5 Rekomendasi Channel Youtube Silent Vlog, Healing Sekaligus Inspirasi Slow Living
Ilustrasi Slow Living | Foto: Freepik

#FutureSkillsGNFI

Layaknya vlog pada umumnya, silent vlog berisi tentang rutinitas sederhana dari sang kreator seperti membersihkan rumah, belajar, belanja, memasak, merawat tanaman dan lain sebagainya. Namun yang membedakan, silent vlog ini tidak menampilkan wajah dan suara dari kreatornya. Sebagai gantinya, vlog hanya dipasangkan musik tenang atau bahkan tanpa musik sama sekali dan dilengkapi dengan narasi dalam bentuk subtitle yang tertera di bawah video sebagai bentuk komunikasi dengan penonton.

Alih-alih membosankan karena hanya mendokumentasikan aktivitas sehari-hari, silent vlog justru memanjakan penontonnya dengan kualitas pengambilan gambar estetik dan disertai efek audio ASMR yang menenangkan. Hal tersebut membuat aktivitas kecil seperti memotong cabai pun bisa menjadi sesuatu yang indah lewat silent vlog. Konten-konten semacam itu cocok untuk GoodMates yang tengah penat dengan kehidupan dan membutuhkan self healing.

Silent vlog juga mempromosikan slow living, yaitu suatu gaya hidup untuk memaknai dan menikmati setiap momen dalam hidup yang cocok untuk diterapkan di dunia yang serba cepat seperti saat ini. Selain itu, silent vlog juga kerap mempromosikan gaya hidup minimalis yang sederhana. Hal tersebut memberikan inspirasi bagi kita untuk dapat fokus dan menghargai hal-hal kecil dalam kehidupan sehari-hari yang mungkin sering kita abaikan.

 

Berikut adalah 5 rekomendasi channel YouTube dengan konten silent vlog yang dapat GoodMates jadikan teman healing sekaligus inspirasi untuk menerapkan slow living.

1. Kimi

Kimi adalah seorang video blogger yang tinggal di sebuah desa di Korea Selatan. Pada awalnya, Ia bersama orang tuanya tinggal di Seoul dan kemudian pindah ke desa untuk memulai konsep slow living melalui pekerjaan barunya sebagai petani. Oleh karena itu, Ia banyak membuat video tentang aktivitas berkebun dan membagikan resep masakan sehat yang bahannya diambil dari hasil kebunnya.

 

2. Li Ziqi

Li Ziqi adalah YouTuber yang sangat terkenal di Cina dengan jumlah subscriber mencapai 16,8 juta. Ia dikenal sebagai spesialis konten seputar kehidupan di desa. Ia merekam berbagai kegiatannya seperti bertani, beternak, membuat kerajinan dan memasak dengan cara-cara tradisional.

Dalam videonya, latar pemandangan alam khas perdesaan banyak ditangkap menggunakan mode time lapse yang menciptakan kesan sinematik. Belum lagi efek audio seperti memotong sayuran, rintik hujan, dan kicauan burung yang menghadirkan sensasi ASMR. Benar-benar menenangkan!

 

3. Her 86m2

Kanal YouTube ini dikelola oleh seorang ibu asal Vietnam bernama Thuy Dao yang tinggal di Jerman bersama suami, seorang anak perempuan, dan kucing kesayangannya. Thuy Dao dan suaminya adalah seorang fotografer dan videografer sehingga konten yang mereka hasilkan memiliki kualitas yang begitu apik. Apalagi ditambah latar pedesaan yang semakin menambah estetika dalam video.

Kanal YouTube Thuy Dao banyak memberikan inspirasi untuk menerapkan konsep slow living melalui berbagai tips kegiatan produktif yang menyenangkan. Diantaranya seperti berkebun organik, membuat masakan rumahan, membuat kerajinan DIY (do it yoursef), journaling, dan membaca buku. Ia juga banyak memberikan pesan positif tentang kehidupan seperti mensyukuri hal-hal kecil untuk mental yang lebih sehat.

 

4. Haegreendal

Berbeda dengan kanal-kanal YouTube sebelumnya yang mengambil latar perdesaan, YouTube haegreendal menyajikan konten tentang rutinitas seorang Ibu rumah tangga di Korea Selatan. Sang Ibu mengabadikan momen kesehariannya dengan sangat estetik mulai dari membersihkan rumah, memasak, dan bermain dengan anak. Sang Ibu juga membagikan tips agar pekerjaan rumah menjadi lebih menyenangkan.

Konten YouTube haegreendal menyajikan refleksi rutinitas kehidupan yang kerap mempromosikan slow living. Sebuah seni untuk menikmati dan menghargai setiap momen kehidupan yang sedang berlangsung untuk menemukan makna dari kehidupan tersebut. Baginya, penerapan slow living dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang menjadi lebih baik.

 

5. Meaningful Minimal

Salah satu kanal YouTube Indonesia yang menyajikan silent vlog bertemakan slow living adalah Meaningful Minimal. Sesuai namanya, kanal ini membagikan rutinitas gaya hidup minimalis seperti melakukan decluttering, melakukan pola makan vegetarian, sampai melakukan rutinitas kecantikan minimalis. Kanal ini juga menyajikan konten seputar kesehatan mental seperti cara mencintai diri sendiri, mindfulness, serta pentingnya bersyukur dan berpikir positif untuk jiwa yang sehat.

 

Itulah beberapa rekomendasi channel YouTube silent vlog yang dapat GoodMates tonton di waktu luang. Selain memiliki healing power, GoodMates juga dapat menjadikan silent vlog sebagai inspirasi tentang bagaimana memaknai hidup secara bersahaja dan menikmati hidup diantara kerumitan dunia. Selamat menonton!

 

Referensi: IDN Times | VOI