadi komponen penting sebab bahasa menjadi bagian dari komunikasi verbal seperti berbicara atau menulis.

Di dunia kita bisa temukan lebih dari seratus bahasa yang bisa digunakan. Sebagian dari bahasa tersebut telah menjadi bahasa internasional, seperti bahasa Inggris, Mandarin, Arab, dan lainnya.

Sekarang ini, ada begitu banyak orang-orang yang bercita-cita untuk bisa menguasai lebih dari satu bahasa dengan tujuan yang berbeda. Bisa jadi karena tuntutan pekerjaan. Tentunya, Goodmates sendiri akan lebih percaya diri bukan jika bisa menguasai lebih dari satu bahasa?

Namun sayang, mempelajari bahasa memang tidak semudah realitasnya. Ada banyak kosakata, struktur kalimat, dan pelafalan kata yang harus kita ketahui. Jika Goodmates berpikir pergi ke tempat kursus itu mahal, komunitas Faktabahasa ini bisa jadi solusinya.

Pengembangan ekspresi dalam berbagai bahasa

Erlangga Greschinov sebagai Founder Faktabahasa | Twitter: @faktabahasa
Erlangga Greschinov sebagai Founder Faktabahasa | Twitter: @faktabahasa

Untuk edisi ruang komunitas sekarang ini, kita kenalan, yuk, dengan komunitas Faktabahasa! Komunitas ini dibangun oleh Erlangga Greschinov dengan gagasannya yang luar biasa dilatarbelakangi oleh keberadaan Faktabahasa.

Erlangga berpikir bahwasannya bahasa merupakan hal yang krusial untuk mengekspresikan sebuah rasa. Sangat disayangkan jika bahasa tidak dapat dipahami, ekspresi tersebut tidak akan tersalurkan dengan baik.

Faktabahasa sendiri awalnya muncul hanya di dunia maya saja. Mereka memberikan informasi tidak hanya soal tata bahasa, fakta bahasa, dan lainnya. Tetapi juga memberikan informasi tentang budaya yang melekat dengan bahasa itu sendiri.

Memang, berbicara tentang bahasa rasanya tidak afdol bila tidak membicarakan tentang budaya yang dianut oleh para pengguna bahasa tersebut. Bahkan, keduanya dirasa memiliki tali yang erat untuk berhubungan satu sama lain.

Pada tahun 2013, Faktabahasa pun mulai merambah ke dunia nyata dengan membentuk komunitas dengan nama yang sama dan dengan tujuan yang sama, yaitu memberikan wadah kepada para pemuda untuk berekspresi dengan berbagai bahasa dan berbudaya.

Tidak hanya satu bahasa

Faktabahasa | Wordpress
Faktabahasa | Wordpress

Jika Goodmates mengira komunitas ini hanya mengacu pada satu bahasa, kamu salah. Dilansir dari Komunita, jika bergabung dalam Faktabahasa kamu dapat mempelajari 10 bahasa. Di antaranya bahasa Perancis, Inggris, Jerman, Jepang, Mandarin, Italia, Rusia, Arab, hingga Korea.

Tidak hanya itu, Faktabahasa juga aktif dalam mengadakan acara yang dinamakan Clubbing. Eits, ini bukan clubbing seperti kelab malam, ya! Melainkan acara diskusi bahasa dan juga budaya bersama tutor dan kawan-kawan komunitas lainnya. Dengan mengikuti acara tersebut, tentu Goodmates akan belajar dan mengasah kemampuan bahasa dan mengenal banyak budaya dari 10 negara tadi. 

Faktabahasa sekarang ini juga sudah merambat di berbagai daerah seperti Bandung, Bekasi, Bogor, Tasikmalaya, Solo, Depok, Pekanbaru, Surabaya, Jakarta, Malang, dan berbagai daerah lainnya di Indonesia.

Bagaimana nih, Goodmates. Sudah semakin semangat untuk belajar menguasai bahasa tahun ini? Jangan khawatir, biayanya lebih murah dibandingkan dengan kursus, kok! Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi media sosial Instagram mereka @faktabahasa atau Twitter @faktabahasa.

Referensi: Ayo Bogor | Komunita